Tips Mengatasi Masalah Kesehatan Kulit Serta Pencegahannya

Kulit merupakan bagian terbesar tubuh manusia yang menutupi seluruh organ tubuh. Penyakit kulit ini membuat penderitanya tidak nyaman karena rasa gatal dan akibat lain yang menurunkan tingkat percaya diri penderita.

Beberapa jenis penyakit kulit bisa disembuhkan dengan cara yang sederhana. Karena itu, penting bagi kita mengetahui informasi penyakit kulit ini serta cara mengatasi dan cara mencegahnya.

Penyakit kulit banyak ditimbulkan dari kesalahan penderita sendiri, misalnya kesehatan kurang memperhatikan kebersihan kulit dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Terdapat beberapa macam penyakit kulit yang sering ditemui. Beberapa di antaranya akan diulas beserta cara mengatasinya agar sembuh dan tidak muncul kembali.

Cara Mengobati Panu Secara Efektif

penyakit kulit

Panu adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Penyakit panu ini tampak rona putih dan terasa gatal, bisa dihilangkan dengan obat-obat salep. Selain itu pengobatan alami juga bisa menyembuhkan panu.

Solusi untuk menghilangkan panu dengan obat alami adalah sebagai berikut:

Ambil lengkuas muda lalu dihaluskan, kemudian usapkan pada tubuh yang terkena panu. Dan bisa juga digosok-gosokkan langsung pada permukaan daerah yang terkena panu.

Cara Mengobati Kudis dengan Mudah

Kudis atau Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei yang ditandai dengan munculnya keropeng, kebotakan, dan rasa gatal akibat bakteri pada kulit.

Kudis dapat diobati dengan salep kulit yang dijual bebas di apotik dan obat herbal.

Kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan harus dijaga sebaik mungkin untuk menghindari penyakit ini.

Cara Mengobati Penyakit Kulit Eksim

cara mengobati scabies, gudik. kudis

Eksim atau dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan terbentuknya lepuh atau gelembung kecil pada kulit hingga akhirnya pecah mengeluarkan cairan.

Gejala utama dari eksim ringan adalah kulit memerah kering, bersisik, dan dapat menimbulkan gatal serta biasanya dijumpai pada kaki atau lengan.

Pada penderita eksim akut kulit akan mengalami gatal yang intensdan biasanya terjadi di bagian depan siku, belakang lutut, atau pada wajah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam pengobatannya. Misalnya salap dan krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison yang dapat mengurangi inflamasi atau peradangan.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

cara mengobati jerawat secara alami

Pada umumnya masalah jerawat pernah muncul disetiap individu. Jerawat sangat mudah sekali muncul pada permukaan kulit yang kotor dan berminyak. Jerawat ini merupakan suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga timbul kantung nanah yang meradang.

Jerawat umumnya ada dua macam, yaitu:

1. Jerawat Biasa

Jerwat biasa sangat sering ditemukan pada area kulit yang berminyak. Jerawat biasa terlihat kemerah-merahan, kecil dan dipicu oleh kelebihan minyak pada kulit, stres dan masalah hormon.

2. Jerawat Batu

Jerawat batu jika muncul di wajah dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Faktor yang membuat timbulnya jerawat batu adalah kelenjar minyak terlalu aktif dan cenderung membanjir mengisi pori-pori kulit, dan pertumbuhan sel-sel kulit yang terlalu lambat di bawah normal, sehingga akan mengakibatkan sel kulit tidak bergenerasi secepat kulit yang normal.

Penyebab lainnya yaitu kulit terlalu sensitif, sehingga jika ada sesuatu yang asing pada kulit langsung menimbulkan jerawat.

Cara Mengatasi Komedo di Hidung

mengatasi komedo di hidung

Komedo adalah pori-pori wajah yang tersumbat, bisa membuka atau menutup. Jerawat ini banyak sekali ditemukan di hidung. Komedo disebabkan sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak berlebihan pada permukaan kulit.

Bila tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala, maka sel-sel kulit mati menumpuk di kulit dan menimbulkan komedo.

Cara mengatasi komedo ini adalah dengan memberikan krim jerawat, masker jerawat atau menggunakan bahan alami seperti membersihkan dengan lemon, lidahbuaya, putih telur dan masker madu dan pepaya.

Cara Pencegahan penyakit kulit

Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyakit kulit. Di sini, kami himpun menjadi 6 tips sederhana. Apa saja keenam tips tersebut?

1. Mandi 2 kali dalam sehari menggunakan sabun dan shampo

Dengan mandi minimal 2 kali dalam sehari, kulit akan senantiasa sehat terbebas dari bibit penyakit kulit.

2. Ganti pakaian setiap hari

Kebersihan adalah hal yang paling penting dalam mencegah penyakit kulit. Pakaian lembab dan kotor menyebabkan jamur dan panu.

3. Jangan berada di bawah sinar matahari terlalu lama ketika siang hari

Ketika panas matahari menerpa kulit di pagi hari, sinarnya bermanfaat buat kesehatan kita. Namun ketika mulai jam 09.00 hingga sore hari panasnya tidak baik untuk kulit.

Sebaliknya malah membahayakan dan menimbulkan penyakit kulit. Cegah penyakit ini dengan menggunakan penutup seperti topi, pakaian panjang dan lotion anti UV.

4. Hindari menggaruk kulit terlalu keras

Jika menggaruk terlalu keras ketika gatal, maka dikhawatirkan terjadi iritasi. Atasi rasa gatal dengan memberikan minyak anti gatal seperti kayu putih.

5. Menjaga kebersihan rumah

Apabila rumah rutin dibersihkan, apalagi menggunakan disinfektan maka kuman dan bakteri penyebab penyakit kulit akan hilang.

6. Mencegah masuknya hewan liar yang kotor dari luar rumah

Penyakit kulit diatas sebenarnya bisa dicegah sebelum menimbulkan penyakit yang serius. Gaya hidup bersih dan sehat amat mendukung kesehatan kulit yang bebas dari bibit penyakit.

Tapi bila penyakit telah terjangkit maka segeralah mengatasinya agar hidup sehat dengan kulit bersih.

Leave a Reply