Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

Kini ada dua jenis kamera yang paling diminati dipasaran, yaitu kamera DSLR dan Mirrorless. Tentunya kedua kamera ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Bagi kamu yang sedang bingung mau beli kamera mirrorles atau DSLR, tidak perlu khawatir. Berikut ini kami jelaskan perbedaan antara kamera DSLR dan mirrorless.

6 Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

1. Keberadaan cermin

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) merupakan jenis kamera yang menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya dari lensa ke jendela bidik (viewfinder). Sehingga penggunanya akan melihat persis apa yang dilihat kamera secara optikal.

Sedangkan kamera mirrorless itu tidak memiliki cermin. Karena kamera ini membuat gambar atau cahaya dari lensa lansung menuju sensor, sama seperti kamera pocket atau smartphone.

Lensa pada kamera mirrorless juga dapat dilepas dan diganti seperti DSLR.

2. Varian Lensa

Varian lensa Kamera DSLR lebih banyak dibanding kamera mirrorless. Kamera DSLR dapat dihubungkan dengan beragam jenis lensa, seperti dari lensa fish eye, tele, wide angle, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk mirrorless, beberapa produsen memang sudah banyak yang memproduksi lensa dengan berbagai varian. Namun jumlahnya tidak sebanyak DSLR.

3. Viewfinder

Viewfinder pada kamera DSLR disebut sebagai Optical Viewfinder (OVF). Keunggulan dari OVF ini adalah kamu bisa melihat gambar langsung secara optikal, sehingga lebih jernih, dan responsif.

Sedangkan pada kamera Mirrorless, kamu hanya bisa melihat preview gambar melalui layar LCD atau Electronic Viewfinder (EVF).

Namun jika melihat LCD pada siang hari, terkadang gambar yang ditampilkan akan sulit terlihat. Karena adanya pantulan sinar matahari.

Keunggulan dari EVF yaitu preview gambar akan sama seperti hasil jepretan yang akan disimpan.

4. Auto Fokus

Kamera DSLR menggunakan yang mekanisme cermin, memungkinkan proses auto fokusnya lebih cepat dibanding kamera mirrorless.

Namun kamera mirrorless saat ini juga sudah ada yang dilengkapi dengan kemampuan auto fokus yang lebih cepat. Sehingga harganya jauh lebih mahal.

5. Ukuran dan Berat

Perbedaan yang paling mencolok dari kedua kamera ini adalah ukuran dan beratnya. Keberadaan cermin dan mekanisme shutter kamera DSLR membuatnya jauh lebih besar dan berat.

Sedangkan, kamera mirrorless yang tidak membutuhkan cermin memiliki ukuran yang lebih kecil, ringan dan sederhana. Sehingga mirrorless lebih nyaman untuk dibawa.

6. Daya Tahan Baterai

Ukuran body yang lebih besar, memungkinkan kamera DSLR dapat menampung baterai yang berkapasitas besar pula. Kamu bahkan bisa memotret seharian tanpa harus takut kehabisan baterai.

Sedangkan konsumsi baterai kamera Mirrorless jauh lebih boros. Hal ini karena desain body-nya yang ramping sehingga kapasitas baterainya juga lebih kecil.

Nah demikianlah kira-kira beberapa perbedaan antara kamera mirrorless dan DSLR. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di teknikece.

Leave a Reply