Membuat CO2 Aquascape Sendiri, Mudah dan Murah!

2 min read

sejarah bahasa inggris

Masih melanjutkan postingan terdahulu ya. Dalam postingan sebelumnya, saya membahas tentang tanaman yang cocok bagi aquascaper pemula lengkap dengan penjelasan mengenai kebutuhan tanaman tersebut akan cahaya serta karbondioksida atau CO2. Pada postingan ini, mari kita bahas bagaimana cara membuat CO2 aquascape sendiri. Let’s go!

Di dalam buku IPA kelas 5 SD, kita sudah pernah belajar tentang bagaimana tanaman mempersiapkan ‘makanan’ untuk pertumbuhannya. Masih ingat kan? Setidaknya ada tiga elemen utama yang membantu terjadinya fotosintesis. Apa aja hayooo?

Yang pertama adalah cahaya, lalu nutrisi (air, natrium, nitrit, dll), dan karbondioksida. Untuk tanaman air dalam aquascape, cahaya bisa didapatkan dari lampu dan cahaya matahari, nutrisinya bisa didapatkan dari substrat dan pupuk dasar maupun pupuk cair, lalu bagaimana dengan karbondioksida?

Dalam ekosistem kecil dan tertutup memang agak sulit memperoleh karbondioksida atau CO2 terlarut. Oleh karenanya, kita harus memasukkan CO2 sendiri. Kalau kamu mempunyai budget lebih, mungkin kamu bisa membeli tabung reaktor CO2 beserta regulatornya. Harganya di atas satu juta. Tapi kalau budgetmu terbatas kayak saya, kita bisa membuat CO2 aquascape dengan murah kok.

Inilah yang akan kita butuhkan untuk membuat CO2 aquascape kita sendiri

Untuk membuat CO2 aquascape sendiri dengan kualitas yang bagus, kita akan membutuhkan beberapa alat dan bahan. Yaitu:

Alat-alat

1. Cutter atau gunting untuk motong-memotong.

2. Sambungan selang, bisa dibeli di toko peralatan aquarium, setidaknya tiga buah.

membuat co2 aquascape
Seperti ini penampakannya

3. Selang bening, bisa dibeli di toko material atau di toko aquarium. Cukup 2 meter saja. Ingat, ukuran selang harus menyesuaikan ukuran sambungannya, jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Jadi kalau bisa beli sambungannya dahulu.

4. Satu buah botol ukuran besar, kalau bisa botol bekas minuman bersoda karena lebih tebal. Kalau tidak, botol Akua saja tidak apa-apa.

5. Botol air mineral berukuran sedang yang ukuran 600 ml satu buah.

6. Lem cepat kering. Bisa pakai alteco, power glue, atau lem korea. Bebas.

Bahan

7. Gula pasir seperempat kilogram.

8. Ragi instan. (kalau saya pakai Fermipan)

Langkah-langkah pembuatan

Setelah semua bahan dan alatnya tersedia, mari kita mulai membuat CO2 aquascape handmade ini. Caranya:

Pertama

membuat co2 aquascape

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melubangi tutup botol menggunakan gunting. Lubangnya jangan terlalu besar, kira-kira cukup lah untuk memasukkan sambungan selang. Buat satu lubang pada tutup botol besar dan dua lubang pada tutup botol kecil. Kalau kamu menggunakan botol Akua, tutupnya bakalan sama aja, jadi jangan bingung.

Kedua

membuat co2 aquascape

Pasang penghubung selang di tutup botol dengan cara memasukkannya pada lubang yang telah dibuat. Sambungan selang biasanya ada dua sisi dengan pembatas di tengahnya, pastikan pembatas tersebut berada di bagian dalam tutup botol, biar ada penahannya. Jadi masukinnya dari bawah. Kemudian beri lem pada sisi-sisi lubang supaya kedap udara luar-dalam. Tunggu hingga benar-benar kering.

Ketiga

membuat co2 aquascape

Potong selang bening menjadi tiga bagian, kita beri nama saja selang A, B, dan C. Selang A untuk menghubungkan botol kecil ke diffuser, selang B untuk menghubungkan botol besar dan kecil (dari tutup bagian luar), dan selang C  adalah sambungan dari selang B, untuk menghubungkan selang B ke air.

Keempat

membuat co2 aquascape

Setelah semuanya siap, tuangkan gula pasir sebanyak seperempat kilogram dan ragi instan kurang lebih setengah sendok teh ke dalam botol besar, lalu isi dengar air hangat kira-kira sampai garis paling atas. Isi juga botol kecil dengan air hingga 1/2 botol.

Kelima

membuat co2 aquascape

Pasangkan tutup botol dan selang sesuai dengan yang ada pada gambar di atas. Urutannya, pasang tutup botol besar, kemudian pasang selang C di bagian bawah tutup botol kecil, lalu pasang tutup botol kecil. Setelah semua tutup botol terpasang dengan kuat, pasang selang dari botol besar ke botol kecil dan dari botol kecil ke diffuser. Lalu diamkan saja sampai gelembung-gelembung kecil keluar. Biasanya proses ini akan memakan waktu setengah jam sampai dengan satu jam.

2 Replies to “Membuat CO2 Aquascape Sendiri, Mudah dan Murah!”

Leave a Reply