50 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat wisata di Indonesia memang tak ada habisnya, karena akan selalu ada hal baru untuk dijelajah dari ujung Sabang hingga ujung Merauke. Indonesia yang merupakan negara kepulauan menyimpan banyak sekali kekayaan alam yang luar biasa indah, mulai dari laut, pantai, dataran rendah, maupun dataran tinggi.

Tidak hanya itu, selain kekayaan geografis, Indonesia juga sangat kaya akan berbagai jenis flora dan faunanya. Beberapa di antaranya bahkan telah dinyatakan sebagai hewan ataupun tumbuhan yang terancam punah. Selain wisata alam, di Indonesia juga banyak terdapat tempat wisata buatan yang tak kalah serunya. Ya banyak lah pokoknya.

Nah, supaya kamu nggak bingung mau liburan ke mana, inilah 50 daftar tujuan wisata di Indonesia yang patut kamu pertimbangkan untuk masuk ke dalam list destinasi liburanmu.

1. Pura Ulun Danu Bratan

pulau-bali-wisata-indonesia

Pulau Bali adalah salah satu tujuan utama yang harus ada dalam daftar tempat wisata di Indonesia. Di pulau yang mayoritas penduduknya beragama Hindu ini banyak terdapat pura sebagai tempat peribadatan umat Hindu.

Nah, Pura Ulun Danu Bratan adalah pura terbesar kedua di Bali setelah Pura Besakih. Hal yang membuatmu harus ke sini adalah selain tempatnya yang asri dan sejuk, lokasi pura yang di dataran tinggi Bedugul juga membuat pemandangan di sini sangat indah.

2. Pantai Kuta

tempat wisata di indonesia

Pantai Kuta, salah satu tempat wisata paling populer di kalangan wisatawan mancanegara ini memang tak pernah kehabisan pesonanya. Pantai Kuta merupakan tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam atau sunset.

Selain itu, ombak di sini juga sangat bersahabat untuk dijadikan lokasi surfing bagi kamu yang baru belajar ataupun yang sudah profesional.

3. Ubud

tempat wisata di indonesia

Meski jauh dari hiruk-pikuk suasana pantai, Ubud juga terkenal sebagai salah satu tujuan tempat wisata di Indonesia terfavorit di pulau Bali. Suasana alamnya yang masih hijau, alami nan asri menjadikan Ubud sebagai salah satu tempat tujuan bagi wisatawan yang ingin bermeditasi dan mencari ketenangan.

Karena itu juga, Ubud menjadi salah satu lokasi pengambilan adegan film Hollywood berjudul Eat, Pray & Love.

4. Pulau Weh

tempat wisata di indonesia

Berlokasi di ujung timur Indonesia, Pulau Weh menyimpan sejuta pesona wisata bahari yang masih terjaga. Di lingkungan lautnya pernah ditemukan megamouth shark, yaitu jenis hiu yang sudah langka, yang menandakan betapa masih terjaganya ekosistem laut di Pulau Weh ini.

5. Masjid Agung Baiturrahman

tempat wisata di indonesia

Inilah masjid kebanggaan masyarakat Aceh. Bagaimana tidak, masjid ini, selain menjadi landmark kota Banda Aceh, juga merupakan satu-satunya bangunan yang masih berdiri kokoh saat Aceh dilanda Tsunami pada 2004 silam.

Karena keajaibannya tersebut, masjid ini pada saat itu menjadi tempat berlindung warga Aceh dari seluruh agama, bukan hanya yang muslim saja.

Hal yang menariknya lagi, arsitektur masjid ini juga khas sekali dengan gaya bangunan ala kesultanan Aceh zaman dahulu. Selain Masjid Agung Baiturrahman, di Aceh juga terdapat Museum Tsunami, yang menyimpan segala hal tentang tragedi tsunami yang waktu itu melanda Aceh.

6. Belitung

tempat wisata di indonesia

Indonesia memang negara yang kaya akan potensi bahari. Belitung adalah sebuah pulau yang terletak di antara Selat Karimata dan Selat Gaspar, tepatnya di timur Pulau Sumatera. Di pulau Belitung banyak sekali wisata pantai yang keindahannya tak tertandingi. Salah satunya adalah pulau Lengkuas seperti yang tampak pada foto.

Di pulau ini terdapat sebuah mercusuar yang sangat menonjol dari tinggi maupun warnanya, menjadikannya sebagai ikon Pulau Lengkuas. Di lokasi ini juga pernah dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi, yang menceritakan kehidupan anak-anak Belitong yang memang berlatar belakang tempat di Belitung ini.

7. Batam

tempat wisata di indonesia

Batam adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Riau, Indonesia. Pulau Batam diapit oleh Selat Malaka dan Selat Singapura. Lokasi Pulau Batam sangat strategis, berada di jalur perdagangan internasional, hal itu membuat Batam menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Indonesia favorit bagi para pelancong mancanegara. Akses menuju Batam juga tidak sulit, cukup menyeberang selat kecil dari Singapura.

8. Kepulauan Derawan

tempat wisata di indonesia

Derawan adalah sebuah kepulauan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Karena bentuknya adalah kepulauan, tentu tempat wisata andalannya adalah wisata bahari. Tapi jangan salah, wisata bahari di sini tak kalah kerennya dengan maldives lho.

9. Baturraden

tempat wisata di indonesia

Siapa yang nggak tahu tempat wisata di Indonesia yang satu ini? Pasti kamu-kamu semua sudah pada tahu kan. Baturraden terletak di lereng Gunung Slamet, tepatnya di kota Purwokerto. Di Baturraden ada banyak macam wisata, di antaranya Lokawisata Baturraden dan Kebun Raya Baturraden. Oh iya, yang benar tulisannya Baturraden, bukan Baturaden. Selengkapnya, baca di sini.

10. Surabaya

surabaya-wisata-indonesia2

Ibukota Jawa Timur ini juga layak dijadikan tempat tujuan melancong bagi para turis lokal maupun mancanegara lho. Di Surabaya, kamu bisa berwisata sejarah, ataupun mengunjungi Kebun Binatang Surabaya. Selain itu, kamu bisa mencicipi berbagai sajian kuliner khas Suroboyo yang terkenal akan kelezatannya, seperti rawon, rujak cingur, dan tahu tek.

11. Sukabumi

sukabumi-curug-cikaso-wisata-indonesia

Sukabumi terletak di Provinsi Jawa Barat. Di Kabupaten Sukabumi terdapat banyak curug yang sangat indah. Salah satunya adalah curug Cikaso yang tampak pada gambar. Selain wisata curug, di Sukabumi juga terdapat pesona wisata bahari yang langsung menghadap Samudera Hindia.

12. Surakarta

solo-keraton-surakarta-wisata-indonesia

Solo, atau Surakarta, terletak di sebelah barat Jawa Tengah, berbatasan dengan Jawa Timur. Dengan slogannya yang berbunyi Never Ending Asia, sudah tentu Solo menjadi salah satu andalan tempat wisata di Indonesia.

Kalau kamu ingin berwisata budaya, maka Solo adalah tempat yang tepat buat kamu. Di solo, kamu bisa mengunjungi Keraton Surakarta untuk berwisata budaya dan sejarah, atau ke Pasar Klewer untuk berbelanja kain batik, ataupun ke Pasar Antik Triwindu untuk berbelanja barang antik.

13. Bukit Sikunir

sikunir-dieng-plateau-wisata-indonesia

Bukit Sikunir merupakan sebuah bukit kecil di wilayah dataran tinggi Dieng, yang terletak di kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Di bukit dengan ketinggian 2,232 mdpl ini kamu akan dapat menyaksikan indahnya golden sunrise terbaik setiap paginya. Bahkan golden sunrise di Bukit Sikunir ini telah dinobatkan sebagai yang terbaik se-Asia Tenggara.

14. Semarang

semarang-wisata-indonesia

Meski tidak sepopuler kota tempat wisata di Indonesia yang lainnya, Kota Semarang juga memiliki beberapa tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, sampai wisata sejarah. Seperti pantai Marina, gedung tua Lawang Sewu, ataupun Masjid Agung Jawa Tengah yang megah.

15. Segara Anak

segara-anak-lake-wisata-indonesia

Segara Anak adalah sebuah danau yang terletak di kawah Gunung Rinjani, Lombok. Oleh para penduduk setempat, lokasi ini umumnya digunakan untuk memberi sesajen kepada dewa di dasar danau tersebut. Buat kamu yang hobi naik gunung, menaklukkan Gunung Rinjani adalah hal yang wajib kamu tulis dalam list-mu.

16. Raja Ampat

raja-ampat-wisata-indonesia

Inilah salah satu masterpiece tempat wisata di Indonesia. Raja Ampat merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari 1,500 pulau-pulau kecil yang mengelilingi empat pulau utama yaitu Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo. Kepulauan Raja Ampat termasuk ke dalam Coral Triangle yang merupakan wilayah dengan biodiversitas laut yang terkaya di dunia.

17. Pekanbaru

pekanbaru-muara-takus-temple-wisata-indonesia

Pekanbaru sebagai ibukota provinsi Riau menyimpan berbagai macam destinasi tempat wisata di Indonesia andalan. Di Pekanbaru, kamu bisa berwisata alam, sejarah, budaya, wisata belanja, dan juga pendidikan. Beberapa di antaranya adalah candi Muara Takus, Masjid Agung An-nur, Perpustakaan Soeman H.S, dan masih banyak lagi.

18. Palembang

palembang-wisata-indonesia

Selain kuliner pempeknya yang sudah terkenal, kota Palembang juga memiliki tempat wisata yang tak kalah terkenalnya. Sebagai ibukota Provinsi Sumatera Selatan, sudah barang tentu menjadikan Palembang kota yang terdepan.

Sebut saja Jembatan Ampera, lalu Sungai Musi yang di tepiannya banyak ditemukan kampung Arab, Benteng Kuto Besak, dan restoran terapung yang akan memberikan sensasi tak terlupakan kalau kamu makan di sana.

19. Padang

padang-wisata-indonesia

Kota yang terkenal dengan ikon rumah gadang minangkabau ini selain memiliki seribu kisah legenda yang menarik, juga memiliki potensi wisata yang juga tak kalah menarik. Di antaranya, wisata pendidikan seperti museum Adityawarman, wisata pantai seperti Pantai Nirwana, dan Pantai Pasir Jambak, dan Pantai Aie Manih.

Pantai Aie Manih ini sangat terkenal dengan legenda Malin Kundang-nya. Di pantai ini terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti orang bersujud yang dipercaya merupakan sosok Malin yang dikutuk karena durhaka pada ibunya.

20. Batu

museum-angkut-batu-malang-wisata-indonesia

Kota Batu terletak di Malang, yang memang sudah terkenal dengan berbagai macam tempat wisatanya. Kota Batu merupakan kota wisata. Tak heran ada banyak sekali objek wisata di area Batu ini.

Beberapa di antaranya adalah Taman Bunga Selecta, Eco Green Park, Batu Night Spectacular, dan Museum Angkut yang berisi koleksi ribuan macam dan jenis kendaraan yang akan membuatmu terkagum-kagum.

21. Medan

medan-wisata-indonesia

Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Kota Medan sangat kaya akan peninggalan bersejarah. Misalnya Masjid Raya Medan dan Istana Maimun dengan gaya arsitektur khas kerajaan Deli.

Di dalamnya, kamu dapat mempelajari perkembangan dan penyebaran agama Islam di wilayah Indonesia bagian barat khusunya di Medan dan Pulau Sumatera.

22. Pacitan

pacitan-sunset-indah-di-pantai-klayar-pacitan-wisata-indonesia

Pacitan adalah sebuah kota yang ‘nyempil’ di bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Meski letaknya nyempil karena ada di pinggiran pulau Jawa, kota Pacitan memiliki banyak wisata pantai yang akan membuatmu berdecak kagum dan nggak nyangka bahwa ada pantai seindah itu di kota yang nyempil ini.

Selain wisata pantainya yang indah, Pacitan juga dikenal dengan julukan kota seribu goa, karena memang di kota ini banyak terdapat goa. Salah satunya adalah Goa Gong yang sangat besar dan indah.

23. Bunaken

manado-bunaken-wisata-indonesia

Taman Nasional Bunaken adalah taman nasional yang terletak di Kota Manado, Sulawesi Utara. Kawasan taman nasional ini juga terletak di Coral Triangle, atau Segitiga Terumbu Karang. Kawasan Taman Nasional Bunaken memilik ekosistem terumbu karang yang amat kaya, yaitu sekitar 390 spesies terumbu karang.

Selain itu juga ada sekitar 90 spesies ikan yang hidup di sini. Oh iya, Taman Nasional Bunaken adalah taman laut pertama di dunia, yang mana juga telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada 2005.

24. Bromo

malang-indonesia-bromo-wisata-indonesia

Gunung Bromo mungkin bukan gunung tertinggi, tapi sudah pasti dia merupakan gunung terindah. Lihat saja, meski tingginya cuma 2000-an meter di atas permukaan laut, kalau dibandingkan dengan gunung-gunung lain di Jawa, masih banyak yang lebih tinggi, tapi gunung ini tetap memiliki tempat tersendiri di hati para pengagumnya. Memang tak ada yang bisa mengingkari pesona gunung yang statusnya masih aktif ini.

Gunung Bromo terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Nama Bromo sendiri berasal dari kata Brahma, yaitu salah satu dewa besar dalam agama Hindu. Memang, masyarakat Tengger, seperti di Bali, mayoritas beragama Hindu.

25. Makassar

makassar-top-destination-makassar-wisata-indonesia

Makassar, atau yang juga dikenal sebagai Ujung Pandang, merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Kota Ujung Pandang punya banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di kota ini terdapat sebuah pantai indah yang bernama Pantai Losari. Ada juga benteng peninggalan sejarah Kesultanan Gowa yaitu Benteng Fort Rotterdam. Untuk wisata modern, di Makassar juga terdapat Trans Studio World.

26. Borobudur

magelang-indonesia-borobudur-magelang-wisata-indonesia

Candi Borobudur, bersamaan dengan Candi Angkor Wat di Kamboja dan Candi Bagan di Myanmar, adalah mahakarya manusia yang luar biasa. Borobudur sendiri diperkirakan dibangun pada tahun 800 Masehi oleh penganut agama Buddha Mahayana, yaitu pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra.

Candi Borobudur adalah candi dan juga sekaligus monumen Buddha terbesar di dunia, yang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Membahas sejarah Borobudur memang selalu menarik. Untuk info lebih lanjutnya, sila baca laman tentang Borobudur di Wikipedia.

27. Lombok

lombok-wisata-indonesia

Pulau Lombok adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, bersebelahan dengan Pulau Bali. Tak heran, tempat wisata di Lombok juga masih didominasi oleh wisata pantai. Namun bagi kamu yang mencintai kegiatan mendaki gunung, di Lombok juga terdapat gunung Rinjani yang selalu siap untuk kamu taklukkan.

28. Lembang

lembang-bandung-and-vicinity-wisata-indonesia

Salah satu tujuan tempat wisata di Indonesia yang paling populer di Bandung adalah Lembang, kawasan Lembang selalu dipadati pengunjung terutama di hari-hari libur seperti weekend dan hari libur nasional.

Umumnya para wisatawan mendatangi Lembang karena udaranya sejuk dan tidak terlalu jauh dari Jakarta. Tempat wisata terkenal seperti Tangkuban Perahu dan Observatorium Bosscha juga terdapat di Lembang.

29. Pulau Komodo

komodo-island-pink-beach-komodo-island-wisata-indonesia

Pulau Komodo adalah salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini merupakan habitat asli komodo, yaitu spesies kadal terbesar di dunia yang kini oleh IUCN ditetapkan sebagai hewan yang terancam punah.

Selain memiliki hewan yang hanya hidup di pulau tersebut, Pulau Komodo juga memiliki pantai yang indah, salah satunya adalah Pink Beach atau Pantai Pink. Dinamai Pantai Pink karena memang pasir di pantai ini berwarna merah muda. Ajaib bener.

30. Karimun Jawa

karimun-jawa-rawis-wisata-indonesia

Karimun Jawa adalah sebuah gugusan pulau yang terletak di lepas pantai utara Pulau Jawa, kurang-lebih 80 kilometer dari Kabupaten Jepara. Terhitung sejak Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah Kabupaten Jepara.

Karena kekayaan lautnya yang melimpah, Karimunjawa menjadi tempat wisata di Indonesia yang cukup favorit di kalangan wisatawan mancanegara. Beberapa satwa langka juga berhabitat di sini, di antaranya penyu sisik, elang laut dada putih, dan penyu hijau.

31. Jember

jember-landscape-boat-in-papuma-beach-jember-east-java-wisata-indonesia

Salah satu julukan yang terkenal dari  Jember adalah Kota Santri, karena memang terdapat banyak kang santri dan pondok pesantren di kabupaten yang terletak di Jawa Timur ini. Di samping julukannya sebagai Kota Santri, Jember juga memiliki pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Salah satunya adalah Pantai Tanjung Papuma, seperti yang tampak pada gambar. Selain wisata alam, Jember juga memiliki sebuah pagelaram tahunan yang selalu menjadi daya tarik masyarakat dunia, yaitu Jember Fashion Carnaval.

32. Danau Sentani Jayapura

jayapura-sentani-lake-wisata-indonesia

Alam Papua memang memiliki sejuta keindahan tersembunyi yang tak pernah bosan untuk dijelajahi. Di antara Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, terdapat sebuah danau yang membentang seluas 9.360 hektar. Danau Sentani namanya. Danau ini merupakan danau terbesar di tanah Papua dan memiliki 21 pulau kecil yang menghiasi perarian danau indah ini.

33. Kepulauan Seribu

jakarta-seribu-island-pulau-tidung-wisata-indonesua

Kepulauan Seribu termasuk ke dalam wilayah kota administrasi Jakarta Utara, DKI Jakarta. Kepulauan Seribu merupakan sebuah gugusan pulau yang tersebar di sebelah utara teluk Jakarta. Kepulauan Seribu terdiri dari 342 pulau, namun tidak semuanya berpenghuni.

Dari 342 pulau tersebut, yang didiami oleh manusia hanya 158 pulau. Salah satu pulau favorit yang menjadi tujuan wisata di Kepulauan Seribu di antaranya Pulau Pari, Pulau Tidung, dan Pulau Bidadari. Tak heran, Kepulauan Seribu dijuluki Maldiven van Java.

34. Jakarta

jakarta-city-wisata-indonesia

Umumnya, tempat wisata di Indonesia terletak jauh dari keramaian dan hiruk-pikuk ibukota. Namun bagi kamu yang menyukai wisata metropolitan, tak ada salahnya datang ke Jakarta. Di kota ini juga terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik-menarik kok!

35. Sindoro Sumbing

gunung-sindoro-gunung-sumbing-wisata-indonesia

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing terletak di tiga wilayah kabupaten yang berbeda, yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Letak kedua gunung ini berdekatan sehingga apabila dilihat dari arah Kabupaten Temanggung, kedua gunung ini membentuk sebuah bentang alam gunung kembar.

Gunung Sumbing sendiri adalah gunung api aktif dengan ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut, menjadikan Gunung Sumbing gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa.

36. Kepulauan Gili

gili-islands-wisata-indonesia

Kepulauan Gili terletak di sebelah barat Lombok, yang merupakan sebuah gugusan pulau yang terdiri dari tiga pulau kecil, atau yang dinamakan gili. Tiga gili ini, yaitu Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan, masing-masing menawarkan keindahan alam laut yang asri dan indah. Untuk menjaga kelestariannya, pemerintah daerah melarang penggunaan kendaraan bermotor di sini.

37. Danau Kelimutu, Flores

tempat wisata di indonesia

Danau Kelimutu merupakan sebuah danau yang terbentuk di kawah gunung berapi Kelimutu. Danau ini juga dikenal dengan sebutan Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna berbeda yaitu putih, biru, dan merah, yang dapat berubah-ubah seiring perjalanan waktu.

38. Dataran Tinggi Dieng

tempat wisata di indonesia

Dataran Tinggi Dieng terletak di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, yang merupakan kawasan vulkanik yang masih aktif. Di area ini terdapat banyak sekali tempat wisata, seperti telaga-telaga, candi-candi, goa, dan kawah. Tiap tahunnya, di kawasan Dataran Tinggi Dieng selalu diadakan Dieng Culture Festival yang di dalamnya juga terdapat Festival Musik Jazz Atas Awan yang syahdu.

Baca selengkapnya tentang dieng di sini.

39. Cirebon

tempat wisata di indonesia

Cirebon terletak di pesisir utara Pulau Jawa, tepatnya di jalur pantai utara atau pantura, yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Cirebon memiliki julukan sebagai Kota Udang dan Kota Wali. Di segi pariwisata, Kota Cirebon menawarkan berbagai wisata sejarah dan religi.

40. Bukittinggi

tempat wisata di indonesia

Kota Bukittinggi adalah kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat. Pada masa pemerintahan darurat Republik Indonesia 1948, kota ini pernah menjadi ibukota negara Indonesia sementara. Kota ini juga pernah menjadi ibukota provinsi bagi Provinsi Sumatera dan Provinsi Sumatera Tengah.

Beberapa objek ikonik Kota Bukittinggi juga layak dijadikan destinasi tempat wisata di Indonesia. Antara lain seperti Jam Gadang dan Ngarai Sianok yang sangat megah. Bahkan pada zaman kolonial Belanda, kota ini dijuluki Parijs van Sumatra.

41. Bogor

tempat wisata di indonesia

Letaknya yang tak jauh dari ibukota Jakarta membuat Bogor menjadi tujuan tempat wisata di Indonesia, khusunya bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Karena di antara kota commuter Jakarta, Bogor memiliki lokasi geografis yang sangat mendukung dan memiliki potensi wisata yang besar. Kota Bogor dijuluki Kota Hujan, karena memang kota ini memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

Karena dijadikan destinasi favorit untuk wisata, tempat wisata di Bogor juga menjamur. Mulai dari Kebun Raya Bogor, Puncak, Taman Safari Indonesia, dan masih banyak lagi. Sayangnya, di hari-hari weekend dan hari libur, wilayah Bogor akan selalu dilanda kemacetan karena banyaknya wisatawan yang datang.

42. Banyuwangi

tempat wisata di indonesia

Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki banyak wisata pantai yang indah. Karena letaknya di ujung Pulau Jawa, maka Banyuwangi berseberangan langsung dengan Pulau Bali.

Selain wisata pantai, seperti Pantai Pulau Merah yang tampak pada gambar, Banyuwangi juga memiliki objek wisata yang tak kalah menarik yaitu Kawah Ijen. Di Kawah Ijen, kamu dapat menyaksikan fenomena menakjubkan nan cantik yaitu api biru atau blue fire.

43. Ujung Kulon

tempat wisata di indonesia

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di Ujung Barat Pulau Jawa, di Provinsi Banten. Taman nasional ini merupakan taman nasional pertama di Indonesia, dan yang pertama ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Di taman nasional ini, ditangkarkan beragam flora dan fauna yang dilindungi dan terancam punah. Beberapa jenis satwa liar endmik yang sangat concern dilindungi adalah badak jawa, owa jawa, dan anjing hutan.

44. Tebing Keraton

tempat wisata di indonesia

Pada tahun 2014, di Bandung, tepatnya di daerah Dago, ada sebuah lokasi wisata yang saat itu ramai dibicarakan di timeline Twitter maupun Instagram. Lokasi wisata itu adalah Tebing Keraton yang memang tergolong tempat wisata baru. Tebing Keraton merupakan sebuah tebing dengan view point hutan pinus ala lembah pegunungan yang sangat indah yang terhampar luas 180 derajat lebih.

45. Balikpapan

tempat wisata di indonesia

Balikpapan berada di pesisir timur Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini juga sekaligus menjadi ibukota provinsi tersebut. Kilang minyak banyak ditemukan di pesisir pantai Balikpapan.

Berdasarkan Majalah Tempo, Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Tapi jangan salah, kota ini juga menyimpan surga wisata yang indahnya bukan main. Ada beberapa wisata laut dan pantai, Balikpapan juga memiliki kebun raya terbesar di Indonesia, yaitu Kebun Raya Balikpapan.

46. Yogyakarta

tempat wisata di indonesia

Yogyakarta seakan sudah menjadi tempat wajib yang harus disebut jika membicarakan tempat wisata di Indonesia. Pasalnya, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menyimpan berjuta kekayaan budaya, kuliner, dan alam yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Mulai dari sejarahnya yang menarik, kulinernya yang lezat tiada dua, eksotisme budayanya yang tak pernah mati, kekayaan alamnya yang melimpah ruah, selalu menanti untuk dieksplor lebih dalam lagi.

47. Way Kambas

tempat wisata di indonesia

Taman Nasional Way Kambas merupakan taman nasional yang melindungi satwa gajah yang terletak di ujung tenggara Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Lampung. Di taman nasional ini, selain menjaga keutuhan spesies gajah, juga mempunyai sekolah untuk gajah.

Pada awalnya memang didirikan untuk pusat pelatihan gajah, namun karena populasi gajah semakin tahun semakin menurun, akhirnya Taman Nasional Way Kambas juga difungsikan sebagai pusat konservasi dan pengembangbiakan gajah.

48. Danau Toba

tempat wisata di indonesia

Danau Toba adalah danau yang terbentuk karena kaldera, yang merupakan danau terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang dinamai Pulau Samosir. Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara.

49. Taka Bonerate

tempat wisata di indonesia

Indonesia memang banyak sekali terdapat taman nasional. Salah satu taman nasional laut di Indonesia selain Wakatobi adalah Taman Nasional Taka Bonerate yang terletak di Kepulauan Selayar, Sulawesi Utara. Taman Nasional Taka Bonerate adalah taman laut yang memiliki kawasan atol ketiga terbesar di dunia.

Ada total lima belas buah pulau besar dan kecil di Taka Bonerate, sehingga kondisi tersebut bagus digunakan untuk kegiatan menyelam ataupun snorkeling.

50. Tanjung Puting

tempat wisata di indonesia

Masih tentang taman nasional, kali ini berlokasi di Provinsi Kalimantan Tengah. Adalah Taman Nasional Tanjung Puting yang menjadi pusat konservasi dan pengembangbiakan orang utan dan bekantan. Sementara untuk vegetasi utama di kawasan taman nasional ini adalah tanaman pemakan serangga seperti kantong semar.

Bagi kamu pecinta binatang dan ingin mengamati orang utan dengan lebih dekat, Taman Nasional Tanjung Puting adalah tempat yang sangat cocok untukmu.

 

Leave a Reply