Manfaat dan Kegunaan VCO untuk Kesehatan dan Kecantikan

5 min read

Manfaat dan kegunaan VCO

Manfaat dan kegunaan VCO – Minyak kelapa identik dengan kandungan lemak jenuhnya yang tinggi, sehingga beberapa orang beranggapan bahwa itu adalah hal yang buruk. Padahal, sebetulnya banyak juga dari minyak kelapa yang tidak kita ketahui.

Berbeda dengan minyak kelapa sawit ataupun minyak kelapa kopra, virgin coconut oil (VCO) mengandung 92% asam lemak rantai sedang yang mana sangat mudah diserap dan dicerna oleh usus dan lambung kita.

Asam lemak rantai sedang mengandung 10-12 atom karbon dan banyak terdapat pada air susu ibu (ASI), dan ini menyebabkan pemrosesannya di dalam usus menjadi lebih cepat karena tak memerlukan proses enzimatik dan proses hidrolis dalam prosesnya.

Karena itulah, virgin coconut oil dapat langsung didistribusikan ke dalam sistem aliran darah kita dan dapat langsung menjadi proses metabolisme seiring dengan dibawanya kandungan VCO ini ke dalam hati.

Dalam proses tersebut, kandungan VCO dikonversikan menjadi energi saja, dan tidak menjadi lemak ataupun kolesterol. Setelah terkonversi menjadi energi, fungsi seluruh kelenjar endoktrin dan fungsi organ tubuh lainnya akan meningkat.

Karena sifatnya tersebutlah, minyak kelapa murni atau VCO ini banyak dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan, pemulihan, bahkan kecantikan.
Di antara manfaat dan kegunaan VCO antara lain:

Manfaat dan Kegunaan Virgin Coconut Oil (VCO)

Manfaat VCO untuk Imunitas: VCO sebagai Antibakteri

VCO untuk imunitas

Asam laurat yang terkandung di dalam ASI terbukti dapat memerangi bakteri, virus, penyakit, dan infeksi lainnya terhadap bayi yang daya tahan tubuhnya masih sangat lemah. Sebagaimana yang telah kita ketahui, asam laurat ini juga terkandung di dalam VCO dalam jumlah banyak.

Dengan kandungan asam laurat 50%, imunitas dan daya tahan tubuh akan lebih meningkat. Efeknya, tubuh kita jadi lebih tahan terhadap virus, racun, dan bakteri jahat penyebab penyakit lainnya.

Manfaat VCO untuk Ibu Menyusui (Busui): Dapat Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat VCO untuk ASI

Asam lemak rantai sedang memiliki banyak turunan, di antaranya adalah asam laurat. Manfaat asam laurat untuk kesehatan sangat bagus, terlebih untuk ibu menyusui. Karena asam laurat dapat meningkatkan prosuksi ASI bagi ibu menyusui. Babyluna

Di dalam virgin coconut oil (VCO) sendiri, kandungan asam laurat-nya mencapai hingga 50%. Selain asam laurat, VCO juga mengandung asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam miristat, dan asam palmitat yang kesemuanya baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ASI.

Manfaat dan Kegunaan VCO untuk Kolesterol: VCO Mengandung Kolesterol Baik

VCO dapat mengurangi kolesterol

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh kita, namun justru akan berakibat fatal apabila tertimbun secara berlebihan. Dalam hal ini, VCO dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Hasil dari penelitian Dr. Hostmark pada tahun 1980 menemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi 10% virgin coconut oil (VCO) memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih sedikit dan kadar kolesterol baik yang lebih tinggi dibanding tikus lainnya.

Manfaat VCO sebagai Anti Virus, Anti Mikroba, dan Anti Jamur

VCO sebagai antivirus

Beberapa laporan menyebutkan bahwa VCO dapat memperlambat pertumbuhan virus HIV/AIDS. Artinya, VCO adalah anti virus yang ampuh, bahkan lebih kuat daripada antibiotik biasa.

Asam laurat yang banyak terkandung di dalam VCO akan dikonversikan oleh tubuh pada saat proses metabolisme menjadi monolaurin. Kemudian, monolaurin akan berperan aktif dalam membasmi virus yang ada dalam tubuh kita.

Manfaat VCO untuk Diet: VCO Dapat Menurunkan Berat Badan atau Obesitas

VCO untuk diet

Manfaat dan kegunaan VCO yang paling umum salah satunya adalah dapat memberikan energi dengan cepat, sehingga dengan mengonsumsi VCO beberapa sendok saja sudah dapat mensuplai energi hampir seharian.

Efeknya, kita akan merasa lebih cepat kenyang dan tidak merasa begitu lapar saat waktu makan telah tiba.

Asam lemak rantai sedang yang terkandung di dalam VCO dapat langsung didistibusikan ke aliran darah untuk proses metabolisme, kemudian diubah menjadi energi sehingga tidak ditimbun dalam badan.

Pada saat VCO dibakar, asam lemak jenuh rantai panjang (LCFA) di dalam tubuh juga akan ikut terbakar, sehingga penimbunan lemak dalam tubuh akan berkurang dan efeknya, berat badan pun menjadi ikut turun.

Manfaat VCO untuk Kesehatan Rambut

Manfaat VCO untuk kesehatan rambut

Salah satu manfaat VCO untuk kecantikan adalah, VCO dapat memelihara kesehatan rambut. Ini disebabkan karena VCO memiliki molekul yang amat kecil sehingga dapat dengan mudah masuk ke dalam batang rambut.

Molekul kecil VCO berfungsi mengikat kandungan protein di dalam rambut. Dengan menggunakan VCO, rambut menjadi lebih sehat dan bercahaya, anti ketombe, dan menyehatkan kulit kepala.

Manfaat VCO untuk Kulit: VCO Dapat Menghaluskan Kulit

Kegunaan VCO untuk kulit

Kandungan asam lemak jenuh di dalam virgin coconut oil (VCO) dapat dengan mudah diserap oleh usus dan juga kulit, sehingga secara alami akan membantu menjaga kelembapan, kekenyala, serta kelenturan kulit.
Selain itu, VCO memiliki sifat anti jamur, sehingga dapat mencegah dan mengobati infeksi yang terjadi pada kulit. Misalnya, jamur, bisul, jerawat, eksim, dan sebagainya.

Manfaat VCO untuk Jantung dan Peredaran Darah

Manfaat VCO untuk kesehatan

Penyakit jantung disebabkan oleh adanya gangguan di dalam pembuluh darah yang mengakibatkan tidak lancarnya peredaran darah. Gangguan tersebut biasanya berupa inveksi bakteri atau virus yang menjadi penyebab terbentuknya plak di dalam embuluh darah.

Ditambah lagi dengan menumpuknya kolesterol jahat di dalam pembuluh darah yang juga berperan dalam membuat peredaran darah menjadi tidak lancar.

VCO adalah anti virus dan antibiotik alami, sehingga akan membasmi segala bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang menyebabkan timbulnya plak dalam pembuluh darah.

Di samping itu, VCO juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga pembuluh darah akan terbebas dari penumpukan kolesterol jahat yang menghambat laju peredaran darah.

Dengan mengonsumsi VCO secara rutin, pembuluh darah akan terbebas dari adanya plak dan penumpukan kolesterol jahat, mencegah terjadinya pengentalan darah, dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Manfaat VCO untuk Kencing Manis (Diabetes Melitus)

Manfaat dan kegunaan VCO untuk diabetes

Diabetes Melitus atau kencing manis dapat disebabkan karena tingginya kadar glukosa di dalam darah. Penyebabnya adalah penurunan jumlah produksi enzim insulin pada pankreas sehingga mengganggu proses metabolisme tubuh.

Fungsi insulin adalah mengubah glukosa menjadi energi untuk sel untuk melalui proses oksidasi di dalamnya. Di saat yang bersamaan, insulin juga mengubahnya menjadi energi cadangan berupa lemak dan glikogen.

Kemudian, lemak tersebut akan disimpan di jaringan lemak, sementara glikogen akan disimpan di hati dan otot.
Penurunan produksi enzim insulin ini berdampak pada tidak dapat masuknya glukosa ke dalam sel, sehingga kandungan glukosa di dalam darah menjadi tinggi.

Penumpukan glukosa yang semakin tinggi tersebut tidak dapat dikonversikan menjadi energi, sehingga ikut terbuang melalui urin.

Kandungan asam lemak rantai sedang di dalam VCO dapat merangsang pankreas untuk menyeimbangkan produksi insulin, sehingga pengubahan glukosa menjadi energi pada sel dapat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Dalam proses pembakarannya untuk diubah menjadi energi, VCO tidak butuh insulin. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita kencing manis yang kadar insulinnya rendah. Pada saat yang sama, timbunan glukosa dan lemak di dalam tubuh juga ikut terbakar. Akibatnya, kadar gula darah semakin turun dan relatif normal.

Manfaat VCO untuk Hati (Liver): VCO Bermanfaat untuk Mengobati Hepatitis

VCO sebagai obat hepatitis

Hati adalah organ tubuh yang memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh manusia. Rusaknya fungsi hati dapat bedampak buruk kepada tubuh kita.

Salah satu yang merusak fungsi hati adalah virus hepatitis. Virus hepatitis tidak dapat dengan mudah dibasmi oleh obat karena mempunyai lapisan lemak di sekelilingnya.

Struktur asam lemak rantai sedang pada VCO sangat mirip dengan struktur lapisan lemak virus hepatitis, sehingga VCO dapat menerobos dan membasmi virus hepatitis A, B, C, D, E.

Selain melindungi hati dengan membasmi dan mencegah virus hepatitis, VCO sebagai antioksidan alami juga dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel hati.

Manfaat VCO untuk Kanker

VCO dapat menyembuhkan kanker

Virgin coconut oil atau VCO adalah antibiotik dan anti bakteri alami. Dengan begitu, apabila tubuh masih memiliki ketersediaan sel darah putih yang cukup, maka akan menghambat bahkan menghancurkan pertumbuhan sel kanker.

Termasuk sel kanker payudara dan sel kanker kolon yang kini banyak menyerang warga Amerika Serikat.
VCO juga mengandung antioksidan sehingga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas pemicu tumbuhnya sel kanker, serta membantu mempercepat proses penyembuhannya.

Manfaat dan Kegunaan VCO untuk Osteoporosis

kegunaan VCO untuk tulang

Tulang keropos atau osteoporosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kalsium dalam tulang. Kurangnya kalsium dalam proses pembentukan tulang ini bisa juga diakibatkan oleh radikal bebas yang teroksidasi pada saat proses pembentukannya.

Asam lemak rantai sedang yang terkandung di dalam VCO berfungsi sebagai antioksidan, sehingga akan menangkal radikal bebas dan mencegah teroksidasinya radikal bebas pada saat proses pembentukan tulang.

Salah satu antioksidan yang terkandung di dalam VCO adalah senyawa sterol. Sterol memiliki bentuk sepertii lemak dan berperan penting dalam pembentukan hormon pregnenolon.

Tak cuma itu, fungsi sterol lainnya juga tak kalah penting seperti merangsang produksi hormon progesteron. Terlebih bagi wanita, ketidakseimbangan prosuksi hormon progesteron dan esterogen dapat menjadi penyebab osteoporosis.

Mengonsumsi VCO secara rutin juga membantu penyerapan kalium dan magnesium dalam proses pembentukan tulang, sehingga tulang akan menjadi kuat.

Manfaat dan Kegunaan VCO untuk Stamina

manfaat dan kegunaan VCO untuk stamina

VCO mengandung asam lemak rantai sedang yang apabila dikonsumsi dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Untuk meningkatkan stamina, VCO bekerja dengan dua cara:

Pertama, kandungan asam lemak rantai sedang-nya akan diubah menjadi energi. Kedua, dengan kandungan asam lauratnya, VCO dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika tubuh sedang kelelahan.

Karena pada saat kita kelelahan, maka daya tahan tubuh akan menurun. Biasanya penurunan daya tahan tubuh ini ditandai dengan sakit kepala, demam, meriang, masuk angin, dan pembengkakan kelenjar tubuh. Dengan mengonsumsi VCO, daya tahan tubuh tetap prima, dan energi pun akan dengan cepat terisi kembali.

2 Replies to “Manfaat dan Kegunaan VCO untuk Kesehatan dan Kecantikan”

    1. Kalau boleh tahu, untuk keperluan apa ya gan?
      Kalau mau beli literan, saya rekomendasikan ke nomor 082221885707 (a.n. Fatah)
      Harganya cukup murah, 90-100 ribu/liter, kualitas terbaik. Monggo bisa WhatsApp/SMS langsung ke orangnya.

Leave a Reply