Peluang Usaha Sampingan

Semakin hari, semakin banyak yang terinspirasi untuk memulai usahanya, baik tua maupun muda. Berbagai macam cara pun dilakukan; berhutang kepada orangtua, kerja serabutan mengumpulkan modal, bahkan sampai menjual atau menggadaikan BPKB kendaraan dan barang berharga.

Kata Walter B. Pitkin dalam bukunya, life begins at 40. Maksudnya, kebanyakan pekerja dikatakan mulai dapat menikmati kehidupannya ketika memasuki usia 40 tahun.

Apakah kamu setuju dengan pernyataan ini? Kini, semua orang bisa sukses kapan saja, bahkan di usia yang masih sangat muda. Peluang usaha sampingan sudah banyak tersedia di mana-mana.

Kuncinya sederhana, jangan pernah ragu untuk menjalankan sebuah bisnis. Pertanyaannya, apakah bisa seseorang yang masih muda, tanpa modal, dan pengalaman bisa jadi entrepreneur sukses?

Jawabannya, tentu bisa! Bagi kamu yang ingin memetik keberhasilan di usia muda, berikut adalah 14 ide usaha modal kecil, tapi untungnya jutaan!

1. Fotografer

Ide usaha sampingan
Fotografer adalah profesi yang keren. (via @GerardoCosta)

Maraknya media sosial yang mengedepankan hal-hal visual seperti foto dan video harus kamu manfaatkan, nih. Ini peluang usaha sampingan yang sangat menarik. Terlebih bagi kamu yang hobi fotografi.

Asah terus skill fotografimu, karena yakinlah jasamu pasti akan banyak terpakai.

Cukup dengan bermodalkan kamera DSLR atau kamera mirrorless yang harganya cukup terjangkau saat ini, kamu sudah bisa meraih uang tambahan yang lumayan dari hasil memotret.

Jasa fotografer kini tidak hanya untuk acara-acara formal seperti pernikahan, ulang tahun dan sejenisnya, lho. Acara lain yang sifatnya bisa dipamerkan di media sosial juga akan membutuhkan jasa seorang fotografer.

2. Jual Barang Secondhand

Jual barang bekas untuk ide usaha sampingan
Jangan buang barang bekasmu, buka garage sale saja! (via: happychildrenhappyworld.org)

Daripada menyimpan barang-barangmu yang sudah tidak terpakai, lebih baik kamu uangkan. Selain dapat memberi ruang kosong yang lebih pada rumahmu, kamu juga bisa mendapat uang yang jumlahnya lumayan, lho.

Tak punya barang bekas yang layak jual? Tidak masalah, kamu bisa mencari di tempat-tempat penjualan barang bekas di daerahmu dengan harga yang murah untuk dijual kembali dengan harga yang bersaing. Tentunya dengan perbaikan yang cukup, ya.

Manfaatkan juga media sosial untuk berjualan seperti facebook dan instagram. Atau gunakan cara klasik dengan membuka garage sale di rumah atau bisa juga di spot-spot tertentu di area car free day daerahmu. Just be creative!

3. Driver Transportasi Online

Saat ini, transportasi online sangat dibutuhkan di kota-kota besar
Menjadi driver transportasi online untuk pendapatan tambahanan? Kenapa tidak? (via: google image)

Punya mobil atau motor yang bisa diandalkan? Jangan anggurkan mobilmu, jadikan mobilmu aset untuk menambah pundi-pundi rupiah. Caranya? Gabung saja ke perusahaan transportasi berbasis online. Saat ini, peluang usaha sampingan tersebut terbukti sangat menggiurkan.

Selain mudah karena bisa dipesan lewat aplikasi smartphone, transportasi online juga memberikan kenyamanan bagi para penumpang. Syaratnya, tentu kamu harus memiliki surat izin mengemudi, dong.

4. Membangun Online Shop

Bisnis sampingan online
Di samping berjualan offline, bisnis sampingan secara online juga akan membuat grafik penjualanmu meningkat tajam! (via: wix.com)

Usaha yang dibarengi dengan online shop selalu memiliki celah untuk berhasil. Siapa sih yang tidak suka belanja tanpa perlu panas-panasan dan terjebak macet di jalan? Peluang inilah yang sangat dimanfaatkan oleh mereka yang memasarkan produknya secara online.

Sistemnya yang bersifat mobile, membuatmu bisa menjalankan bisnis ini kapan saja dan di mana saja. Cukup beberapa kali sentuh layar di smartphone, bisnismu bisa berjalan dengan baik.

Apalagi jika ditambah dengan skill SEO, pastinya akan membuat toko online kamu semakin melesat. Namun bagi kamu yang tidak memiliki skill SEO, ada banyak kursus SEO pemula yang bisa kamu ikuti.

5. Membuka Jasa Laundry

usaha sampingan laundry
Di wilayah kampus, usaha laundry sangat menjanjikan. (via: sinuessamac.com)

Ini jenis usaha lainnya yang bisa kamu lakukan di rumah, di mana kamu hanya perlu ekstra hati-hati dalam mengurus cucian yang dilaundry di tempatmu. Karena pakaian tersebut adalah pakaian milik orang lain, oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menggunakan mesin cuci yang benar.

Untuk bisa memulai usaha laundry, kamu tidak harus membeli mesin cuci yang baru, kok. Cukup manfaatkan mesin cuci yang ada, dan lakukan promosi di sekitar tempat tinggal.

Misalnya, kamu juga bisa membuat sebuah banner di depan rumah tentang usaha laundry-mu. Tambahi sedikit promo yang menarik agar orang di sekitarmu bisa mengetahui usaha yang sedang kamu jalani tersebut.

Meski tergolong pekerjaan yang cukup mudah, namun pekerjaan ini butuh ketelitian ekstra. Kamu harus bisa menjamin kebersihan setiap pakaian, dan yang tak kalah penting adalah, kamu harus menjaga pakaian-pakaian tersebut agar tidak tertukar antara satu dengan yang lainnya.

6. Menjadi Supplier Sayuran untuk Restoran

supplier sayuran sebagai usaha sampingan
Pernahkah terpikirkan olehmu untuk nge-drop sayuran ke restoran-restoran? via: farmersmarketla.com)

Kalau ditanya, usaha dropping atau mensuplai sayuran ke restoran ini memang gampang-gampang susah, sih. Terlebih jika restoran tersebut adalah restoran yang sudah cukup punya nama.

Gampangnya, hanya dengan modal proposal dan keberanian, kamu sudah bisa menemui pemilik restoran atau rumah makan yang akan kamu doktrin untuk nantinya membeli sayuran di tempatmu.

Dan susahnya, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, yaitu kalau semua restoran sudah punya langganan supplier sayuran dan enggan mau berpindah hati.

Wah, terus gimana, dong? Well, cobalah pelan-pelan, alusin terus, gan. Namanya juga melamar, pasti butuh beberapa kali usaha. Buktikan bahwa sayuranmu memiliki banyak keunggulan, sayuran lebih segar dengan harga yang lebih murah, misalnya.

7. Menjadi Dropshipper Produk Online

bisnis sampingan menjadi reseller produk online
Mau bisnis tapi tidak punya produk? Jadi dropshipper saja! (via: google image)

Ide usaha pertama tanpa harus keluar modal satu sen pun adalah menjadi seorang dropshipper di toko online. Kini, banyak penjual online yang membuka peluang bagi siapapun untuk menjadi dropshipper produk mereka.

Cara kerjanya sederhana, yaitu dengan memasarkan dan menjual produk mereka tanpa kita harus membelinya terlebih dahulu. Pemesanan kemudian diteruskan ke pemilik usaha, sedangkan pemilik lapak mendapatkan komisi dari penjualannya.

Memang tampaknya mudah, tapi tantangan terberat ada di awal usaha, yaitu saat mencari pabrikan yang mau menggunakan sistem dropship.

Nah, begitu mendapatkan kepercayaan, semuanya akan lebih mudah untuk dilalui. Bisnis ini juga sangat minim risiko, karena modal yang kamu keluarkan untuk produksi barang hampir nol rupiah.

8. Membuat Desain Kaos

desainer kaos ide usaha sampingan
Jangan sia-siakan bakat desainmu, manfaatkan untuk membuat kaos. (via: youtube.com)

Untuk kamu yang suka menggambar, menjadi desainer kaos bisa jadi langkah awalmu untuk menuju kesuksesan, lho. Jalan yang terjal mungkin akan menghadang saat pertama kali menjalani usaha ini karena reputasimu yang belum dikenal oleh banyak orang.

Tapi, jangan sampai kamu putus asa! Sering-seringlah mengunggah hasil karya di akun jejaring sosial atau di platform jualan desain macam Fiverr dan 99design.

Nah, kalau desainmu sudah membuat seseorang mengangkat jempol, jangan heran kalau tiba-tiba ada tawaran untuk menekuni bidang ini secara lebih serius.

9. Menjual Kacamata Anjing

bisnis sampingan modal kecil
Bukan cuma manusia yang bisa gaya, kini hewan kesayanganmu juga bisa! (via: ebay.com)

Fashion modern tidak hanya menyasar segmen fashion manusia saja, namun hewan kesayangan seperti anjing dan kucing juga tak luput dari target dari market fashion yang sangat menguntungkan ini.

Hal ini berlaku pada perusahaan pembuat kacamata khusus anjing. Iya, kacamata anjing. Meskipun terkesan kurang penting, namun jangan salah, karena ternyata peminatnya sangat banyak dan bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit.

10. Membuka Jasa Bersih-bersih Kamar Kost

peluang usaha sampingan
Di kota besar, potensi ini dimanfaatkan oleh layanan transportasi online, lo. Kamu nggak tertarik? (via: go-clean.co.id)

Di daerah perkotaan, usaha bersih-bersih kost atau rumah ini sudah mulai menjamur. Bahkan peluang ini juga dimanfaatkan oleh salah satu platform transportasi berbasis online, lho. Apa kamu nggak tergerak ‘tuh buat mencoba?

Kamu hanya butuh handphone, kemoceng, sapu, lap, dan cairan pembersih saja untuk permulaan. Dengan modal itu kamu sudah bisa mulai berkeliling mencari orang yang butuh jasa bersih-bersihmu. Setelah laku, barulah kamu bisa beli “senjata” yang lebih canggih, seperti sarung tangan karet atau vacuum cleaner.

Kamu bisa mulai dari teman-temanmu sendiri sebagai klien pertamamu. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi agar lebih maknyus. Oiya, jangan lupa tawarkan ke wilayah kampus juga. Karena biasanya banyak dari para mahasiswa yang saking sibuknya sampai tidak sempat membereskan kosannya. Peluang tuh!

11. Bisnis Rental Motor

peluang usaha modal kecil
Punya motor nganggur? Sewakan saja! (via: google image)

Jangan terlalu memiliki pikiran yang muluk-muluk soal usaha rental motor ini. Untuk permulaan, pakai saja motor pribadimu atau punya teman yang nganggur dan jarang dipakai.

Kemudian, mulailah untuk menjajakan motor sewaanmu ke teman-teman terdekat dulu, jika sudah lama, kamu bisa mulai mempromosikannya ke wisatawan-wisatawan yang butuh kendaraan untuk berkeliling.

“Iya sih, pakai motor pribadi atau motor teman, tapi sewa tempatnya ‘kan mahal, belum lagi kalau motornya yang kenapa-napa. Wah bisa rugi dong!”

Hmmm, kalau kamu bingung soal sewa tempat yang mahal, kenapa kamu nggak coba mengontrak rumah dengan teman-temanmu atau buat semacam tenda di pinggir jalan saja?

Cari saja lahan kosong yang sekiranya potensial untuk membuka usaha rental motor. Persoalan motor rusak, tentunya itu sudah ada perjanjian di awal dengan penyewa. Nah, jangan lupakan surat perjanjian ini, ya. Supaya kamu nggak rugi dan kagok saat menghadapi penyewa.

Usaha semacam ini akan lebih berhasil jika kamu mampu memilih lokasi yang strategis di mana motor sangat dibutuhkan. Seperti misalnya di lingkungan kampus, tempat wisata, wilayah perkantoran, atau tengah kota yang ramai.

12. Buka Kedai Minuman

Peluang usaha sampingan
Selain sebagai bisnis yang menjanjikan, jual kopi keliling juga mengantarkan kehangatan ke semua orang. #tsah (via: @kolingjogja)

Tidak hanya kopi, makanan kecil dan minuman dingin lainnya juga bisa kamu sajikan di gerobak kopimu. Sambil menyediakan beberapa lembar tikar agar pengunjung betah berlama-lama nongkrong di kedai kopi sederhanamu.

Kalau kamu belum mengerti racikan kopi yang benar, kamu bisa menjual kopi atau minuman ringan sachet. Dengan begini, kamu cukup membuat minuman saat ada orang yang ingin membeli saja. Tak perlu khawatir deh minuman racikanmu terbuang sia-sia kalau tidak habis.

13. Jualan Snack dan Cemilan

peluang usaha snack kiloan
Snacks, snacks everywhereeeee! (via: google image)

Siapa sih yang nggak doyan ngemil?

Nonton TV, sambil ngemil.

Ngerjain tugas, sambil ngemil.

Nongkrong sama temen-temen, sambil ngemil.

Rapat organisasi, sambil ngemil.

Ngapa-ngapain, pokoknya semua dikerjain sambil ngemil!

Jangan cuma jadi konsumen, manfaatkanlah fenomena ini untuk memulai bisnis camilanmu! Beli saja beberapa kilogram camilan yang tersedia di toko snack curah di kotamu. Kemas camilan-camilan tadi di plastik yang lebih kecil, beri label harga, kemudian jajakan deh.

Kalau kamu kreatif dan ulet, bisnis camilan ini bisa menambah lembaran uang di dompetmu secara bertahap, lho. Enak kan?

14. Menjual Hasil Kerajinan Tangan

jual hasil kerajinan tangan
Suka berkreasi? Kenapa tidak kamu jual saja kreasimu? (via: etsy.com)

Buat kamu yang kreatif dan suka membuat kerajinan tangan, ada baiknya untuk mencoba menjual hasil kerajinan tanganmu. Ini adalah salah satu cara terbaik yang dapat membantumu menghasilkan uang tambahan, lho. Dengan begini, kamu juga akan semakin terpacu untuk menjadi lebih kreatif lagi.

Namun, jangan sampai melupakan untung ruginya, ya. Untuk mendapatkan keuntungan, kamu harus memastikan pendapatanmu harus bisa menutupi modal awal. Kamu juga bisa menjual hasil kerajinan tanganmu secara online seperti di etsy.com.

Nah, kalau usaha kerajinan tangan, kamu bisa mematok harga sesuai dengan kualitas kerajinan tanganmu. Kreatifitas itu mahal, lho!

Baca juga nih: Inspirasi Membuat Kerajinan Tangan Bunga dari Kertas

Setelah membaca daftar ide usaha sampingan modal minim di atas, coba deh tag ke teman-temanmu yang kira-kira mau diajak kerjasama untuk membuka bisnis kecil yang menjanjikan tadi. Siapa tahu kalian bisa sukses bareng, kan. Nggak ada salahnya dicoba!

Leave a Reply