Manfaat Pohon Kelapa: Akar, Batang, Daun, dan Buahnya

2 min read

Pohon kelapa dikenal sebagai pohon kehidupan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan hampir setiap bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Entah itu dijadikan sebagai dekorasi rumah, souvenir, atau bahan obat-obatan.

Dalam artikel ini, kita akan coba mengulas mengenai manfaat pohon kelapa dari setiap bagian-bagian pohon. Mulai dari akar, batang, buah, hingga daunnya. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

1. Manfaat Akar Pohon Kelapa

manfaat pohon kelapa

Kita mulai pembahasan manfaat pohon kelapa dari bagian yang paling bawah terlebih dahulu. Ya, akar. Pohon kelapa, akarnya saja sudah memiliki banyak manfaat loh. Apalagi bagian pohon yang lainnya, ya.

Akar kelapa dapat dimanfaatkan sebagai minuman dan obat-obatan herbal

Akar pohon kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pewarna dan sebagai bahan dasar pembuatan sikat gigi serta bahan dasar untuk alat pencuci mulut.

Selain itu, mengkonsumsi air rebusan dari akar pohon kelapa yang telah disaring, bisa membantu mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit seperti gangguan pencernaan seperti disentri, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

Akar pohon kelapa juga bisa digunakan sebagai konstruksi bangunan

Hal ini dikarenakan akar pohon kelapa memiliki struktur yang cukup kuat. Akar pohon kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai penyangga atau penopang bangunan.

Akar pohon kelapa juga bisa menangkal banjir

Karena akar pohon kelapa mampu meneyrap air dalam jumlah yang sangat besar. Hal inilah yang dijadikan sebagai alasan mengapa pohon kelapa banyak ditanam di pemukiman warga khususnya warga yang rumahnya di daerah pesisir pantai.

Akar pohon kelapa juga bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan

Sejak zaman dahulu, akar tumbuhan kelapa ini juga kerap dimanfaatkan sebagai salah satu kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomis, misalnya saja seperti pembuatan gelang, kalung, dan souvenir lainnya.

2. Manfaat Batang Pohon Kelapa

manfaat batang kelapa

1. Batang pohon kelapa mempunyai kepadatan yang keras, sangat cocok untuk dijadikan sebagai structural umum seperti pilar, arung jeram, furniture, jendela, kusen pintu, dan balok lantai.

2. Batang pohon kelapa yang mempunyai kepadatan menengah juga bisa digunakan sebagai dinding, langit-langit bangunan, balok, dan kancing horizontal.

3. Sedangkan batang pohon kelapa dengan kepadatan yang rendah bisa digunakan sebagai aplikasi bantalan non-beban seperti panel kayu.

4. Batang pohon kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan desain interior maupun eksterior. Seperti pintu masuk gerbang, daun pintu, dan layar.

5. Batang pohon kelapa dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kertas. Batang kelapa juga bisa diekstrak untuk pembuatan bubur kertas.

3. Manfaat Buah Kelapa

buah kelapa sejuta manfaat

1. Air yang terdapat pada buah kelapa muda dapat dimanfaatkan untuk kesahatan. Air kelapa muda bisa memberikan hidrasi yang tepat untuk tubuh kita, pembersihan alami ginjal, dan dapat menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

2. Buah kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman, seperti serundeng, sambal kelapa, urap, es campur, es kelapa/es degan, es kopyor, dan lain-lain.

4. Daging buah kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuat santan yang bisa digunakan untuk masak. Selain santan, daging buah kelapa segar juga bisa diekstrak menjadi minyak kelapa murni yang sangat kaya akan menfaat.

3. Selain itu, air kelapa juga bisa menyembuhkan luka bakar, menghilangkan jerawat maupun bekasnya, mencegah uban pada rambut dan mencegah dehidrasi pada tubuh. Dalam dunia kecantikan, air kelapa muda juga merupakan bahan yang sangat ideal untuk ditambahkan dalam masker wajah buatan sendiri.

4. Manfaat Daun Pohon Kelapa

manfaat daun kelapa

1. Daun kelapa yang masih muda bisa dimanfaatkan sebagai anyaman untuk dekorasi sebuah upacara adat tertentu dan sebagai pembungkus makanan seperti ketupat dan lemet.

2. Daun kelapa yang sudah tua, dapat digunakan sebagai bahan dasar anyaman untuk membuat atap maupun dinding bangunan yang sederhana seperti gazebo atau saung.

3. Daun kelapa yang sudah kering bisa dimanfaatkan sebagai bahan anyaman pembuatan tikar, tas, topi, dan aneka jenis kerajinan tangan lainnya.

4. Daun kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat kertas setelah sebelumnya diekstrak menjadi bubur (pulp).

5. Batang (tulang) daun kelapa juga bsia dimanfaatkan sebagai pembuatan sapu lidi yang biasa kita gunakan untuk membersihkan halaman rumah, kasur, atau sekadar menghalau nyamuk dan lalat.

Banyak banget ya manfaat pohon kelapa yang belum kita tahu. Pohon kelapa memang pohon yang sangat mengagumkan. Seluruh bagian dari pohon ini memiliki manfaat sendiri-sendiri. Tak heran mengapa pohon kelapa mendapat julukan sebagai pohon sejuta manfaat.

Leave a Reply