Tanaman Aquascape untuk Pemula dengan Perawatan yang Mudah

3 min read

Memang membuat aquascape bukan perkara yang mudah dilakukan. Segalanya harus diperhatikan sedetail mungkin demi terjaganya ekosistem aquascape yang sehat. Setelah sebelumnya saya membahas beberapa faktor penting untuk membuat aquascape, kali ini mari kita masuk ke pembahasan tanaman aquascape untuk pemula.

Bagi aquascaper yang baru terjun ke dalam dunia aquascape, mungkin sebagian, termasuk saya, masih ada yang ragu dan bingung akan jenis tanaman aquascape apa yang cocok untuk pemula. Tentunya, dengan perawatan yang mudah dan tingkat ketahanan hidup yang tinggi. Karena yaa namanya juga pemula, ilmu masih belum mumpuni, kalau tidak dirawat betul nanti yang ada malah mati.

Untuk itu, setelah melakukan beberapa riset, saya akhirnya menemukan beberapa tanaman aquascape dengan perawatan yang mudah, yang mana akan sangat berguna bagi aquascaper pemula seperti saya. Ini dia:

1. Java Moss (Taxiphyllum barbieri)

tanaman aquascape untuk pemula

Dalam dunia aquascape, mungkin inilah tanaman moss atau lumut yang paling umum diketahui orang. Karena memang tanaman ini sangat mudah ditanam, bahkan tidak memiliki cara perawatan khusus. Karena itulah tanaman ini sangat cocok diposisikan pada nomor satu tanaman aquascape untuk pemula.

Sekilas tentang Java Moss

Tanaman dengan nama latin Taxiphyllum Barbieri ini berasal dari wilayah Asia Tenggara, dan sebenarnya masih merupakan kelompok lumut terestrial (tumbuhan darat), tapi tanaman ini dapat dengan baik beradaptasi di bawah air.

Saking mudahnya dalam perawatannya, Java Moss dapat menjadi tanaman yang indah, namun juga bisa menjadi tanaman yang berantakan. Kalau Java Moss sudah menempel pada permukaan kayu atau batu, dia akan tumbuh seperti jaring kemudian tumbuh tidak teratur seperti sarang laba-laba.

Akan tetapi jika kamu rajin memangkasnya, tanaman ini akan dengan sempurna menutupi setiap kayu ataupun batu yang digunakan sebagai medianya. Tanaman ini juga akan bagus menjadi tanaman karpet jika dirawat dengan baik. Selengkapnya tentang Java Moss, baca di sini.

Perawatan

Java Moss mampu bertahan hidup pada air dengan suhu 14 sampai 32 derajat celcius. Tanaman ini memang daya ketahanan hidupnya cukup tinggi, namun kalau kamu mau tanaman ini untuk tumbuh optimal, disarankan jaga suhu air tetap pada 14 sampai 25 derajat celcius.

Untuk pencahayaan, tanaman ini juga akan tetap hidup pada kondisi cahaya yang tinggi atau rendah sekalipun.

2. Dwarf Baby Tears (Hemianthus callitrichoides)

tanaman aquascape untuk pemula

Jika kamu pemula dan kamu pecinta tanaman karpet, maka Dwarf Baby Tears merupakan pilihan yang tepat. Dengan teknik perawatan yang cukup mudah, tanaman ini dapat mengkarpet dengan sempurna pada substrat aquascape-mu. Tak diragukan lagi, Dwarf Baby Tears termasuk ke dalam jajaran tanaman aquascape untuk pemula.

Baca juga: Ikan Hias Aquascape untuk Pemula

Sekilas tentang Dwarf Baby Tears

Tanaman ini berbeda dengan Cuba, meski secara fisik bentuknya mirip. Hemianthus Callitrichoides dan Hemianthus Callitrichoides Cuba berasal dari Amerika Latin. Karena ukuran daunnya yang mini, tanaman ini cocok digunakan untuk memberi kesan “sense of scale”, yaitu efek seolah material lain akan terlihat lebih besar ketimbang ukuran sebenarnya.

Perawatan

Beberapa sumber riset saya mengatakan bahwa Dwarf Baby Tears lebih mudah dalam perawatannya dibanding Cuba. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika memperoleh intensitas cahaya yang tinggi. Untuk hasil yang maksimal, usahakan menanam Dwarf Baby Tears jangan terlalu tebal, karena akan menyebabkan tanaman bagian bawah tidak terkena cahaya.

Dwarf Baby Tears akan dapat tumbuh pada suhu 22 sampai 29 derajat celcius, namun untuk pertumbuhan tercepatnya terjadi pada suhu 22-23 derajat celcius. Saat tumbuh, tanaman ini akan cenderung tumbuh ke atas jika tak ada lagi area kosong pada aquarium. Jadi kuncinya adalah, harus rajin-rajin memangkas agar tidak terlalu tebal.

3. Amazon Sword (Echinodorus Grisebachii Amazonicus)

tanaman aquascape untuk pemula

Amazon Sword adalah salah satu tanaman aquascape yang paling diminati oleh aquascaper pemula. Tanaman ini tidak rewel dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Bentuknya yang unik dan rimbun akan memberikan kesan ‘ramai’ dan dapat menjadi tempat bersembunyi ikan-ikan kecil.

Sekilas tentang Amazon Sword

Amazon Sword memiliki nama latin Echinodorus Grisebachii atau Echinodorus Amazonicus. Sesuai namanya, tanaman ini berasal dari wilayah Amazon, Amerika Selatan. Tanaman ini merupakan tanaman yang dalam pemeliharannya termasuk mudah. Dia akan langsung dapat beradaptasi ketika dimasukkan ke dalam aquarium.

Daun tanaman ini terbilang panjang. Bahkan panjangnya bisa mencapai 50 sentimeter sob. Jadi kalau ukuran aquarium kamu kecil, disarankan untuk tidak menanam tanaman ini dalam jumlah banyak. Kecuali, kalau kamu mau membuat aquarium-mu penuh sesak.

Perawatan

Kemampuan bertahan hidup tanaman ini bisa dibilang tinggi. Jadi, kamu tidak perlu takut tanaman ini mati pada saat penanaman. Suhu yang optimal untuk pertumbuhan tanaman ini berkisar antara 22 sampai 27 derajat celcius.

Yang perlu diperhatikan adalah kalau tanaman ini sudah tumbuh sampai memenuhi aquarium, ada baiknya untuk memindahkannya ke tempat yang lebih besar. Agar pertumbuhannya optimal, kamu juga bisa menambahkan asupan CO2 terlarut yang bisa kamu buat sendiri.

4. Java Fern (Microsorum pteropus)

tanaman aquascape untuk pemula

Java Fern adalah tanaman yang mudah tumbuh dalam kondisi yang beragam. Cara perawatannya pun sangat mudah. Tanaman ini tidak memiliki ketentuan khusus supaya bertahan hidup. Tepat sekali dijadikan pilihan tanaman aquascape untuk pemula.

Sekilas tentang Java Fern

Beberapa waktu lalu, saya sempat berinisiatif untuk hunting tanaman aquascape di alam bersama seorang teman. Kebetulan di tempat saya kuliah, di Purwokerto, banyak sekali sungai dan curug yang masih alami. Karena itulah saya berniat untuk mencari sendiri, selain karena kalau beli harganya juga lumayan.

Kami mencari di beberapa curug, yang terakhir adalah Curug Telu. Ternyata saya baru tahu kalau Java Fern banyak sekali tumbuh liar di sana. Akhirnya dengan tetap memerhatikan aspek AMDAL, kami mengambil beberapa buah Java Fern. Padahal kalau beli, harganya bisa Rp7.000 sampai Rp10.000 per pot.

Tanaman ini berdaun panjang dan umumnya tumbuh berkelompok. Ukurannya yang besar dan rimbun akan menjadi tempat persembunyian favorit untuk ikan.

Perawatan

Java Fern termasuk tanaman yang dapat survive dalam berbagai macam kondisi. Bahkan dengan pencahayaan yang minim sekalipun. Untuk temperatur air, tanaman ini akan menunjukkan pertumbuhan optimalnya pada suhu air 22 sampai 25 derajat celcius.

5. Anubias Nana (Anubias barteri var. nana)

tanaman aquascape untuk pemula

Dari  mulai aquascaper kelas kakap sampai kelas pemula umumnya menyukai tanaman ini. Daftar tanaman aquascape untuk pemula yang selanjutnya adalah Anubias Nana. Tanaman ini merupakan spesies dari genus Anubias. Anubias sendiri ada banyak jenis, dan hampir semua jenisnya menjadi favorit para aquascaper. Karena itulah, harganya menjadi mahal. *cry*

Sekilas tentang Anubias Nana

Tanaman anubias selalu menjadi primadona di kalangan aquascaper. Bagaimana tidak, wujud visual dari tanaman ini memang cantik bener. Ukurannya yang mini akan memberikan kesan lebih luas kepada aquarium kamu. Anubias Nana berukuran kecil, dan dapat tumbuh sampai 15 sentimeter.

Perawatan

Dari berbagai macam jenis anubias yang ada, salah satu yang paling mudah dalam hal perawatannya adalah Anubias ver. nana. Tanaman ini cocok ditempatkan di segala penjuru aquarium. Baik itu sebagai foreground, midground, maupun background.

Untuk temperatur air, tanaman ini akan tumbuh optimal pada suhu air sekitar 22 sampai 28 derajat celcius. Sementara itu untuk pencahayaannya, untuk dapat berfotosintesis, tanaman ini masih mentolerir intensitas cahaya yang rendah. Jadi cukup mudah dirawat sebagai tanaman aquascape untuk pemula.

4 Replies to “Tanaman Aquascape untuk Pemula dengan Perawatan yang Mudah”

Leave a Reply