Lima Cara Praktis Membuat Hotspot di Laptop

Pada smartphone android maupun iOS, kita dapat dengan mudah menemukan opsi tethering yang dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Cukup dengan meng-enable atau mengaktifkan opsi tethering, maka smartphone kita sudah otomatis menjadi portable hotspot. Mudah dan praktis. Namun tahukah kamu, bahwa kamu juga bisa membuat hotspot di laptop dan PC-mu?

Memang secara default, laptop –dengan sistem operasi Windows khususnya– tidak menyediakan fitur tersebut. Hal ini membuat kita sedikit kerepotan ketika kita membutuhkan koneksi wi-fi namun koneksi dari router wi-fi tidak sampai ke smartphone kita, ataupun ketika hanya ada kabel LAN yang terkoneksi pada laptopmu.

Nah, untuk mengakali hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Lima di antaranya, kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang memungkinkanmu untuk membuat hotspot di laptop mu. Sedangkan cara terakhir, kamu tidak perlu meng-install aplikasi apapun, cukup dengan menggunakan command prompt (cmd) saja.

Sekarang, mari kita ulas satu-persatu~

Connectify, aplikasi pembuat hotspot kelas premium~

728px-screenshot-www-connectify-me-2016-01-24-17-00-54

Aplikasi yang sudah cukup populer ini memang berfungsi untuk membuat hotspot di laptop atau PC. Namun untuk menggunakan Connectify, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan: versi berbayar dan versi gratisan. Kamu dapat membeli versi berbayarnya seharga $34.98 untuk paket Hotspot PRO dan $49.98 untuk paket Hotspot MAX. Download Connectify di sini.

Tapi jangan khawatir, versi gratisan dari Connectify juga sudah bisa diandalkan kok. Bedanya, versi berbayar dapat men-share koneksi internet dari perangkat 3G dan 4G. Sementara versi gratisannya tidak. Berikut video teaser dari Connectify yang animasinya lucu. :3

Aplikasi pembuat hotspot gratis tapi powerful, ini dia MyPublicWiFi

mypublicwifi-screenshot membuat hotspot di laptop

Salah satu pesaing terberat Connectify adalah MyPublicWiFi. Pasalnya, aplikasi ini adalah feeware alias aplikasi gratis. Selain itu, aplikasi ini cukup mudah digunakan bahkan bagi yang awam sekalipun. Cukup dengan memasukkan nama SSID dan mengatur password, aplikasi ini sudah bisa digunakan.

MyPublicWiFi, meskipun freeware, memiliki fitur yang lumayan lengkap. Kamu bisa memantau perangkat apa saja yang tersambung dengan hotspot WiFi kamu, selain itu kamu juga dapat memanfaatkan MyPublicWiFi sebagai repeater WiFi yang akan memperpanjang sinyal WiFi atau koneksi lain di rumah kamu. Download MyPublicWiFi di sini.

MaryFi, aplikasi gratis untuk membuat hotspot di laptop dengan banyak fitur menarik

maryfi-fitur membuat hotspot di laptop

Satu lagi aplikasi gratis yang memungkinkan kamu untuk membuat hostpot di laptop dan berbagi koneksi internet adalah MaryFi. MaryFi adalah aplikasi pembuat router virtual di laptop bersistem operasi Windows. Dengan MaryFi, pengguna dapat berbagi jenis koneksi internet apapun secara wireless. Seperti kabel modem, kartu seluler, bahkan jaringan WiFi lain.

MaryFi adalah aplikasi yang cukup powerful dengan berbagai fitur hebat, mengingat aplikasi ini adalah aplikasi gratis. Dengan tampilan antarmuka yang mudah dimengerti, MaryFi memungkinkan kita membuat hotspot di laptop hanya dalam beberapa detik saja.

Di samping itu, MaryFi juga dapat dijadikan sebagai WiFi repeater, artinya apabila kamu mengaktifkan aplikasi ini pada laptopmu sementara koneksi internet tidak ada, maka aplikasi ini akan mengakses shared folder pada laptopmu dari device lain. Tak hanya itu, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk bermain game multiplayer dengan menggunakan LAN. Unduh MaryFi di sini.

mHotspot yang ringan nan powerful

mhotspot-screenshot membuat hotspot di laptop

Aplikasi lain untuk membuat hotspot di laptop bersistem operasi Windows yang tak kalah powerful adalah mHotspot. Dibandingkan dengan aplikasi lain di atas, mHotspot merupakan apliasi dengan size terkecil, yaitu cuma 400 KB. Unduh mHotspot di sini.

Meski ukurannya kecil, hal tersebut tidak menjadikan aplikasi ini minim fitur. Beberapa fitur unggulannya adalah kamu dapat berbagi koneksi internetmu kepada sampai dengan 10 klien, selain itu kamu juga dapat membatasi user hotspot WiFi-mu lho. Teaser mHotspot dapat kamu lihat di sini:

Command Prompt, because classic never gets old~

Nah kalau ini kamu tidak perlu aplikasi pihak ketiga untuk menjalankannya. Cara klasik memang tidak pernah mati. Kalau kamu lebih suka untuk menggunakan cara manual, cara ini mungkin akan lebih asik buatmu!

membuat-hotspot-di-laptop-cmd-admin

Pertama, kamu harus pergi ke command prompt dan klik kanan pada ikon command prompt (cmd) lalu pilih run as administrator.

membuat-hotspot-di-laptop-cmd

Kedua, sebelum kamu bisa membuat hotspot di laptop mu, hal yang harus dilakukan adalah mengecek dulu apakah laptopmu sudah support untuk membuat hotspot WiFi atau belum. Caranya cukup dengan mengetikkan perintah berikut, lalu tekan enter:

netsh wlan show drivers

Ketiga, setelah itu command prompt akan menampilkan spesifikasi driver WLAN pada laptop kamu, lalu perhatikan baris Hosted network supported, kalau di situ tertulis Yes, itu berarti laptop kamu support dan kamu dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Tapi kalau di situ tertulis No, wah sayang sekali, itu artinya kamu belum dapat membuat hotspot di laptop mu dengan cara ini. Oke, lanjut ya.

Keempat, setelah mengetahui apakah laptopmu mendukung atau tidak, sekarang saatnya kita mengetikkan perintah untuk membuat hotspot WiFi dengan cmd. Ketikkan perintah di bawah ini, lalu jangan lupa tekan enter:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspot key=namapassword

Untuk kolom namahotspot dan namapassword, silakan kamu isi format tersebut sesuai dengan nama hotspot dan password yang kamu inginkan. Nama hotspot ini yang nantinya akan menjadi nama WiFi-mu, dan password ini adalah yang akan digunakan untuk meng-autentifikasi sambungan dari device lain ke hotspot-mu. Ingat, jumlah karakter untuk password minimal 8 karakter ya. Contohnya begini: netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=asikaja key=12345678

membuat-hotspot-di-laptop-ssid-key-allow-started

Kelima, selanjutnya command prompt akan menampilkan hasil dari perintah yang kamu masukkan. Lihat apakah hosted network buatanmu sudah di-set ke ‘allow‘ atau belum, juga lihat apakah ssid dan password juga telah berhasil diubah atau belum. Kalau sudah, sekarang saatnya lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu mengaktifkan hotspot yang barusan kamu buat. Caranya cukup mudah, ketik perintah berikut, lalu tekan enter:

netsh wlan start hostednetwork

Sampai di sini, hotspot buatanmu telah aktif dan dapat disambungkan dari device lain. Cuma bisa nyambung saja, tapi belum bisa buat internetan. Karena masih ada satu tahap lagi yang kurang, tahap keenam, yaitu men-share network mu yang aktif ke hotspot yang barusan kamu buat.

change-adapter

Caranya, pergi ke Control Panel dan pilih Network and Sharing Center, lalu pilih Change adapter setting di panel sebelah kiri. Setelah itu, klik kanan pada jaringan network-mu yang aktif, apakah itu WiFi atau Ethernet. Di sini, saya menggunakan kabel Ethernet. Kemudian klik kanan dan pilih Properties.

properties

Di jendela Properties, pindah tab dari Networking ke tab Sharing, kemudian beri centang pada kotak Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection, dan pada Home networking connection, ubah Select a private network connection ke Local area connection* 12. Angka 12 di situ bisa berbeda-beda. Sesuaikan dengan angka pada local area connection yang kamu buat.

shared-connection

Nah, begitulah cara manual untuk membuat hotspot di laptop mu. Agak sedikit rumit memang, tapi buat kamu yang anaknya klasi banget, pasti cara ini akan menyenangkan. Oh iya, untuk membuat shared network, kamu cukup membuatnya sekali saja. Untuk selanjutnya, kamu hanya cukup mengetikkan perintah pada cmd (administrator) mulai dari tahap keempat dan kelima tanpa perlu mengatur shared network lagi~

Hasilnya, voila! Jadilah hotspot di laptopmu:

result

Jadi begitulah lima cara mudah untuk membuat hotspot di laptop. Siapa tahu di antara kamu-kamu ada yang belum tahu kan.. Apa? Udah pada tau ya? Yaudah deh, saya mah memang norak. 🙁

Kalau artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-temanmu ya. Biar ndak gaptek kayak saya~

1 thought on “Lima Cara Praktis Membuat Hotspot di Laptop

Leave a Reply