Tempat Wisata di Bandung yang Unik dan Spektakuler

Ada banyak sekali daftar tempat wisata di Bandung, dari mulai wisata kuliner, wisata belanja, sampai wisata alamnya yang mengagumkan. Memang, ibu kota Provinsi Jawa Barat ini sepertinya tidak pernah kehabisan hal menarik untuk dapat dijelajahi.

Sebagaimana kebanyakan kota yang terletak di dataran tinggi, Bandung juga terkenal akan suhu udaranya yang sejuk. Tak mengherankan jika Bandung pada zaman dahulu disebut sebagai Paris van Java.

Faktanya, jutaan wisatawan yang tak henti-hentinya berdatangan ke Bandung, ini tentu membuat kamu semakin penasaran kan, faktor apa sebetulnya yang membuat kota ini sebegitu disukai oleh para pelancong?

Dago Pakar, tempat wisata alam paling komplit!

Kalau kamu ingin sekadar berjalan-jalan melihat pemandangan hijau yang menyegarkan, kamu bisa mampir ke kawasan Dago Pakar. Tempat wisata di Bandung yang satu ini memungkinkan kamu untuk bisa melakukan banyak aktivitas seru. Di dalamnya, ada sekitar 2500 spesies fauna yang bisa kamu eksplorasi.

Kawasan Dago Pakar sendiri terdiri dari dua bagian area terbelah oleh Jl. Maribaya, dan keduanya menawarkan pemandangan berbeda namun sama-sama mengesankan.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

tempat wisata di bandung
Goa Belanda dago Pakar (via: sebandung.com)

Taman Hutan Raya, atau yang oleh masyarakat sekitar biasa disebut ‘TaHuRa’ ini jaraknya cuma 30 menit berkendara dari pusat kota Bandung.

Tujuan dibuatnya Taman Hutan Raya ini adalah sebagai kawasan konservasi bagi aneka tumbuhan dan bunga yang ada di Bandung. Membentang di lahan seluas 590 hektar, taman ini mengambil nama dari Perdana Menteri ke-10 Indonesia, Bapak Ir. H. Djuanda.

Di taman ini terdapat pula sebuah museum yang memamerkan barang-barang peninggalan dari Bapak Ir. H. Djuanda, serta berbagai artefak unik yang ditemukan di sekitar kawasan ini.

Salah satu lokasi yang nge-hitz di kawasan Taman Hutan Raya ini adalah ‘Tebing Keraton’, sebuah tebing tinggi dengan pemandangan hutan pinus yang membentang begitu indah. Sangat instagramable lah pokoknya!

Di kawasan Taman Hutan Raya ini juga terdapat dua buah air terjun atau curug, yaitu Curug Omas dan Curug Lalay.

Taman Wisata Maribaya

tempat wisata di bandung
Curug Maribaya (via: initempatwisata.com)

Taman Wisata Maribaya adalah tempat wisata di Bandung yang terkenal dengan adanya sebuah curug nan indah bernama Curug Maribaya, lokasinya di bagian utara Taman Hutan Raya. Taman ini bisa dicapai melalui jalan setapak dari Taman Hutan Raya, atau kalau kamu malas berjalan, kamu bisa ke sini lewat Lembang.

Perjalanan menuju Curug Maribaya akan menjadi perjalanan yang mengesankan buatmu. Kenapa? Bayangkan saja, kamu berjalan melintasi jalur hutan dengan pemandangan yang menyejukkan mata dan hati, sambil menghirup segarnya udara pegunungan. Dijamin stress-mu bakal hilang!

Ketika sudah mendekati kawasan curug, kamu bahkan sudah bisa merasakan betapa sejuknya percikan air yang mengenai tubuhmu, berbarengan dengan itu, kamu akan menghirup aroma khas hutan yang seger-seger gimana, gitu.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, Taman Wisata Maribaya juga memiliki kolam mata air panas yang akan memanjakan kakimu, dan juga diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan bermacam penyakit kulit.

Kafe dan Restoran Unik yang ada di Bandung

Percayalah, Bandung itu surganya kuliner-kuliner dengan tingkat kelezatan di atas rata-rata. Kalau mau agak repot ‘mengorek-ngorek’ tempat makan yang ada di Bandung, kamu bakal menemukan banyak tempat makan yang saking menakjubkannya bikin kamu lupa kalau kamu lagi laper.

Nanny’s Pavillion

tempat wisata di bandung
Nanny’s Pavillion (via: tripcanvas)

Cobalah untuk berkunjung ke Nanny’s Pavillon untuk menikmati menu-menu yang unik seperti Peach Pancake with Vanilla Ice Cream atau Blueberry Pancake Cheese Roll.

Di sini kamu bisa merasakan sensasi mengisi perut di ruangan-ruangan dengan tema yang unik, mulai dari tema kamar tidur sampai tema kamar mandi. (Wait, what?)

Kampung Daun

tempat wisata di bandung
Kambung Daun Bandung (via: klikhotel.com)

Sebagai alternatif lain, pernahkah kamu membayangkan menikmati lezatnya kuliner khas Sunda di atas saung? Atau mungkin, tujuan kamu travel ke Bandung adalah justru untuk berwisata kuliner ke semua tempat makan keren di kota ini? 😀

Kalau begitu, satu tempat makan yang nggak boleh kamu lewatkan adalah rumah makan Kampung Daun.

Kenapa? Karena, di sini kamu dapat menikmati suasana bersantap makan (dengan hidangan khas Sunda tentunya) di dalam gazebo atau saung bambu yang dikelilingi oleh pepohonan serta suara gemercik air terjun yang syahdu.

Lawang Wangi Café & Art Space

tempat wisata di bandung
Lawang Wangi Cafe & Art Space (via: freemagz.com)

Lawang Wangi Cafe menawarkan panorama kafe yang sungguh membuat siapapun betah berlama-lama berada di sana.

Terletak di dataran tinggi yang menuju ke arah Lembang, kafe ini menyediakan dek yang khusus disediakan bagi para pengunjung kafe untuk menikmati pemandangan hamparan pepohonan hijau di siang hari dan kelap-kelip lampu kota di malam hari. Sweet. :3

Akan tetapi, ketika waktu masuk ke sore hari, Lawang Wangi Cafe biasanya akan dipenuhi oleh pengunjung. Sehingga, mau tidak mau, kamu mungkin harus mengantre untuk mendapatkan meja. Wuih, segitunya.

Nah, sembari menunggu itu, kamu bisa melihat-lihat empat buah galeri seni yang memamerkan karya-karya seniman kontemporer lokal untuk menghabiskan waktu.

Oiya, kalau kamu cuma ingin sekadar ngemil saja dan tak ingin makan yang berat-berat, kamu nggak perlu khawatir, karena kafe ini juga menyediakan aneka kudapan dan makanan ringan.

Warung Daweung

tempat wisata di bandung
Warung Deweung Bandung (via: anekatempatwisata.com)

Tak ada makan yang lebih nikmat daripada makan sambil memandangi hamparan pemandangan alam yang indah. Tempat wisata di Bandung tak terbatas pada wisata alamnya saja, namun juga wisata kuliner.

Bentang alam yang begitu kaya yang ada di sekelilingnya membuat Kota Bandung tak pernah kehabisan tempat-tempat menarik untuk dinikmati sembari menyantap makan malam.

Satu dari beberapa tempat makan yang pertama kali mengusung konsep dinner with a view adalah rumah makan Warung Daweung. Sebuah rumah makan legendaris di Bandung yang terletak di puncak Bukit Moko.

Bukit Moko bisa dibilang merupakan salah satu tempat dengan pemandangan terbaik di Bandung, di mana pengunjung dapat melihat indahnya pemandangan kota dari atas bukit. Baik itu pada siang maupun malam hari.

Nggak Nyangka ada kebun binatang di atas mall Paris van Java!

tempat wisata di bandung
Lucunyaaaa! @ Lactasari Mini Farm, Paris van Java Mall, Bandung (via: pariwisatabandung.info)

Paris van Java adalah sebuah mall besar di kota Bandung. Kalau kamu bertujuan wisata belanja ke Paris van Java, luangkanlah sedikit waktu barang satu atau dua jam untuk mengintip pesona tersembunyi yang terletak di bagian rooftop dari mal tersebut.

Inilah uniknya. Ternyata di areal rooftop mall besar itu, ada dua buah kebun binatang mini, yaitu Lactasari Mini Farm dan Bird Park. Keduanya sangat cocok sebagai tempat rekreasi untuk anak-anak sekaligus sebagai sarana menyampaikan pesan kepada anak-anak agar lebih menyayangi binatang.

Bersiaplah untuk disambut kicauan burung-burung tropis yang berwarna-warni!

tempat wisata di bandung
Bird Park, Paris van Java, Bandung (via: @agungswp)

Ketika memasuki kawasan taman burung, kamu akan diberi satu mangkuk belalang sebagai pakan para burung di dalam. Di taman burung ini kamu juga dapat menjumpai burung-burung langka di Indonesia, seperti burung nuri dari Nusa Tenggara dan burung enggang dari Kalimantan.

Sementara itu, di bagian rooftop lainnya, terdapat Lactasari Mini Farm, yaitu sebuah peternakan kecil dengan lima jenis hewan: domba, kambing, kelinci, sapi, dan anjing siberian husky.

Saat memasuki Lactasari Mini Farm, kamu akan diberikan sebuah celemek, beberapa ikat sayuran, dan juga sebotol susu untuk nantinya diberikan kepada hewan-hewan di dalamnya.

Meski namanya peternakan, tetapi Lactasari Mini Farm ini jauh dari kesan kotor. Peternakan kecil ini begitu bersih dan terawat, sehingga kamu bisa mengunjunginya dengan nyaman, dan nggak perlu khawatir kecipratan e’e kambing.

Fakta menakjubkan dari Goa Pawon dan Stone Garden, Padalarang

Goa Pawon, kalau kamu belum tahu, adalah sebuah goa yang terletak di atas gunung Pasigit, untuk mencapai ke sini, kamu harus mendaki selama kira-kira 20 menit.

tempat wisata di bandung
Goa Pawon Bandung (via: triptrus.com)

Goa Pawon adalah goa bersejarah, yaitu tempat di mana ditemukannya berbagai macam benda peninggalan zaman prasejarah, yang kini benda-benda tersebut dipamerkan di Museum Geologi Bandung.

Baca juga: Daftar Goa Menakjubkan yang Ada di Purbalingga

Tidak hanya itu, apabila kamu melanjutkan perjalananmu beberapa menit ke arah puncak gunung Pasigit, kamu akan menjumpai Stone Garden atau Taman Batu, yaitu sebuah cagar geowisata bertabur batu karang layaknya di pinggiran pantai.

tempat wisata di bandung
Stone Garden Bandung (via: dyahpamela.wordpress.com)

Para ilmuwan sepakat bahwa pada jutaan tahun yang lalu, wilayah antara Padalarang dan Nagreg merupakan sebuah danau purbakala. Ini artinya, dulu sekali, kota Bandung berada di kedalaman ratusan meter di bawah permukaan air.

Menurut beberapa teori, pernah ada beberapa gempa vulkanik besar yang terjadi selama kurun waktu tertentu, yang menyebabkan air danau raksasa tersebut surut hingga jadilah sebuah lembah.

Di Taman Batu ini, kamu bisa melihat langsung bukti nyata yang berupa cangkang-cangkang kerang dari zaman purbakala yang menempel pada batu-batu karang. Epik!

Floating Market Lembang, ketika keunikan berpadu dengan kelezatan

tempat wisata di bandung
Penjual makanan di Floating Market Lembang (via: sheratonbandung.com)

Pasar terapung mungkin selama ini identik dengan Banjarmasin ataupun Thailand.

Ternyata, di Bandung ada juga, lho!

Namanya Floating Market, dan letaknya di Lembang. Di sini, kamu bisa menikmati bermacam pilihan kuliner tradisional Indonesia yang disajikan di atas perahu sambil melihat panorama danau yang aduhai.

Tidak hanya kuliner Indonesia saja, di Floating Market Lembang juga ada lho kuliner Barat seperti pasta, pizza, dan lain-lain. Kuliner Barat tersedia di area Rockpool.

Tak hanya berwisata kuliner, di Floating Market Lembang ini kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti naik ATV, naik sepeda air, mendayung sampan, atau berjalan-jalan di taman kaktus dan taman batu.

Uniknya rumah di puncak air terjun, Situ Patenggang

tempat wisata di bandung
Air terjun Situ Patenggang dan rumah di atasnya (via: flickr.com)

Sekitar 10 menit perjalanan dari tempat wisata Kawah Putih yang terkenal itu, terdapat sebuah danau yang terlalu indah kalau kamu lewatkan begitu saja.

Menurut legenda Jawa Barat, pada abad ke-15, Pangeran Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi akhirnya bertemu di sebuah pulau berbentuk hati di tengah Situ Patenggang setelah keduanya berpisah selama bertahun-tahun akibat perbedaan keyakinan.

Danau cantik ini dikelilingi oleh perkebunan teh yang tampak seperti permadani hijau yang terhampar luas dan indah.

Bahkan, kamu pasti tercengang ketika tahu ada sebuah rumah yang terletak tepat di atas air terjun. Larbiyasaaa~

Kawah Putih yang serba putih

tempat wisata di bandung
Kawah Putih Ciwidey (via: flickr.com)

Danau berbentuk kawah yang terbuat karena letusan Gunung Patuha ini sejak dahulu dipercaya oleh masyarakat sebagai danau mistis, karena dulu, setiap burung yang terbang melintas di atasnya pasti akan langsung mati.

Oleh karena itu, semua orang pada saat itu enggan untuk mendekatinya. Barulah pada abad ke-19 seorang ahli botani dari Jerman mengeksplorasi area ini dan menemukan danau yang begitu indah di sini.

Airnya yang jernih akan berubah warna mengikuti kondisi cuaca, sementara itu di tepinya terhampar pasir yang begitu putih. Sebab itulah dinamakan Kawah Putih. Uniknya lagi, jenis tanaman yang tumbuh di sekitar danau ini juga cukup berbeda jika dibandingkan dengan area lain di sekitarnya.

Meski terletak di puncak gunung, fasilitas penunjang seperti toilet dan tempat parkir sudah tersedia dengan apik di sini, begitu pula dengan kedai-kedai penjual makanan. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau tidak membawa bekal.

Di Ciwidey, kamu bisa berkemah sekaligus memberi makan rusa-rusa lucu

tempat wisata di bandung
Lucu kan? Rusanya.. (via: nyikreuh.com)

Tahukah kamu selain Kawah Putih yang terkenal itu, di Ciwidey, juga terdapat Balai Konservasi Penangkaran Rusa dan Bumi Perkemahan? Iya, ada! Letaknya di Ranca Upas.

Selain untuk cuma melihat-lihat tingkah para rusa yang lucu-lucu, di sini kamu juga bisa berinteraksi secara langsung dengan para rusa tersebut sembari memberi mereka makan sayur-sayuran yang telah tersedia di sini dan dijual seharga Rp5.000.

Di sini juga ada tempat kegiatan-kegiatan outdoor dan juga bermacam aktivitas air seperti kolam renang kecil untuk anak-anak, lengkap dengan penyewaan peralatan renang seperti kacamata, pelampung, dan baju renang. Selain itu, di sini juga ada pemandian air panas lho!

Dan kalau kamu memutuskan ingin menginap, jangan khawatir, di sini juga ada beberapa toko yang menyewakan perlengkapan berkemah dengan biaya terjangkau.

 

Tak hanya wisata, di Bandung juga tersedia banyak penginapan unik lho

Kalau tujuan kamu wisata ke Bandung adalah untuk membebaskan diri dari segala hiruk-pikuk pekerjaan dan ruwetnya ibu kota, maka kamu harus menginap di penginapan-penginapan yang bisa menawarkan ketenangan.

The Sapu Lidi Resort

tempat wisata di bandung
The Sapulidi Resort (via: balihoteldiscounts.com)

Bayangkan tidur di atas kasur yang nyaman, di dalam rumah saung yang beratap jerami dan ditemani suara-suara alam nan merdu serta gema air terjun di kejauhan. Inilah yang akan kamu rasakan kalau kamu menginap di The Sapu Lidi Resort.

Glamping

tempat wisata di bandung
Glamping at Dusun Bambu Family Leisure Park (via: indoindians.com)

Nah, kalau kamu ingin mendekatkan diri dengan nuansa alam asli dengan berkemah di tengah hutan, mungkin kamu bisa mencoba glamping. Kamu bisa menyatu dengan alam liar dengan tetap bisa mengisi baterai ponsel kamu atau pergi ke kamar mandi yang bersih dan nyaman.

Ada banyak tempat di Bandung yang menyediakan fasilitas Glamping, salah satunya adalah Dusun Bambu Leisure Park, yang juga akan kami bahas di postingan ini.

GH Universal Hotel

tempat wisata di bandung
Arsitektur GH Universal Hotel yang unik (via: sebandung.com)

Bukan tanpa alasan Bandung dijuluki Paris van Java. Apabila kamu mencari penginapan dengan cita rasa ala-ala Eropa di Jawa Barat, maka kamu pasti akan setuju untuk menginap di GH Universal Hotel. Gaya bangunan dari hotel ini begitu Eropa sekali, sampai-sampai kamu bisa lupa kalau kamu lagi di Bandung! (Yah terus ngapain ke Bandung?)

Saung Gawir

tempat wisata di bandung
Saung Gawir Bandung (via: perfectretreat.blogspot.com)

Beda lagi dengan Saung Gawir, di sini kamu bisa bisa menginap di rumah-rumah dengan model joglo dan memetik langsung buah strawberry dari pohonnya. Iya, di depan rumah-rumah penginapan tersebut terdapat kebun strawberry, lho. Asik!

Dulang Resort

tempat wisata di bandung
Infinity pool di Dulang Resort Bandung (via: instavacation.com)

Atau kamu lebih suka bersantai-santai ria menikmati air di infinity pool dengan ditemani segelas cocktail sembari menikmati pemandangan hamparan sawah dan gemerlap lampu kota di kejauhan? Semua ada di Dulang Resort!

Masih banyak penginapan dengan konsep unik di Bandung. Daftar di atas hanyalah sebagian kecil saja. Jangan salahkan kami kalau kamu malah lebih banyak menghabiskan waktu di hotel ketimbang di luar! :p

The Lodge Earthbound Adventure Park, tempat wisata di Bandung yang cocok bagi keluarga

tempat wisata di bandung
The Lodge Adventure Park (via holidayvillalembang.com)

Kamu mau menghabiskan liburan akhir pekan yang seru bersama keluarga tapi galau mau ke mana?

Sekarang kamu nggak perlu galau lagi, di The Lodge Earthbound Adventure Park, kamu bakal menemukan berbagai macam aktivitas seru untuk anak-anak.

Tidak hanya itu, kamu bahkan juga bisa memilih untuk bermeditasi sambil merasakan sejuknya hembusan angin pegunungan di tengah hutan pinus, atau, kamu mau melatih skill tembak-menembakmu dengan bermain paintball?

Ah, banyak sekali kegiatan dan permainan menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga atau temanmu di sini.

Setelah seharian melakukan berbagai aktivitas, sekarang saatnya melepas penat dengan berkumpul di meja piknik sambil menikmati BBQ ala Sunda. Nyaamm!

Baca juga nih sob: Tempat Wisata Keluarga di Jawa Tengah

Dusun Bambu Family Leisure Park

tempat wisata di bandung
Dusun Bambu Bandung (via: sebandung.com)

Dusun Bambu Family Leisure Park berada tepat di kaki gunung di kawasan Situ Lembang, dengan udaranya yang begitu sejuk dan menyejukkan. Untuk menuju ke taman ini pun, kamu masih harus naik shuttle dari tempat parkir lho.

Tempat wisata di Bandung yang satu ini akan sangat cocok buat kamu yang ingin mengasingkan diri dari hiruk-pikuk kehidupan di perkotaan dan bosan dengan hiburan di mall.

Di sini, kamu dapat melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari naik balon udara, hingga mendayung kano sembari menikmati indahnya alam pegunungan.

Dikarenakan taman ini tutup pada jam 22.00, jadiii, kalau kamu masih belum puas menghabiskan waktu di sini, kamu bisa kok menginap di pondok yang tersedia di tepi danau. Uniknya lagi, bangunan penginapan di sini terbuat dari kayu lho.

Namun, bagi kamu yang memilik jiwa petualang, kamu juga bisa memilih untuk menyewa tenda. Harganya juga lumayan sih, yaitu Rp1.400.000 per malamnya.

Kami sarankan kalau kamu menyewa tenda, baiknya kamu menyewa secara berkelompok, karena tenda yang disewakan di sini memiliki kapasitas enam orang. Dengan menyewa secara kolektif, kamu juga kamu bisa patungan, deh.

2 thoughts on “Tempat Wisata di Bandung yang Unik dan Spektakuler

Leave a Reply