Rumus Rumus Dasar Pada Microsoft Excel

Rumus-Rumus Dasar Pada Microsoft Excel – Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Karena excel program pengolah angka, maka tidak heran jika excel mempunyai banyak rumus-rumus yang bisa digunakan untuk menunjang kinerja kita dalam mengolah angka di Microsoft excel.

Baca Juga : Kegunaan Microsoft word

Jika teman-teman ingin menjumlahkan sekumpulan data atau menghitung rata-rata atau juga mencari banyaknya data, teman-teman harus menggunakan rumus. Saking banyaknya rumus, tidak semua rumus kita gunakan dan hafalkan. Karena biasanya yang kita hafalkan adalah rumus-rumus dasar dan yang ada kaitannya dengan data-data yang kita buat.

Ada beberapa rumus-rumus dasar yang patut kita ketahui dan hafalkan. Tapi teman-teman tidak tahu atau lupa. Untuk itu disini, saya akan memberitahu dan mengingatkan rumus-rumus dasar pada Microsoft excel yang patut teman-teman ketahui dan hafalkan.

Sum

Rumus yang pertama adalah rumus SUM. SUM biasanya digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data yang teman-teman buat. Untuk menggunakan rumus ini, teman-teman bisa tuliskan =SUM(Number1, Number2, dst). Number1, Number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.

Average

Average biasanya digunakan untuk menghitung rata-rata sekumpulan data. Untuk menggunakan rumus ini teman-teman bisa tuliskan =AVERAGE(Number1, Number2, dst). Number1, Number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.

Max

Rumus selanjutnya adalah MAX. MAX fungsinya adalah untuk mengetahui nilai maksimal dari sekumpulan data. Untuk menggunakan rumus ini tuliskan =MAX(Number1, Number2, dst). Number1, Number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai paling tinggi atau nilai maksimalnya.

Min

Rumus MIN adalah kebalikan dari rumus MAX. Bila rumus MAX mencari nilai maksimal maka rumus MIN mencari nilai minimalnya. Untuk menggunakan rumus ini teman-teman bisa ketikan =MIN(Number1, Number2, dst). Number1, Number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai paling rendah atau nilai minimalnya.

Count

Count adalah rumus untuk menghitung jumlah data pada sekumpulan data. Jika teman-teman ingin mengetahui jumlah data dari sekumpulan data, maka caranya adalah dengan mengetikan =COUNT(Number1, Number2, dst). Untuk Number1, Number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dihitung jumlah data tersebut.

Date

DATE adalah rumus yang berfungsi untuk memasukan tanggal, bulan, tahun. Untuk menggunakan rumus ini, ketikan =DATE(Year,Month,Day).Year, Month, Day diisi dengan tanggal, bulan dan tahun yang ingin diisikan.

Month

Rumus ini berfungsi untuk mengambil bulan pada sel yang berisi tanggal, bulan dan tahun. Untuk menggunakan rumus ini, teman-teman bisa ketikan =MONTH(sel). Sel yang dimaksud adalah sel yang berisi tanggal, bulan dan tahun yang hanya akan diambil bulannya saja.

Day

Sama halnya dengan MONTH. Rumus ini berfungsi untuk mengambil hari yang ada pada sel yang berisi tanggal, bulan dan tahun. Untuk menggunakan rumus ini caranya adalah masukan =DAY(sel).

Year

Untuk rumus YEAR pun sama seperti rumus MONTH dan DAY yaitu mengambil tahun pada sel yang berisi tanggal, bulan dan tahun. Rumusnya adalah =YEAR(sel).

If

Rumus IF adalah rumus logika yang digunakan untuk melakukan uji perbandingan misalkan, Benar Salah, Lulus Gagal dan lain sebagainya. Untuk menggunakan rumus ini biasanya kita menggunakan tanda perbandingan seperti =, >, <, dan yang lainnya. Karena rumus ini Panjang, maka jarang orang yang bisa menggunakan rumus ini. Sebenarnya ini adalah rumus dasar yang harus teman-teman kuasai. Untuk menggunakan rumus ini adalah (misalkan saya akan menggunakan perbandingan Lulus dan Gagal) =IF(sel>data;”Lulus”;”Gagal”). Sel disini adalah sel yang berisi data yang akan dibandingkan. Tanda > adalah untuk membandingkan data pada sel lebih besar dari data yang ditentukan. Data adalah penentuan data yang akan dibandingkan dengan data yang ada di sel. Lulus dan Gagal adalah keterangan yang akan muncul pada data yang dibandingkan bila sesuai dengan data yang ditentukan.

Akhir Kata

Itulah beberapa rumus-rumus dasar pada Microsoft excel. Sebenarnya masih banyak lagi, rumus-rumus dasar, untuk mengetahui rumus dasar yang lebih lengkapnya lagi bisa kunjungi situs gurukece.com.  Semoga bermanfaat dan tunggu artikel-artikel selanjutnya. Bye..

Leave a Reply