Rumah Minimalis, Tren Hunian Masa Kini yang Kian Digemari

3 min read

Rumah minimalis dalam beberapa tahun belakangan ini telah menjadi tren desain rumah modern yang semakin digemari banyak orang. Tak mengherankan memang, karena gaya arsitektur rumah minimalis dapat diaplikasikan bahkan dengan lahan yang terbatas. Gaya desain ini seolah menjawab persoalan banyak orang yang memiliki lahan terbatas, terutama di kota-kota besar.

Seiring perkembangan gaya rumah minimalis di Indonesia, kini banyak pula developer bangunan ataupun pengembang perumahan yang mengaplikasikan gaya minimalis di dalam desain bangunan mereka.

Di samping itu, banyak juga pengembang properti yang menjual rumah minimalis dengan harga yang terjangkau, sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang tergiur untuk memiliki rumah dengan gaya arsitektur ini.

Gaya rumah minimalis bukan hanya gaya arsitektur bangunan, melainkan juga gaya hidup

rumah minimalis

Namun, dari sekian banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki rumah bergaya minimalis tersebut, tidak banyak dari mereka yang menerapkan gaya hidup yang ‘sesuai’ dengan gaya arsitektur rumah mereka; yaitu gaya hidup yang ‘minimalis’ pula.

Apa itu gaya hidup yang minimalis?

rumah minimalis

Pada awalnya, gaya rumah minimalis memang terinspirasi dari gaya hidup ‘minimalis’ yang berasal dari Jepang, yaitu Zen. Orang yang memperkenalkan gaya asitektur ini adalah John Pawson, seorang arsitek asal Inggris yang telah lama menetap di Jepang.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan, mungkin beberapa dari kamu mungkin sudah sering mendengar istilah tersebut. Ya, gaya hidup Zen memfokuskan diri dengan kesederhanaan, keselarasan lingkungan, ketenangan pikiran, kesehatan tubuh, dan keseimbangan alam.

Prinsip hidup tersebutlah yang pada akhirnya juga berimbas terhadap gaya bangunan yang mereka gunakan. Gaya hidup Zen beranggapan apabila perabotan atau benda-benda di sekitar kita semakin sedikit, akan semakin tenang pula kehidupan seseorang. Hal itulah yang memengaruhi gaya rumah minimalis yang mengedepankan gaya yang simpel dan harmonis.

Penerapan gaya hidup minimalis ke dalam desain bangunan

rumah minimalis

Berawal dari prinsip gaya hidup Zen yang kemudian diterapkan ke dalam desain bangunan, akhirnya banyak orang yang terinspirasi akan gaya bangunan ini. Selain karena desain rumah minimalis dapat mengoptimalkan penggunaan lahan, mereka juga berpendapat gaya rumah minimalis lebih membawa ketenangan.

Mengapa bisa begitu?

rumah minimalis

Karena tujuan dari prinsip gaya hidup Zen yang mengedepankan aspek kedamaian dan ketenangan batin dari penghuninya, maka dalam mendesain rumah minimalis pun juga (sebenarnya) memiliki aturan-aturan tertentu agar dapat selaras.

Banyak sekali pemilik rumah minimalis di Indonesia yang hanya mementingkan sisi tampilannya saja, namun kurang memerhatikan kaidah-kaidah dalam mendesain rumahnya. Hal tersebut sebetulnya sah-sah saja, namun bagi para arsitek, akan lebih baik jika mendesain rumah minimalis sesuai dengan kaidah gaya hidup di mana gaya arsitektur ini berasal.

Ciri-ciri rumah minimalis dan modern

rumah minimalis

Di era sekarang ini di mana para pengembang properti semakin gencar memasarkan produk mereka, seringkali masyarakat–terlebih mereka yang awam–tidak dapat membedakan antara desain rumah modern dan desain rumah minimalis.

Pengembang bisnis properti kemudian banyak yang latah (ikut-ikutan) tren demi menjaring lebih banyak konsumen dengan membuat hunian bergaya minimalis dan kemudian menggembor-gemborkan dengan tagline hunian modern, dan juga sebaliknya.

Untuk mengurangi kesalahpahaman yang terjadi di kalangan masyarakat itu, maka penting untuk mengetahui karakteristik dari masing-masing gaya arsitektur tersebut. Sekilas memang tampak sama. Sama-sama menimbulkan kesan bersih, luas, dan canggih. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Karakteristik rumah bergaya modern

rumah minimalis

Rumah dengan arsitektur bergaya modern jika dirunut dari sejarahnya telah ada di Indonesia sejak tahun 1920-an, tepatnya di daerah Bandung. Ciri-ciri bangunan modern adalah bentuknya yang kotak dan terdapat pemanfaatan elemen-elemen alam ke dalam bangunan seperti batu alam dan kayu.

Karakteristik rumah bergaya minimalis

rumah minimalis

Sementara arsitektur rumah minimalis memiliki karakteristik yang tegas, kosong, minim ornamen, dan lebih mengedepankan fungsi daripada estetika. Dalam prinsip rumah minimalis, semua bermula dari logika, dan setiap benda haruslah memiliki fungsi.

Interior rumah minimalis

rumah minimalis

Bahkan, terkadang di dalam rumah berdesain minimalis tidak memerlukan ornamen-ornamen seperti gagang pintu, sekat-sekat ruangan, hiasan dinding, dan hal lainnya yang tidak terlalu penting. Lampu, misalnya, di dalam rumah minimalis, pengunaan lampu diminimalisir dan disembunyikan, sebab yang dibutuhkan adalah cahanya, bukan bentuk lampunya.

Elemen lain yang menjadi perhatian dalam prinsip rumah minimalis adalah, bentuk jendela yang lebar, penggunaan bidang datar yang lebar, terdapat garis-garis aksen serta sudut yang tegas, taman minimalis, serta penggunaan warna yang monokrom.

Untuk membuat taman minimalis, bisa menggunakan tanaman hias indoor sebagai vegetasi utama di atasnya, atau bisa juga dengan memberi sentuhan karpet dari rerumputan. Bisa menggunakan rumput hidup maupun rumput sintetis. Kini sudah banyak toko dekorasi yang menjual rumput hidup dan juga jual rumput sintetis.

Penerapan prinsip gaya hidup minimalis ke dalam bangunan juga dibuktikan dengan memaksimalkan konsep keterbukaan yang diterapkan pada ruang terbuka, dan juga penggunaan kaca sebagai sekat karena karakteristiknya yang ada tapi tak terlihat.

Baca juga: Cara Praktis Mendekorasi Kamar Agar Lebih Cantik

Eksterior rumah minimalis

rumah minimalis

Dari segi eksterior, rumah bergaya minimalis memiliki ciri-ciri yang khas sekali. Di antaranya, penggunaan atap pada desain rumah minimalis cenderung datar, atau miring tapi agak landai. Memiliki bukaan yang lebar dan tak lupa juga garis-garis horizontal maupun vertikal yang sangat tegas.

Bagaimana dengan taman? Tenang, bukan tidak mungkin sebuah rumah dengan desain minimalis tidak memiliki taman di dalamnya. Meski rumah bergaya minimalis cenderung ‘kaku’ dan sangat minim ornamen, namun taman juga merupakan hal yang esensial.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah komposisi (penempatan) tanaman di dalam taman itu sendiri, usahakan selaras dengan desain rumah. Jangan terlalu banyak menggunakan tanaman besar, karena tanaman besar hanya digunakan sebagai vocal point saja. Sebaliknya, tanaman kecil dapat ditempatkan sebagai tanaman indoor.

Contoh rumah bergaya minimalis

Setelah panjang lebar kita membahas mengenai asal-usul, perkembangan dan ciri-ciri rumah bergaya minimalis, kali ini mari kita lihat secara langsung contoh-contoh bangunan bergaya minimalis di Indonesia maupun di Dunia, serta pengaplikasian gaya tersebut dalam iksterior maupun interior rumah.

Contoh bangunan minimalis di luar negeri

rumah minimalis

rumah minimalis

rumah minimalis

rumah minimalis

rumah minimalis

rumah minimalis

rumah minimalis

Contoh bangunan bergaya minimalis di Indonesia

rumah minimalis

rumah minimalis

rumah minimalis

rumah minimalis

rumah minimalis

rumah minimalis

Penutup

Gaya hidup minimalis yang berasal dari aliran Zen di Jepang kini semakin banyak diikuti masyarakat, terutama masyarakat Jepang sendiri.

Baca: Hidup Minimalis ala Orang Jepang

Gaya hidup yang dilandaskan pada prinsip less is more tersebut mulai banyak dilirik karena ternyata sangat banyak manfaat yang dapat diambil dari penerapan gaya hidup minimalis tersebut. Banyak yang merasakan perubahan dalam hidupnya seperti berkurangnya beban pikiran, serta berkurangnya pengeluaran belanja. Dengan pikiran yang lebih fokus, masalah akan lebih cepat selesai dan kekusutan hidup akan berkurang.

Hal tersebutlah yang sebenarnya ingin disampaikan di dalam desain rumah minimalis ini. Bukan hanya sekadar desain arsitektur bangunan semata, melainkan juga membawa pengaruh positif terhadap gaya hidup penghuninya, sehingga sang penghuni akan merasakan rumah yang betul-betul ‘rumah’, di mana di dalamnya membawa ketenangan dan kenyamanan setelah seharian beraktifitas di luar.

Semoga bermanfaat!

One Reply to “Rumah Minimalis, Tren Hunian Masa Kini yang Kian Digemari”

  1. Rumah minimal rumah idamanku gan. Udah kebelet kepengen punya rumah minimalis sendiri yang bisa ditinggali bareng istri dan anak-anak.

    Nice infonya, aku tunggu update selanjutnya 🙂

Leave a Reply