5 Tips Agar Dapur Kecilmu Terlihat Lebih Luas

1 min read

Tidak semua orang memiliki dapur yang luas. Faktanya, kebanyakan rumah di Indonesa memiliki ruang yang terbatas, termasuk ruang dapur.

Sementara itu, sifat umum masyarakat yang konsumtif dan memiliki kebiasaan suka membeli barang yang kurang diperlukan sangat memiliki andil besar dalam menciptakan dapur yang sempit.

Di dalam seri tips ini, kami akan membagikan khusus untuk para ibu rumah tangga dan kamu-kamu semua pada umumnya tips bagaimana membuat dapur terlihat lebih luas, rapih, dan enak dipandang.

Yups! Tips pertama, mari kita kembali kepada konsep gaya hidup minimalis yaitu gunakan apa-apa yang dibutuhkan saja.

1 – Gunakan Warna Putih

dapur cat putih

Ini cara yang cukup jitu untuk membuat dapur terlihat lebih luas. Gunakanlah elemen berwarna putih sebagai warna dominan pada dapurmu.

Terutama pada dinding dan juga warna lemari penyimpanan. Warna putih akan memberi kesan ruang dapurmu menjadi lebih luas dan bersih.

Kamu juga boleh menambahkan beberapa warna lain untuk pemanis agar tidak terlalu kaku, seperti warna hijau atau tanaman misalnya. Asalkan jangan gabungkan warna yang terlalu warna-warni, karena akan tampak kacau.

2 – Gunakan Lemari Penyimpanan Terbuka

membuat dapur tampak lebih luas

 

Apabila sebelumnya dapurmu dipenuhi lemari penyimpanan yang tertutup, sebaiknya ganti lemari penyimpanan dapurmu dengan jenis lemari yang tanpa pintu. Tips ini cukup sukses membuat dapur terlihat lebih luas.

Cara ini juga akan melegakan isi dapurmu supaya tidak terlihat padat dan sesak.

Di samping itu, kamu juga akan lebih mudah untuk mengambil barang-barang ketika sedang memasak. Dibandingkan dengan lemari tertutup yang harus membuka dan menutup pintu.

Nanti malah keburu gosong masakannya..

3 – Gunakan Pintu Kaca

membuat dapur terlihat lebih luas

Kamu bisa mengganti daun pintu lemari dapurmu yang terbuat dari kayu dengan pintu kaca. Perbedaannya akan sangat terasa, lho. Dengan pintu kaca, pencahayaan dari luar akan membuat seolah tidak ada sekat-sekat di dalam dapurmu, sehingga lebih luas.

Bukan cuma itu, pintu kaca juga akan memberikan sensasi mood memasak yang lebih segar dan bersemangat.

4 – Simpan Barang yang Tidak Terpakai

cara mengatur barang-barang dapur

Inilah sebetulnya biang keroknya yang membuat dapur menjadi sempit. Ya, karena terlalu banyak barang. Wajan, piring, sendok, blender, semuanya ada di dapur.

Untuk menyiasatinya, cukup simpan barang-barang yang tidak terpakai dan jarang digunakan, seperti pemanggang roti, blender, mixer, dan lain-lain. Simpan benda-benda tersebut di dalam satu tempat khusus.

Kalau kamu mau menggunakannya, barulah kamu keluarkan. Namun setelah itu wajib menyimpannya lagi.

5 – Maksimalkan Penggunaan Ruang Pada Dinding

membuat dapur terlihat lebih luas

Jangan lupa, di dapur juga terdapat dinding yang bisa kamu pergunakan dengan optimal. Misalnya dengan membuat tempat penyimpanan pisau magnetik atau rak tempat meinyimpan bumbu-bumbu dapur dan sebagainya.

Namun ingat, jangan terlalu banyak sehingga akan membahayakan. Sesuaikan saja penggunaan ruang pada dinding dengan bentuk ruang dapurmu dan posisimu ketika sedang masak.

Itulah 5 tips sederhana untuk membuat dapur terlihat lebih luas. Selamat berkesperimen!

Leave a Reply