Infografis: Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone

Pernahkah kamu membayangkan hidup tanpa smartphone dalam satu hari saja?

Atau lebih lagi, pernahkah kamu membayangkan hidup seminggu atau sebulan tanpa smartphone?

Seberapa lama kamu dapat bertahan?

Technology…is a queer thing. It brings you great gifts with one hand and it stabs you in the back with the other – C.P. Snow

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, 53% orang akan merasa gelisah dan tertekan apabila tidak menggunakan smartphone.

Istilah ini disebut Nomophobia, yaitu keadaan di mana seseorang merasa takut hidup tanpa telepon. Telepon genggam, telepon pintar, dsb. Sumber bisa dibaca di tulisan ini.

Yuk, Tantang Diri Kita untuk Terbiasa Hidup Tanpa Smartphone

Sulit memang untuk mencoba hidup tanpa didampingi dengan smartphone, iPad, laptop, TV, dan segala macam gawai lainnya, tetapi bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.

Cobalah untuk menyediakan waktu di dalam satu hari  untuk menonaktifkan atau menyimpan segala macam gawai yang kita punya. Kalau kita cuma bisa tahan satu jam saja, itu tak apa-apa. Sudah cukup bagus.

Cepat atau lambat, kita akan terbiasa dan lama-kelamaan dapat menerima bahwa kehampaan hidup tanpa smartphone itu tidaklah terlalu buruk seperti yang kita pikirkan sebelumnya.

Selain itu, menyimpan smartphone-mu juga akan membuat kantong celanamu terasa lebih lega, tak ada lagi getar dan bunyi notifikasi yang mengganggu produktifitas kerja.

Coba Dulu Selama Satu Jam untuk Memastikan Kamu Smartphone Addict Atau Bukan

Apakah kamu seorang smartphone addict?

Untuk mengetahuinya, cobalah untuk mematikan hape dan semua gawai yang kamu punya selama minimal satu jam. Kalau kamu bisa lebih lama dari itu, silakan saja.

Nikmati suasananya.

Lakukan hal-hal lain seperti duduk di pinggir kasur dan lihatlah ke luar jendela. Berbaring sembari menatap langit-langit kamar, duduk di kursi halaman depan rumah dan merenung sejenak.

Dengar dan resapi bebunyian di sekelilingmu. Rasakan lembut kasarnya bahan pakaian yang kita kenakan. Rasakan setiap hembusan napas kita. Hayati setiap nikmat yang Allah karuniakan.

Tinggalkan sebentar hobi selfie dan nyinyir di media sosial.

Perhatikan orang-orang yang mengarungi suasana hingar-bingar kehidupan kota. Perhatikan gelagat manusia-manusia lain yang masih saja dibuat sibuk dengan smartphone mereka.

Luangkan waktu sejenak dengan keluarga dan teman-temanmu, meski rasanya pasti agak sedikit berbeda.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu sambil membaca buku kalau mau.. Namun akan lebih baik apabila kamu meninggalkan segalanya.

Kecanduan smartphone
Pernahkah kamu meletakkan sejenak smartphone-mu dan melihat ke sekitarmu, apa saja yang telah kamu lewatkan?

Kapankah terakhir kali kamu rileks dan tak berbuat apa-apa sembari menyendiri dan meresapi pikiranmu?

Kesepian, mungkin itulah yang pertama kali akan kamu rasakan. Tapi yakinlah, itu hanya awalnya saja. Kesepianmu itu akan berubah menjadi sesuatu yang tak ternilai pada akhirnya.

Ini sebenarnya sebuah pengalaman yang harus dicoba oleh semua orang.

Setelah itu, barulah kita dapat mengenal diri kita lebih dalam lagi.

Kalau melulu disibukkan dengan smartphone dari bangun tidur sampai tidur lagi, bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan diri kita sendiri, iya kan?

Di bawah ini ada sekilas infografis tentang tips mengatasi kecanduan smartphone.

hidup tanpa smartphone

cara mengatasi kecanduan smartphone

cara mengatasi kecanduan gadget

smartphone addict

kecanduan smartphone dan bahayanya

agar gadget tidak membuat kecanduan

tips mengatasi kecanduan smartphone

 

Infografis dari enterpreneur.com.

Leave a Reply