Cara Merawat Celana Jeans

Sepasang celana jeans adalah pakaian yang harus ada dalam lemari pakaian setiap pria maupun wanita. Ada banyak sekali macam gaya dan jenis celana jeans tersedia di rak-rak toko, dengan berbagai ukuran dan bentuk yang beragam, dan dengan harga yang tidak murah. Untuk itu, kita semua pada dasarnya berharap setiap kali membeli celana jeans agar celana tersebut tetap awet, bukan? Nah, sebenarnya saya juga baru tahu, bahwa selama ini saya tidak merawat celana jeans dengan benar. Wahahaha.

Terus gimana? Tenang saja, dengan membeli celana jeans yang berkualitas baik dan juga merawat celana jeans dengan tepat, kita dapat membuat celana jeans kesayangan untuk tetap berada dalam bentuk terbaiknya. Tidak hanya mempertahankan bentuk, perawatan celana jeans yang benar juga akan menjaga warnanya dari kepudaran.

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu, dan masih mencuci celana jeans sebagaimana mencuci pakaian lainnya. Di bawah ini adalah tujuh rahasia yang dapat kamu lakukan untuk merawat celana jeans mu. Gunakan tips dan trik ini untuk menjaga agar celana jeans kesayanganmu tetap terlihat seperti pertama kali kamu membelinya.

Mencucinya terlalu sering hanya akan membuat warnanya lebih cepat pudar

merawat-celana-jeans

Kabar baik untuk kamu yang malas mencuci terutama untuk kamu-kamu anak kosan yang hemat uang laundry, bahwa untuk merawat celana jeans, tidak perlu dicuci terlalu sering. Atau bahkan seharusnya, jangan dicuci. Tidak seperti kebanyakan kita yang mencuci pakaian yang baru dipakai sehari-dua hari. Padahal, kata Mas Chip Bergh, CEO Levi Strauss & Co., celana jeans tidak sepatutnya dicuci, apalagi dengan mesin cuci.

Dan ketika kamu mencucinya, akan sangat baik jika menggunakan air dingin

merawat-celana-jeans

 

Hmm, okay. Kalau kamu khawatir akan kebulukan jeans-mu atau kamu merasa jijik, maka silakan tak mengapa untuk mencuci jeans kesayanganmu. Tapi pastikan celana jeans-mu dibalik (yang luar ke dalam) dan sebisa mungkin gunakan air sedingin mungkin, karena air dingin akan merawat celana jeans dengan menjaga warna jeans tetap cerah dan mencegahnya dari pemudaran.

Atau yang lebih baik lagi, cucilah dengan menggunakan tanganmu sendiri

merawat-celana-jeans

Buang dulu jauh-jauh pikiran takut tanganmu jadi kasar. Kalau kamu pada akhirnya memutuskan untuk mencuci jelana jeans-mu, dan kamu punya waktu luang, gunakanlah cara ini. Metode terbaik mencuci celana jeans adalah dengan menggunakan tangan.

Dimulai dari mengisi ember dengan air dingin, lalu setelah itu tambahkan sedikit deterjen yang sifatnya lembut. Ingat ya, yang sifatnya lembut, jangan kasar. Karena dikasarin itu nggak enak. Sedikit saja, cukup setengah sendok teh. Serius. Kemudian, jangan lupa untuk membaliknya terlebih dahulu.

Setelah dibalik, masukkan ke dalam air dingin, lalu tinggalkan. Inilah alasan kamu tidak perlu takut tanganmu akan kasar karena mencuci. Ya, tindakan mengucek-ngucek tidak diperlukan dalam pencucian celana jeans. Tinggalkan saja setelah direndam dan kembalilah setelah satu jam, lalu bilas dan jemur.

Selalu jemur jeans dengan cara diangin-anginkan

merawat celana jeans

Menjemur dengan cara diangin-anginkan adalah metode menjemur paling sempurna jika kamu ingin daya tahan celana jeans-mu lebih lama. Caranya, cukup jemur celana jeans-mu di tempat yang teduh dan tak terkena sinar matahari langsung.

Lama dong keringnya?

Ya emang. Beginilah caranya merawat celana jeans. Mengeringkan baju dengan cara diangin-anginkan pasti akan memakan waktu yang lebih lama, tapi dampak baiknya, dengan cara itu jeans kesayanganmu tidak akan memudar warnanya.

Jangan pakai pemutih pakaian

merawat-celana-jeans

Menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan noda, apalagi yang membandel, memang dinilai cukup ampuh. Tapi itu hanya untuk pakaian biasa. Kalau kamu mengaplikasikannya pada jeans-mu, akibatnya, tidak hanya warnanya saja yang hancur, tetapi juga merusak bahan jeans itu sendiri.

Solusinya, cukup biarkan noda tersebut mengering, dan kalau sudah kering, jika itu noda makanan, digitu-gitukan saja noda tersebut dengan jari hingga cukup bersih, atau lain kali kalau makan jangan belepotan. Oke, tapi serius, bahkan kalau kamu mengotori celana jeans putih, rendam saja dalam air yang suam-suam kuku. Tapi tetap hindari penggunaan pemutih, karena akan membuat jeans putihmu terlihat kekuning-kuningan. Kayak habis kena anu.

Jangan menggunakan dry cleaning

menyetrika-celana-jeans

Setelah mengeringkan celana jeans dengan cara diangin-anginkan, kamu pasti akan mendapati celana jeans-mu dalam keadaan kusut sebagaimana pakaian lain apabila baru diangkat dari jemuran.

Tentu saja, menggunakan jasa dry cleaning di tempat-tempat laundry akan membuat celana jeans-mu wangi dan terlihat rapi. Tapi, seluruh proses yang dilakukan selama dry cleaning tersebut dapat merusak bahan jeans sedikit demi sedikit.

Hal itu juga akan memengaruhi hasil akhir (finish), yang mana kadang hasil akhirnya tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Caranya, gunakan setrika listrik biasa saja. Akan tetapi, jangan menempelkan besi setrikaan langsung dengan jeans, karena itu juga membuat hasil akhirnya berbeda. (kadang agak shiny metalik gimana gitu)

Untuk menghilangkan bau, panggang celana jeans-mu atau simpan dalam freezer

merawat celana jeans

Iya, kamu nggak salah baca kok. Untuk mulai memanggang celana jeans, atur suhu ovenmu ke 145 derajat celcius, lalu letakkan celana jeans yang sudah dilipat ke dalamnya dan biarkan selama satu jam. Lalu biarkan celana tersebut dingin dengan sendirinya lalu baru digunakan.

Namun kalau memanggang celana jeans membuatmu nggak sabaran nunggu dinginnya, kamu bisa juga menyimpannya di dalam freezer lemari es selama semalaman. Dengan kedua cara ini, dijamin bakteri-bakteri penyebab bau akan mati dan celana jeans-mu akan wangi kembali. Hore!

 

1 thought on “Cara Merawat Celana Jeans

Leave a Reply