9 Destinasi Wisata Kuliner Purwokerto Ini Pasti Bikin Kamu Ngiler!

5 min read

Halo! Langsung saja yaa. Kali ini kita akan mengulas beberapa destinasi wisata kuliner Purwokerto yang nggak boleh kamu lewatkan kalau berkunjung ke kota ini. Sebagai kota yang berada di wilayah pertemuan antara dua budaya, yaitu Sunda dan Jawa, Purwokerto memiliki beragam kuliner khas yang tak ada duanya di tempat lain.

Kota yang memiliki nama julukan Kota Satria ini jelas nggak bisa diremehkan soal kekayaan kulinernya. Salah satu kuliner khas Purwokerto yang ikonik adalah tempe mendoan. Ya kan, siapa yang bisa menolak kenikmatan paripurna dari gorengan yang satu ini. Fitsa Hats mah lewaaat.

Eh tapiii, makanan khas Purwokerto bukan cuma tempe mendoan aja lho. Ya iya lah, secara, budaya Banyumas kan salah satu budaya Jawa tertua yang ada di dunia. Selain itu, di kota ini juga terdapat banyak kampus dan mahasiswa, yang tentunya semakin menumbuhkan geliat ekonomi di ibukota karesidenan Banyumas ini.

Have we told you before that all these culinary destinations are cheap?

OH BELUM YA. Ya, jadi, kamu nggak perlu takut membayar mahal untuk mencoba semua tempat wisata kuliner Purwokerto ini. Karena selain enak-enak, harganya juga murah-murah!

Check ’em out!

1. Lumpia BOM / Lumpia Goreng / Lumpia Bakar

wisata kuliner purwokerto

Kalau mendengar kata lumpia, biasanya ada satu kata yang langsung terlintas di kepala kita: Semarang! Memang lumpia Semarang enaknya tiada tanding. Tapi lumpia yang satu ini beda, nggak kayak lumpia khas Semarang.

Kalau mau membuat perbandingan, lumpia ini ukurannya jauuuh lebih besar dari lumpia yang biasa kita jumpai di Semarang atau di kotak snack pengajian. Isinya juga bukan sekadar sayuran loh, tapi segala lauk-pauk juga ada. Beuh, mantep.

Ada banyak tempat yang menjajakan lumpia BOM di Purwokerto. Tapi yang paling favorit sih lumpia bakar yang lokasinya di sebelah Pemadam Kebakaran (Damkar) Purwokerto di Jalan Brigjen Encung, Bancarkembar. Anak Unsoed pasti tahu deh. Satu porsi lumpianya aja, udah bisa bikin perut kenyang dari sahur sampe sahur lagi. Apalagi kalau pakai nasi.

Tapi yang istimewa dari lumpia ini adalah bukan cuma ukurannya aja yang jumbo, tapi sambelnya itu yang pedesnya gila. Tapi itu dulu, nggak tahu deh sekarang kalau harga cabe lagi naik begini. Cuma sepuluh ribuan aja untuk seporsi lumpia + sambel + nasi + mendoan. Buat kamu yang suka pedes, kudu coba nih!

2. Wisata Kuliner Bakso di Purwokerto

Bakso sepertinya merupakan kuliner yang Indonesia banget, di tengah derasnya arus persaingan dengan kuliner-kuliner luar negeri maupun kuliner naturalisasi, olahan daging berbentuk bulat ini selalu berhasil merebut hati para penggemarnya. Nah, seperti apakah sepak terjang bakso di Purwokerto? Ini dia beberapa rekomendasi dari kami.

Bakso Pekih

jajanan khas purwokerto

Kalau ditanya bakso yang paling enak, nomor satu jawabannya adalah Bakso Pekih. Awalnya, bakso ini terletak di Jalan Pekih, dekat alun-alun Purwokerto. Itulah kenapa namanya Bakso Pekih. Namun saat ini sudah ada beberapa cabang, salah satunya di Jalan Kampus, Grendeng, Purwokerto Utara.

Di kalangan masyarakat lokal dan mahasiswa, Bakso Pekih sudah cukup terkenal karena rasanya yang warbiyasah nikmat. Bakso Pekih disajikan bersama tetelan yang pastinya menambah kenikmatan hakiki dari sebuah bakso itu sendiri. Soal harga, seporsi bakso lengkap cuma 12 ribuan aja kok.

Bakso Warung Kuning Sari

kuliner khas purwokerto

Bagi pecinta kuliner antimainstream, bakso ini patut untuk untuk kamu cicipi. Pasalnya, bakso yang dijual di Warung Kuning Sari ini berbeda dengan bakso pada umumnya, karena memiliki ukuran yang super jumbo. Mau tau se-jumbo apa? Coba bayangin ada sebuah bola sepak takraw di atas mangkok. Ya segitu lah kira-kira.

Harganya juga nggak bisa dibilang mahal untuk seporsi bakso seukuran mangkok ini, 15 ribuan doang, gaes. Karena rasanya yang maknyus dan harganya yang bersahabat, maka bakso yang terletak persis di depan Hotel Dominic ini sangat patut untuk masuk dalam daftar destinasi wisata kuliner Purwokerto 2017.

Bakso Sami Asih

Bakso terenak di Purwokerto

Kalau bakso yang satu ini juga berbeda dari kedua bakso di atas. Dari segi rasa, bakso yang disajikan di warung bakso Sami Asih Jalan Pramuka ini memiliki rasa daging sapi yang lebih nendang, dengan kuah yang lebih bening tanpa lemak.

Dari segi harga juga lebih bersahabat nih. Cuma 10 ribuan saja untuk satu mangkok bakso lezat. Cocok banget dimakan siang-siang sembari minum es teh manis. Apalagi pas hujan-hujan.. Duh. *lap iler*

3. Kedai Nasi Oplosan AAH

Nasi goreng magelangan

Bisa dibilang, ini kuliner legendaris yang cukup terkenal di Purwokerto, terlebih di kalangan mahasiswa. Gimana nggak terkenal, kedai nasi goreng oplosan ini lokasinya ada di sebuah gang sempit yang jauh dari jalan raya, tapi ramenya bukan main.

Yang jadi menu utama di sini adalah nasi goreng oplosan. Iya, udah cuma itu aja. Paling sama minuman dan goreng-gorengan. Buat yang belum tau, nasi goreng oplosan itu adalah nasi goreng yang dicampur pakai mie, kalau yang kita lihat sih mie-nya pakai Indomie.. (fans Indomie garis keras)  Atau kita sering menyebutnya nasi goreng magelangan.

Kami juga nggak tahu kenapa namanya Nasi Oplosan AAH, atau apakah nasi goreng magelangan itu berasal dari Magelang. Tapi yang pasti kalau kamu mampir ke Purwokerto dan sempat bermalam, maka kamu harus coba wisata kuliner Purwokerto yang satu ini.

Iya, jadi Kedai Nasi Oplos AAH ini cuma buka di malam hari. Kata bapaknya, bukanya mulai jam 6 sore sampai jam 10. Kadang sebelum jam 10 kalau udah habis duluan.

Kalau jelasin lokasinya agak susah sih.. Gimana ya.. Karena letaknya agak masuk-masuk ke dalam gang, jadi seperti kata pepatah; banyak jalan menuju Roma. Ya, banyak jalan menuju nasi goreng oplosan AAH!

Secara administratif, kedai nasi ini terletak di jalan Komisaris Bambang Suprapto (Kombas) Gg XI No 399. Tapi untuk menuju ke lokasi, kamu bisa lewat jalan-jalan berikut ini:

Bisa lewat jalan Kombas atau bisa juga dari jalan depan GOR Satria, bisa masuk ke jalan seberang gedung Taspen atau masuk ke jalan seberang GOR persis, yang lewat Waroeng SS (Spesial Sambal), atau bisa juga lewat jalan Martadiredja.

Oh iya, soal harga nih, kalau dulu, harganya sempat 3500 rupiah per porsi. Tapi sekarang udah naik jadi 6500 per porsinya. Agak sedikit sih memang, tapi kalau kurang kamu bisa pesan satu setengah porsi seharga 8000 kok. Dijamin nggak nyesel!

4. Es Krim Brasil

Es krim brasil

Kalau es krim yang satu ini juga nggak kalah legendaris dari nasi oplosan AAH. Namanya Es Krim Brasil. Yang bikin es krim ini legendaris adalah, menu-menu es krimnya yang sangat klasik, mengingat kedai es krim ini sudah ada sejak tahun 1969.

Saat ini, Es Krim Brasil udah punya cabang sih di Jakarta, tapi yang di Purwokerto ini lebih kerasa klasiknya. Dari segi arsitektur bangunannya juga udah keliatan klasik banget. Kalau mampir makan es krim di sini, serasa seperti nostalgia ke zaman dulu.

Menu-menunya banyak, ada es potong, es roti, es stik, es mambo, sampai es cone tersedia lengkap. Soal rasa juga nggak kalah klasik; sebut saja kacang ijo, ketan hitam, durian, cokelat, dan lain-lain. Rum raisin juga ada.

Harganya bervariasi, tapi tetap murah-meriah kok! Bagi kamu yang ngaku pecinta es krim, mesti cobain menu-menunya, pasti bakal langsung jatuh cinta deh.

5. Soto Jalan Bank

wisata kuliner purwokerto

Jalan Bank bisa dibilang salah satu ruas jalan di Purwokerto yang menjajakan banyak kuliner enak. Kalau pagi, biasanya banyak penjual serabi bakar di tepi jalan. Ada juga gudeg, nasi uduk, dan the one and only Soto Jalan Bank.

Soto yang disajikan pun adalah soto khas Banyumas yang menggunakan kacang dan kerupuk merah. Khas banget deh pokoknya.

Yang membedakan adalah, racikan resep soto ini yang diwariskan secara turun-temurun yang menjadikan Soto Jalan Bank memiliki cita rasa tersendiri yang menjadikannya salah satu destinasi wisata kuliner Purwokerto yang nggak boleh dilewatkan. Soal harga, jangan khawatir, cuma 10 ribuan per porsinya.

Kalau kamu bingung sama lokasi-lokasi yang kami kasih tahu, bisa tanyakan ke orang-orang di sekitarmu atau sewa mobil saja. Banyak kok yang menyewakan mobil murah di Purwokerto plus sopirnya. 🙂

6. Gethuk Goreng Sokaraja

gethuk goreng sokaraja H Tohirin makanan khas purwokerto

Gethuk Goreng Sokaraja adalah salah satu makanan khas Purwokerto yang paling ikonik selain tempe mendoan. Untuk menemukan penjual getuk goreng nggak susah kok, sudah banyak bertebaran di mana-mana. Di terminal, di tempat wisata, di sentra oleh-oleh. Apalagi di Sokaraja, berjejer itu toko getuk goreng.

Tapi dari semua getuk goreng yang ada, hanya ada beberapa saja yang menurut kami rasanya paling original. Yang pertama, yaitu getuk goreng Haji Tohirin ASLI yang telah membentuk dinasti bisnis getuk goreng di Sokaraja. Dan yang kedua adalah getuk goreng yang terletak di Jalan Overste Isdiman (Ovis), persisnya di seberang SPBU Ovis.

Harganya murah, hanya 21000-22000 per kg. Biasanya akan dibungkus menggunakan besek dari anyaman bambu. Nah, kamu bisa memilih untuk menaruh berapa kg per beseknya, bisa 1 kg, 1/2 kg, atau 1/4 kg. Cocok banget kan buat oleh-oleh?

Baca Juga: 55 Tempat Wisata di Purwokerto yang Antimainstream

7. Pusat Wisata Kuliner Purwokerto

pusat kuliner purwokerto

Kalau kamu nggak mau ribet, kamu bisa datang ke pusat kuliner Purwokerto ini. Letaknya di Jalan Jenderal Soedirman, dekat alun-alun Purwokerto. Pusat kuliner ini dibangun oleh pemerintah setempat sebagai wadah untuk menampung para pedagang makanan.

Jadi, macam-macam makanan ada di sini. Bakso, soto Sokaraja, soto Surabaya, gado-gado, siomay, batagor, nasi/mie goreng, bubur, nasi rames, mie ayam, sate, bahkan kafe juga ada. Lengkap deh pokoknya. Ibaratnya, paket komplit segala wisata kuliner Purwokerto ada dalam satu tempat.

Tunggu update-nya yaa.

Leave a Reply