Sejarah Bahasa Inggris dan Perkembangannya dari Dulu Hingga Sekarang

Sejarah bahasa Inggris bermula dengan kedatangan tiga suku Jermanik yang menginvasi daratan Britania sekitar abad kelima masehi. Ketiga suku tersebut, yaitu Angles, Saxons, dan Jutes, berlayar melalui laut utara dari daerah yang sekarang kita sebut sebagai Denmark dan Jerman Utara.

sejarah bahasa Inggris
Rute kedatangan Anglo, Saxon, dan Jutes. Copyright englishclub.com

Pada masa itu, penduduk Britania berbicara bahasa Keltik, tetapi kemudian hampir sebagian besar penutur bahasa Keltik –secara terpaksa– berpindah tempat ke bagian barat dan utara karena kedatangan tiga suku Jermanik tersebut.

Sebagian besar para penutur bahasa Keltik tersebut menempati daerah yang sekarang ini bernama Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Salah satu yang terbesar dari ketiga suku Jermanik tersebut, suku Angles, berasal dari daerah yang bernama Englaland, dan bahasa mereka disebut Englisc – dari situlah penamaan kata England dan English berasal.

Sejarah bahasa Inggris dimulai dari periode Old English (sekitar 450-1100 Masehi)

sejarah bahasa inggris
Teks puisi Beowulf yang ditulis menggunakan Old English. Ngerti nggak?

Suku-suku Jermanik yang datang menginvasi Britania berbicara dalam bahasa yang mirip, yang kemudian dalam perkembangannya di Britania, berkembang menjadi satu bahasa yang sekarang kita sebut sebagai Old English, atau Bahasa Inggris Kuno.

Bahasa Inggris Kuno itu tidak terdengar seperti bahasa Inggris yang biasa kita dengarkan sekarang. Bahkan penutur asli bahasa Inggris pun akan sangat kesulitan dalam memahami bahasa Inggris Kuno atau Old English ini.

Meski begitu, faktanya, hampir setengah dari kata-kata yang umum digunakan dalam bahasa Inggris sekarang ini memiliki root atau akar yang berasal dari bahasa Inggris Kuno. Kata ‘be’, ‘strong’, dan ‘water’, misalnya, diambil dari bahasa Inggris Kuno. Old English masih diucapkan sampai kira-kira tahun 1100 Masehi.

Kedatangan William the Conqueror, periode Middle English (1100-1500 Masehi)

sejarah bahasa inggris
Lukisan wajah Mas William the Conqueror

Pada tahun 1066, Raja William the Conqueror (William Sang Penakluk) bersama para pasukannya yang disebut The Normans (orang-orang Norman), datang dan menaklukkan England. Raja William adalah seorang bangsawan dari Normandy, atau daerah yang sekarang adalah bagian dari Perancis.

Para pendatang baru ini, selain menjajah dataran Inggris, juga memengaruhi sejarah bahasa Inggris dengan membawa bahasa asal mereka, yaitu bahasa Perancis.

Bahasa Perancis kemudian berkembang pesat di Inggris dan menjadi bahasa yang digunakan oleh kaum bangsawan dan masyarakat kelas atas. Pada masa itu, selama kurun beberapa waktu, dalam sejarah bahasa Inggris, sempat ada yang namanya linguistic class division, yaitu semacam aturan tidak tertulis yang mana mengharuskan masyarakat kelas bawah berbicara bahasa Inggris sementara masyarakat kelas atas berbicara menggunakan bahasa Perancis.

Namun, singkat cerita, pada abad ke-14 masehi, bahasa Inggris kembali mendominasi penggunaan bahasa di daratan Britania. Tentunya, setelah bahasa Perancis sempat mendominasi, bahasa Inggris kemudian banyak menyerap kata-kata dari bahasa Perancis.

sejarah bahasa inggris
Potongan teks The Canterbury Tales karya Geoffrey Chaucer yang ditulis menggunakan Middle English

Dari penyerapan kata-kata dan setelah megalami beberapa penyesuaian, terciptalah sebuah revormasi dalam sejarah bahasa Inggris, dan inilah yang kemudian disebut sebagai Middle English, atau bahasa Inggris Pertengahan.

Bahasa Inggris Pertengahan adalah bahasa yang digunakan oleh penyair besar Inggris, sang Bapak English Literature, Geoffery Chaucer (1340-1400), namun tetap saja bahasa tersebut masih sulit dipahami oleh penutur asli bahasa Inggris yang sekarang.

Periode Modern English, peralihan bahasa Inggris ke era modern

Periode ini terbagi menjadi dua, yaitu Early Modern English dan Late Modern English.

Early modern English (1500-1800)

sejarah bahasa inggris
Frasa “To be, or not to be” yang terkenal dalam naskah Hamlet karya Shakespeare, ditulis dalam Early Modern English

Pada akhir periode bahasa Inggris Pertengahan, ada yang namanya the Great Vowel Shift, yaitu masa di mana terjadinya perubahan besar-besaran dalam pengucapan huruf vokal. Huruf vokal dalam bahasa Inggris diucapkan semakin dan semakin pendek.

Semenjak abad ke-16 masehi, Britania (dan bahasa Inggris pada umumnya) telah bersinggungan dengan banyak orang dari seluruh dunia. (Seikit-banyak, hal itu memengaruhi juga)

sejarah bahasa inggris
Beberapa perubahan bunyi vokal semasa the Great Vowel Shift

Selain itu, juga ada yang namanya the Renaissance of Classical Learning, yang mana merupakan masa dimulainya metode pembelajaran klasik. Pada masa tersebut diyakini bahwa bahasa Inggris telah menerima banyak kosakata dan frasa baru.

Penemuan mesin cetak juga juga menandakan bahwa bahasa Inggris sudah merupakan bahasa yang umum digunakan dalam media cetak. Harga buku semakin murah, dan semakin banyak pula orang-orang yang belajar membaca.

Industri perkembangan percetakan juga membawa standardisasi baru dalam perkembangan sejarah bahasa Inggris. Ejaan dan grammar mulai dipatenkan, dan pada saat itu, dialek London, di mana banyak penerbit berdiri di kota tersebut, menjadi dialek standar dalam bahasa Inggris. Akhirnya, pada tahun 1604, kamus bahasa Inggris pertama diterbitkan.

Late modern English (1800-sekarang)

Perbedaan yang paling mendasar dari periode Early Modern English dan periode Late Modern English terdapat pada kekayaan kosakatanya. Pada periode Late Modern English, bahasa Inggris memiliki jumlah kosakata yang lebih kaya, sementara pada masa awal bahasa Inggris modern atau Early Modern English, bahasa Inggris memiliki jumlah kosakata yang lebih sedikit.

Perbedaan tersebut secara keseluruhan dipengaruhi oleh dua faktor: Pertama, masa revolusi industri dan teknologi menciptakan kebutuhan akan kosakata-kosakata baru; kedua, saat masa kejayaannya, Kerajaan Inggris menguasai seperempat dari negara-negara di dunia, dan oleh karenanya, bahasa Inggris menyerap banyak kosakata asing dari berbagai negara.

Penutup

Btw, saya punya referensi video yang menjelaskan secara lebih simpel mengenai sejarah bahasa Inggris. Kalau kamu masih penasaran, tonton aja deh video di bawah ini, di situ akan dijelaskan lebih detail dengan dilengkapi ilustrasi yang lucu dan nggak akan ngebosenin:

Leave a Reply