Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Perbedaan kopi arabika dan robusta – Dalam beberapa kurun waktu belakangan ini, tak dapat dipungkiri bahwa popularitas kopi semakin memuncak. Hal ini bisa kita buktikan dengan semakin menjamurnya kedai-kedai kopi, tidak hanya di kota-kota besar saja, tapi juga dapat dengan mudah kita temui di daerah.

Ini menunjukkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kopi. Selain itu, munculnya banyak kedai kopi dalam waktu yang bersamaan ini juga mengindikasikan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia. Kalau dahulu minum kopi sachetan di warkop, kini berpindah kepada kopi racikan, dan tempatnya pun berpindah ke kedai kopi.

Harga kopi racikan yang jauh lebih mahal ketimbang kopi sachetan pun tak jadi persoalan, yang penting bisa menikmati nongkrong asik dan foto-foto lalu diupload ke media sosial.

Bagi mereka yang masih awam soal kopi, mungkin akan sedikit kebingungan ketika akan memesan menu kopi. Apa itu arabika? Apa itu robusta? Apa itu latte? Apa itu cappuccino? Apa bedanya dengan espresso dan macchiato? Dan sebagainya.

Sebetulnya, itu semua adalah jenis-jenis racikan kopi. Sementara arabika dan robusta merupakan jenis dari biji kopi itu sendiri. Nah, mari kita bahas lebih lanjut apa saja perbedaan kopi arabika dan robusta.

1 – Perbedaan kopi arabika dan robusta

perbedaan kopi robusta dan arabika

Di dalam dunia perkopian, terdapat banyak jenis biji kopi, di antaranya adalah arabika, robusta, excelsa, dan liberika. Namun dari keempat jenis biji kopi tersebut, varietas kopi arabika dan robusta adalah yang paling banyak diproduksi di dunia.

Faktanya adalah, hampir 70% kopi yang diproduksi di dunia adalah kopi jenis arabika, dan sisanya adalah robusta dan yang lainnya. Perbedaan antara keduanya meliputi rasa, bentuk, tempat tumbuh, dan tentunya harga.

2 – Perbedaan Rasa Kopi Arabika dan Robusta

perbedaan rasa arabika vs robusta

Inilah yang menjadi pertimbangan nomor satu mengapa masyarakat lebih menyukai kopi arabika ketimbang kopi robusta. Ya, karena memang rasa keduanya berbeda.

Kopi Arabika

Dari segi rasa, kopi arabika cenderung lebih ‘nendang’ dibanding robusta. Memang, kadar kepahitannya sedikit lebih rendah. Namun kopi arabika memiliki rasa rempah yang lebih kuat dan juga aroma yang lebih wangi. Kadar keasamannya pun juga lebih tinggi.

Kopi Robusta

Sementara itu, kopi robusta rasanya lebih pahit dibanding kopi arabika. Dari segi aroma pun, kopi robusta tidak seharum dan menggoda seperti kopi arabika. Namun kadar gula yang dikandung kopi robusta masih lebih rendah dibanding arabika.

Inilah yang menjadikan kopi robusta masih digandrungi oleh sebagian orang, terutama mereka yang menyukai cita rasa yang lebih pahit dan kental, dan juga less sugar.

[irp posts=”1239″ name=”Jus Untuk Diet Alami, Penunjang Diet Sehat dan Tanpa Efek Samping”]

3 – Perbedaan Bentuk Biji Kopi Arabika dan Robusta

perbedaan biji kopi arabika dan robusta

Perbedaan kopi arabika dan robusta tidak cuma bisa dirasakan, tapi juga bisa dibedakan dengan mata telanjang. Secara fisik, bentuk biji kopi arabika lebih besar dan lonjong memanjang, sementara biji kopi robusta lebih pendek dan bulat. Lihat perbedaannya pada gambar.

4 – Perbedaan Kandungan Kafein Kopi Arabika dan Robusta

perbandingan kafein arabika dan robusta

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa kopi robusta cenderung lebih pahit dibandingkan dengan kopi arabika. Nah di sinilah penyebabnya, karena kandungan kadar kafein kopi robusta lebih tinggi ketimbang kopi arabika.

Kopi arabika memiliki kadar kafein 1,2%, sementara itu kopi robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi, yaitu 2,2%.

5 – Perbedaan Tinggi Pohon dan Tempat Tumbuhnya

cara budidaya kopi arabika dan robusta

Perbedaan lain yang dapat dilihat selain dari bentuk biji, juga dari tinggi pohonnya. Pohon kopi arabika lebih rendah, hanya 2-4 meter, sementara pohon kopi robusta dapat tumbuh lebih tinggi, 4 sampai 6 meter.

Dari tempat tumbuhnya, pohon kopi arabika umumnya lebih optimal jika ditanam di dataran tinggi, sekitar 700-1700 mdpl dengan kisaran suhu 16-20°C. Sementara itu, kopi robusta dapat tumbuh di dataran rendah, sekitar 400-700 mdpl dengan suhu sekitar 21-24°C.

6 – Daya Tahan Tumbuhan

perbedaan kopi arabika dan torabika

Dari segi ketahanan tanaman, pohon kopi arabika umumnya lebih mudah terserang hama dan penyakit karena rasa buahnya lebih manis dan aromanya lebih wangi. Berbeda dengan pohon kopi robusta yang lebih tahan banting, karena mengandung Chlorogrnic acid, yang menyebabkan rasanya lebih pahit.

7 – Negara Penghasil Kopi Robusta dan Arabika

persebaran kopi arabika dan robusta

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, hampir 70% kopi yang diproduksi di dunia adalah jenis arabika. Dari 70% produksi kopi arabika di dunia tersebut dihasilkan di negara-negara Amerika Latin seperti Brazil, Meksiko, Kolumbia, Peru, dan lain-lain.

Sementara kopi robusta kebanyakan diproduksi di negara belahan bumi timur seperti Indonesia, Vietnam, India. Selain itu, Brazil juga memproduksi jenis kopi robusta.

[irp posts=”1348″ name=”14 Peluang Usaha Sampingan dengan Modal Kecil tapi Untung Jutaan!”]

8 – Perbedaan Harga Kopi Arabika dan Robusta

gambar biji kopi

Banyak sekali faktor yang memengaruhi harga di antara keduanya, mulai dari kualitas biji kopi, pengepakan, proses pengolahan, distribusi, dan sebagainya. Secara umum, biasanya kopi arabika memiliki harga yang lebih tinggi dibanding kopi robusta.

Hal ini dipengaruhi oleh perawatannya yang lebih sulit, karena kopi arabika ditanam di tempat yang lebih tinggi serta lebih mudah terserang hama.

Meski begitu, bukan berarti kopi robusta selalu lebih murah. Kopi robusta dengan kualitas yang super bahkan memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibanding kopi arabika.

Begitupun kopi arabika, meski menguasai 70% pasar kopi di dunia, kopi arabika tidak semuanya berkualitas baik. Kopi arabika dengan harga yang murah tentu berbeda kualitasnya dibanding kopi robusta dengan harga mahal.

Itulah sekilas perbedaan kopi arabika dan robusta. Sebenarnya, masih banyak jenis kopi lain, kopi robusta dan arabika pun masih banyak jenis-jenisnya. Jadi, yang mana kopi favoritmu?

Bagikan:

Leave a Reply