Ini Dia Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Harus Kamu Kunjungi!

6 min read

Tempat wisata di Jawa Tengah – “Jateng Gayeng!” seperti itulah bunyi dari tagline yang sekaligus menjadi branding Provinsi Jawa Tengah sekarang. Tagline tersebut bermakna masyarakat Jawa Tengah yang berani, tanggung, jujur, ramah, menggembirakan, penuh semangat, harmonis dan hangat. Gayeng.

Tapi, selain watak masyarakatnya yang gayeng, Provinsi Jawa Tengah juga memiliki potensi wisata daerah yang, kamu tahu sendiri kan, banyak sekali yang bagus dan wajib untuk dikunjungi. Gayeng!

Misalnya saja, Dataran Tinggi Dieng, Candi Borobudur, kepulauan Karimun Jawa, lalu apa lagi? Wah, masih banyak deh pokoknya!

Hampir di setiap kota di Jawa Tengah memiliki potensi wisata yang saking kerennya bikin saya pengin datengin satu-persatu, kemudian foto-foto yang banyak.

Lumayan, buat dokumentasi pribadi..

Berdasarkan hasil riset ke sana ke mari, ada beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang berhasil membangkitkan rasa penasaran saya untuk mengunjunginya dan akhirnya saya kumpulkan ke dalam sebuah daftar.

Ini dia daftar tempat wisata di Jawa Tengah yang harus kamu kunjungi:

1. Museum Purbakala Sangiran

tempat wisata di jawa tengah

Kalian tahu tidak, situs arkeologi yang terbesar dan terlengkap di Asia ada di mana?

Ya, betul. Ini dia museum arkeologi dengan koleksi fosil manusia purba yang terlengkap di Asia: Museum Purbakala Sangiran yang terletak di kabupaten Sragen.

Nggak percaya?

Udah, percaya aja. Nih saya kasih tau faktanya: Di museum ini, ada kurang lebih 13.800-an koleksi fosil manusia purba yang bisa kamu saksikan lho. Kurang banyak?

Tenang, di museum ini nggak cuma ada fosil manusia purba saja, kok. Ada juga berbagai benda-benda dan peninggalan prasejarah lainnya yang tersimpan apik di situs Sangiran ini.

Kalau masih kurang banyak juga, masih ada koleksi buku-buku dan literasi lainnya yang bisa kamu baca untuk menambah wawasan kamu.

Situs Purbakala Sangiran ini mempunyai sumbangsih besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, terutama ilmu antropologi, arkeologi, biologi, sejarah, dan paleoantropologi.

Jadi nggak heran kan, kalau Museum Purbakala Sangiran ini merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO?

2. Taman Nasional Karimun Jawa

tempat wisata di jawa tengah

Terlepas dari mana penulisannya yang benar; Karimun Jawa atau Karimunjawa, tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini memang harus dikunjungi!

Apalagi kalau kamu anak pantai.

…ceilah anak pantai.

Saya yakin kamu nggak mungkin kamu bisa menolak keindahan pesona pantai dan lautnya.

Keindahan wisata pantai dan wisata bahari di kepulauan Karimun Jawa sudah terkenal hingga ke penjuru dunia, lho.

Memang lokasinya agak jauh dari Jawa Tengah, yaitu sekitar 83 kilometer lepas pantai utara dari kota Jepara, dan untuk menuju ke sini, kamu akan memerlukan waktu 5-6 jam jika menggunakan kapal feri.

Tapi jangan khawatir, karena biasanya tersedia juga kapal express yang lebih cepat, yaitu sekitar 2,5 jam saja. Tentunya dengan tarif yang berbeda pula.

Mendingan pakai jasa paket wisata

Saya sarankan sih, kalau kamu ingin berkunjung ke Karimun Jawa, ada baiknya menggunakan jasa paket wisata, karena harga yang ditawarkan biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan pergi sendiri.

Serta biasanya pihak pengelola sudah membuat rundown acaranya, jadi akan memudahkan kamu untuk mengatur jadwal liburanmu supaya nggak berantakan. Praktis.

Apa saja sih yang ada di sini?

Apa? Jadi kamu belum tahu?

Karimun Jawa adalah sebuah gugusan pulau yang terbentuk dari 27 buah pulau. Tapi dari ke-27 pulau itu hanya 5 pulau saja yang berpenghuni.

Karimun Jawa dinobatkan menjadi Taman Nasional oeh pemerintah daerah kabupaten Jepara pada tahun 2001.

Namanya juga Taman Nasional, artinya selain sebagai unggulan tempat wisata di Jawa Tengah, juga melindungi berbagai macam satwa.

Satwa yang dilindungi itu di antaranya adalah penyu sisik, penyu hujau, dan juga elang laut dada putih. Satwa-satwa tersebut memang berhabitat asli di pulau ini.

Selain itu, di sini kamu juga bisa melakukan berbagai macam olahraga air, seperti berenang, snorkeling, menyelam, banyak deh!

Baca juga sob: Tempat Wisata Unik yang Ada di Bandung

3. Kawasan Wisata Baturraden

tempat wisata di jawa tengah

Ini dia salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang menjadi tempat wisata andalan kabupaten Banyumas: Baturraden.

Sejak zaman Belanda, wilayah Banyumas sampai Purbalingga memang dikenal sebagai tempat rekreasi oleh orang-orang Belanda kala itu karena kekayaan alamnya yang melimpah.

Di antara banyaknya tempat wisata di Purwokerto, yang paling terkenal dan paling banyak pilihan tempat wisatanya adalah kecamatan Baturraden yang terletak di kaki Gunung Slamet.

Baiklah, akan saya sebutkan beberapa tempat wisata keren yang ada di Baturraden.

Wana Wisata Baturraden

Ini adalah tempat wisata yang paling umum dikunjungi kalau orang pergi ke Baturraden.

Di dalamnya, terdapat cascade atau air mancur yang tingginya mencapai belasan meter, ada perahu kayuh, ada teater 4D, ada bioskop di dalam pesawat, ada curug, ada kolam renang, ada yang jual makanan juga.

Kebun Raya Baturraden

Kalau ini masih tergolong tempat wisata yang baru di Purwokerto.

Kebun Raya Baturraden adalah kawasan yang diperuntukkan sebagai tempat konservasi dan penelitian tanaman pegunungan Jawa serta wisata pendidikan.

Kebun Raya Baturraden dikelola oleh pemerintah setempat dan bekerjasama dengan pengelola Kebun Raya Bogor dan LIPI.

Koleksi tanamannya lengkap, lho. Ada sektar 2.600 jenis spesimen tanaman di area ini, dan masih akan terus bertambah. Wow!

Curug Telu, Karangsalam, Baturraden

Satu hal yang harus kamu tahu: Di wilayah Baturraden dan Banyumas pada umumnya, banyak sekali terdapat curug atau air terjun.

Mungkin karena secara geografis Baturraden terletak di kaki Gunung Slamet, ya.

Salah satu dari ratusan curug tersebut–dan yang paling populer saat ini–adalah Curug Telu, atau Curug Tiga.

Kalau kamu suka berwisata yang ada tantangannya, kamu pasti akan menyukai tempat ini.

…dan masih banyak lagi!

Iya, banyak banget!

Baca selengkapnya di sini.

4. Dataran Tinggi Dieng

tempat wisata di jawa tengah

Kalau kata orang-orang, dataran tinggi Dieng itu adalah tempat persemayaman para dewa dan dewi. Percaya atau tidak, memang dataran tinggi Dieng ini pesona keindahannya luar biyasa!

Jadi wajar saja kalau sampai ada yang menganggap demikian.

Dataran tinggi Dieng berada pada ketinggian 2.093 meter di atas permukaan laut, ini membuat Dieng memilik suhu udara yang sejuk-sejuk dingin gimana gitu.

Bukan cuma keindahan alamnya saja yang memukau, masyarakat Dieng juga memiliki kebudayaan yang sangat kaya.

Kita lihat yuk, apa saja yang bisa kamu temui di dataran tinggi Dieng.

Ada banyak candi

Kalau kamu ke dataran tinggi Dieng, kamu akan banyak menjumpai candi-candi Hindu yang tersebar di beberapa titik di sana.

Beberapa candi tersebut adalah Candi Bima, Gatotkaca, Arjuna, dan sebagainya. Nama-nama yang sudah tidak asing di telingamu, kan?

Candi-candi tersebut dinamai berdasarkan nama-nama tokoh dalam cerita Mahabarata.

Bukit Sikunir

Tahukah kamu, Bukit Sikunir di kawasan Dieng adalah tempat terbaik untuk melihat golden sunrise?

Hampir setiap harinya, para pemburu matahari terbit berdatangan ke bukit ini demi menyaksikan kilau indah matahari terbit yang paling memukau se-Asia Tenggara. Wow lagi!

Oh iya, karena warna orens dari matahari terbit di sini sangat aduhai warnanya seperti kunir (kunyit), akhirnya masyarakat menamakan bukit ini Sikunir.

Baru tahu ya? Sama..

Telaga Warna

tempat wisata di jawa tengah

Satu lagi ikon Dieng yang bikin saya pengin banget ke sana adalah Telaga Warna.

Alasannya sederhana, karena saya penasaran ingin lihat keunikannya secara langsung.

Air telaga ini memang unik, karena warnanya bisa berubah-ubah. Kadang berwarna hijau, kadang putih, kadang kuning, kadang warna-warni. Keren betul.

Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival adalah agenda tahunan yang diselenggarakan di dataran tinggi Dieng oleh kelompok sadar wisata Dieng Pandawa.

Agenda tahunan ini dilaksanakan selama tiga hari yang terdiri dari beberapa rangkaian acara. Di antaranya:

Jazz Atas Awan, yang merupakan salah satu konser musik jazz paling ngehitz saat ini. Bayangkan menonton konser musik jazz di dalam dinginnya udara Dieng sambil minum kopi. Syahdu sekali.

Sunrise Fun Trekking, yaitu trekking yang dilakukan pada pagi buta untuk menyambut datangnya sunrise.

Gerlap Lampion, pada malam harinya, dilakukan pelepasan ribuan lampion ke langit secara serentak.

Ruwat Rambut Gembel, inilah acara puncak dari rangkaian Dieng Culture Festival, yang merupakan ritual potong rambut anak-anak berambut gembel (gimbal) yang ada di suku Dieng.

5. Candi Borobudur

tempat wisata di jawa tengah

Kalau ngomongin tempat wisata di Jawa Tengah, pasti Candi Borobudur selalu disebut-sebut.

Karena memang situs peninggalan zaman dinasti Syailendra ini terlalu menakjubkan untuk dilewati begitu saja.

Candi Borobudur ketika pertama kali ditemukan oleh seorang petani dalam keadaan terkubur dan kemudian dilakukan perbaikan oleh Belanda pada saat itu.

Kini, Candi Borobudur telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, dan masih berfungsi sebagai tempat peribadatan umat Buddha di nusantara maupun dunia.

6. Kota Lama Semarang

tempat wisata di jawa tengah

Kota Lama Semarang adalah kawasan kota tua (seperti yang ada di Jakarta) yang memiliki banyak bangunan bergaya arsitektur Eropa.

Bagi penikmat sejarah dan pengagum benda-benda antik seperti saya, tempat-tempat semacam ini selalu saja sukses menarik perhatian.

Saking kentalnya arsitektur Eropa di sana, sampai-sampai Kota Lama Semarang memiliki julukan “Little Netherland.”

Beberapa bangunan yang menjadi landmark di Kota Lama Semarang di antaranya adalah Gereja Blenduk, Stasiun Semarang Tawang, Mercusuar Pelabuhan Tanjung Mas, dan Polder Air Tawang.

Beberapa spot di sini sering digunakan sebagai tempat pemotretan karena keantikannya.

Yaaa, daripada jauh-jauh ke Eropa, ya kan.

7. Masjid Agung Jawa Tengah

tempat wisata di jawa tengah

Masjid yang diresmikan pada tahun 2006 ini adalah masjid termegah dan terbesar di Jawa Tengah, bahkan mungkin salah satu masjid terbaik se-nusantara.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim, masjid ini juga menjadi pusat pengetahuan dan juga wisata rohani.

Lihat saja fasilitas yang dimilikinya, misalnya ada studio siaran radio, ada perpustakaan dengan koleksi lengkap, ada museum pula, dan lain-lain.

Yang menjadi daya tarik dari masjid ini adalah gaya arsitekturnya yang unik dan indah.

Katanya, gaya arsitektur masjid ini merupakan gabungan arsitektur Timur Tengah, Romawi, dan juga Jawa.

Ada lagi satu hal yang jadi perhatian..

Payung.

Iya, di masjid ini terdapat delapan buah payung raksasa yang akan terbuka di saat-saat tertentu, seperti yang ada di Masjid Nabawi, Madinah.

Keren ya?

8. Museum Kereta Api Ambarawa

tempat wisata di jawa tengah

Waini, kalau kamu ngaku railfans mesti banget dateng ke sini.

Bukan cuma railfans saja, buat para pengagum benda-benda antik, penikmat sejarah, dan yang cuma penasaran aja. Ah, yang nggak penasaran pun juga harus datang ke sini.

Lokasinya nggak jauh, kok. Cuma 20 kilometer-an dari kota Semarang, kamu udah bisa sampai ke museum ini.

Memang isinya apa aja sih?

tempat wisata di jawa tengah

Baiklah, biar kamu yang nggak penasaran jadi penasaran.

…dan yang udah penasaran jadi makin penasaran. (wkwk)

Namanya juga museum kereta api, pasti isinya kereta api. Tapi yang bikin spesial, museum ini mengoleksi kereta api bersejarah!

Totalnya, ada 21 buah lokomotif uap tua yang ada di museum ini. Salah satunya adalah kereta uap bergerigi yang HANYA ada tiga buah di seluruh dunia.

Nggak cuma ada lokomotif, di museum ini juga ada gerbongnya, bahkan ada yang masih berfungsi. Keren nggak tuh?

Udah?

Belum! Masih ada koleksi lainnya, seperti alat telegraf morse, telepon antik, bel antik, perabotan antik, dan segala sesuatu yang antik-antik lainnya.

Penutup

Kalau disebutin satu-persatu, tempat wisata di Jawa Tengah nggak akan ada habisnya! Untuk kali ini, sepertinya segitu dulu, nanti yang lainnya akan meyusul. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian alam dan buang sampah pada tempatnya ya!

3 Replies to “Ini Dia Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah yang…”

Leave a Reply