Makanan Khas Pontianak

Yang kangen sama makanan khas Pontianak mana suaranyaa? Jangan khawatir, buat kamu yang rindu akan kelezatan kuliner khas Ponti ataupun kamu yang sedang melipir ke kota ini dan butuh referensi wisata kuliner, kali ini kita akan mengulas habis apa saja makanan khas yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke sini.

Yaa meski nggak bisa bikin kamu kenyang, tapi setidaknya rasa rindumu akan makanan khas Kota Khatulistiwa ini bisa terobati, hehe. Mari kita kupas satu-persatu!

1. Pengkang dan Sambal Kerang adalah pasangan yang serasi

oleh-oleh khas pontianak

Siapa sih yang nggak tahu pengkang? Buat masyarakat Pontianak, makanan ini tentu sudah mendarah daging, ya. Tapi buat kamu yang dengar namanya saja baru sekarang, hayo, bisa tebak gak ini makanan apa?

Jadi pengkang ini adalah olahan beras ketan yang dibakar. Caranya, yaitu dengan membungkus beras ketan dengan daun pisang, kemudian diikat di atas tusuk bambu dan kemudian dibakar. Sebelum dibungkus, beras ketan terlebih dahulu diisi dengan ebi. Cara makannya dicocol dengan sambal kerang, beuh, rasanya nendang, sob!

2. Bubur Pedas, makanan khas Pontianak yang bikin kamu keringetan

bubur pedas pontianak

Salah satu makanan khas Pontianak yang cukup terkenal adalah bubur pedas. Buat kamu pecinta kuliner pedas, makanan yang satu ini wajib kamu cobain! Bayangin aja, udah bubur, panas, pedas pula. Makin-makin deh sob!

Yang berbeda dari bubur pedas Pontianak ini adalah bahan-bahannya yang digunakan, sob. Berbeda dari bubur-bubur kebanyakan. Ada kangkung, ada daun lengkuas, ada pucuk daun pakis, untuk topping-nya, ada ikan teri dan kacang goreng. Duh, jadi laper..

3. Nasi Campur Alu buat kamu yang doyan B2

makanan khas pontianak

Kalau yang satu ini khusus buat kamu yang bisa makan B2 aja ya sob. Pontianak terkenal dengan aneka kuliner orientalnya. Maklum, di kota ini sudah lama berbaur budaya antara etnis pribumi dan tionghoa. Jadi nggak heran, makanannya pun terkenal unik.

Salah satu hasil asimilasi budaya tersebut adalah lahirnya kuliner nikmat yang tak bisa kamu lewatkan ketika berkunjung ke Ponti. Namanya nasi campur alu, sob. Campurnya apa aja tuh? Banyak sob, ada babi merah, sosis babi, ayam kecap, kaldu ayam, dan beberapa sayuran. Pecah!

4. Choi Pan, kue kenyal khas Pontianak

wisata kuliner pontianak

Dari namanya aja kita bisa tahu kalau ini kue ya, sob. Jadi di Pontianak ada makanan khas yang namanya choi pan. Itu, kue yang isinya macam-macam, ada bengkoang, kacang, kucai, ubi, dan lain-lain. Isi tersebut kemudian dibungkus dengan kulit yang kenyal, nagih banget buat digigit.

5. Nikmatnya Burung Punai goreng yang gurih dan krenyes!

wisata kuliner di pontianak

Mungkin makanan ini hanya bisa ditemukan di Pontianak aja ya. Karena burung punai sulit ditemukan di tempat lain apalagi di Jawa. Sebenernya apa sih burung punai itu? Burung punai sebetulnya jenis burung yang mirip dengan burung merpati/dara. Warnanya hijau dan punya paruh agak kemerahan.

Di Kalimantan, burung punai banyak ditemukan di wilayah Pontianak sampai Mempawah. Biasanya, burung punai diolah dengan cara digoreng atau bisa juga dengan cara dibakar. Tekstur dagingnya itu loh, mak nyus!

6. Dingin-dingin enaknya makan Lek Tau Suan

makanan khas pontianak

Lek tau suan adalah makanan khas Pontianak yang berbahan dasar kacang hijau. Dalam bahasa Mandarin, lek tau suan berarti butiran mutiara kacang hijau. Ya, sesuai dengan namanya, butiran kacang hijau kupas tersebut akan nampak berkilau jika terkena cahaya, persis seperti butiran mutiara.

Cara penyajiannya pun cukup unik. Butiran kacang hijau kupas disajikan dengan kuah bening dan kental yang dicampur tepung tapioka, daun pandan, dan gula pasir. Kemudian diberi topping potongan cakwe goreng. Memberikan sensasi lembut dan renyah ketika digigit. Aduhai!

7. Kwetiau Pontianak, sama tapi beda!

kwetiau enak khas pontianak

Hah? Kwetiau? Apanya yang spesial? Eits, tunggu dulu, meski cuma kwetiau, tapi kwetiau khas Pontianak beda lho dengan kwetiau-kwetiau lain. Secara olahan, mungkin sama seperti kwetiau rebus atau goreng yang biasa kita jumpai di pinggir jalan, tapi secara bahan dan rasa, jangan ditanya deh!

Kwetiau khas Pontianak ini diolah dengan campuran beberapa bahan yang nggak ada di kwetiau lain, sob. Sebut saja bakso ikan, daging udang, dan daging ikan yang diiris-iris. Ditambah lagi dengan daging kepiting yang rasanya luar biasa gurih. Di beberapa restoran, kwetiau Pontianak ada yang mengandung B2 dan ada yang tidak, jadi pilihlah yang mana yang kamu suka. Sama-sama bikin ngiler kok!

8. Kalau Mie Tiaw mungkin nggak ada yang nyamain

Mie tiaw pontianak

Berbeda dengan kwetiau, kalau mie tiaw mungkin nggak banyak yang jual selain di Pontianak sendiri. Karena memang mie tiaw adalah makanan khas Pontianak sob. Nah, bedanya apa sih kwetiau dengan mie tiaw?

Mie tiaw menggunakan mie yang sedikit lebih kecil dibanding dengan kwetiau yang lebar-lebar. Mie-nya pun lebih panjang karena bahan dasarnya berbeda (bukan kwe). Mie tiaw tersedia dalam 2 varian, yaitu goreng dan rebus. Isinya ada daging sapi, jeroan buat kamu yang suka, ditambah sayuran seperti sawi dan tauge. Nikmat bukan kepalang.

9. Bakmi ayam udah biasa, cobain nih bakmi kepiting!

Udah pernah nyobain bakmi ayam, kan? Gimana rasanya? Enak? Itu belum seberapa, sob.. Kali ini kamu harus nyobain yang namanya bakmi kepiting! Nggak cuma kepiting loh, bakmi kepiting khas Pontianak juga bisa ditambahkan daging babi, bakso ikan, dan udang. Dijamin bakal bikin lidah kamu menari-nari!

10. Sotong Pangkong, kuliner Pontianak khas Ramadan

Meski biasanya cuma banyak yang jualan pas bulan Ramadan, sotong pangkong ini wajib kamu coba kalau lagi mampir ke Pontianak. Ada beberapa tempat yang masih jualan kok di luar bulan Ramadan. Tanyalah pada penduduk sekitar.

Kenapa kamu harus coba sotong pangkong? Pertama, karena ini olahan sotong/cumi, sob. Cumi nggak ada yang nggak enak. Kedua, karena kuliner ini biasanya hanya eksklusif di bulan Ramadan saja. Ketiga, ini makanan khas Pontianak banget, makanya kamu harus coba.

11. Kwe Cap dan Kwe Kia Theng, calling all pork lovers!

Secara keseluruhan, bahan dasar kwe cap sama seperti kwetiau, hanya saja kwe cap memiliki volume yang lebih lebar dan lebih tebal. Bedanya lagi, kwe cap disajikan dengan campuran kuah dan kulit babi goreng yang ikut direbus, mirip kayak krecek kalau di gudeg. Sensasi gigitannya itu gokil!

Berbeda dengan kwe kia theng, kuahnya cenderung agak lebih hitam, dan campurannya adalah jeroan babi. Buat kamu yang doyan jeroan, ini nih yang mesti kamu cobain. Selain jeroan, biasanya kwe kia theng juga disajikan bersama telur ayam rebus. Masih bisa nolak?

12. Es Krim Petrus, es krim homemade favorit para wisatawan

Di Pontianak, tepatnya di depan sekolah Santo Petrus jalan KS Tubun, ada kedai es krim yang lezatnya sudah tersohor di kalangan masyarakat Pontianak dan wisatawan. Gimana nggak terkenal, di saat yang lain sudah memakai mesin pembuat es krim, Es Krim Petrus masih bangga dengan teknik homemade-nya.

Jadi nggak heran ‘kan, kenapa Es Krim Petrus seakan menjadi destinasi wisata kuliner favorit di Pontianak. Yang uniknya lagi nih, mereka membuat es krim made by order. Ya, jadi kita bisa memesan sendiri mau es krim yang kayak apa. Ada berbagai rasa buah, topping, dan tempat. The option is all yours.

13. Pisang Goreng Pontianak, ah pokoknya harus cobain!

Nggak ada alasan khusus kenapa kamu harus nyobain pisang goreng Pontianak selain karena rasanya enak dan beda dari pisang goreng pada umumnya. Itulah yang membuat pisang goreng khas Pontianak begitu ikonik.

Pisang gorengnya lebar, dibalut dengan tepung renyah, dan biasanya disajikan dengan topping srikaya. Ada juga pilihan topping lain seperti cokelat, durian, susu, macem-macem lah pokoknya. Intinya, kalau kamu lagi di Pontianak, harus cobain ini sebelum pulang. Atau kamu nanti akan menyesal.

…eh tapi di Jakarta juga ada sih yang jual.

14. Es Lidah Buaya, udah menyehatkan, menyegarkan pula

Salah satu komoditas andalan kota Pontianak selain hasil laut adalah lidah buaya. Ya, di kota ini, kamu bisa menemukan banyak banget produk olahan dari lidah buaya, mulai dari kerupuk, dodol, sirup, dan masih banyak lagi.

Salah satu olahan lidah buaya yang pastinya bikin kamu lupa kalau sebenarnya rasa lidah buaya itu nggak enak adalah es lidah buaya. Mereka bisa mengolah potongan lidah buaya sedemikian rupa sehingga rasa dan baunya menjadi enak, tanpa mengubah bentuk potongan lidah buayanya. Keren kan.

Selain itu, es lidah buaya ini juga udah didistribusi ke mana-mana, lho. Ke seluruh penjuru negeri kita tercinta, bahkan ke luar negeri. Karena selain manfaat lidah buaya yang begitu banyak yang akan kita dapatkan, es lidah buaya ini juga sangat menyegarkan. Favorit!

15. Sebelum pulang, jangan lupa beli oleh-oleh khas Pontianak

Nah, setelah keliling-keliling mengunjungi berbagai destinasi wisata dan mencicipi berbagai makanan khas Pontianak, sebelum kamu mengangkat kaki dari kota ini, ada baiknya kamu memutuskan untuk membeli oleh-oleh untuk teman dan keluarga tercinta.

Yaa hitung-hitung ikut berpartisipasi dalam memajukan potensi bisnis lokal lah, hehe. Di samping itu, sebagai pelancong yang baik, sudah sepatutnya kita sekadar membawakan buah tangan untuk orang tercinta, kan?

Ada banyak kok, yang bisa kamu bawa pulang dari kota Pontianak. Misalnya saja lempok, kue bingka, cokelat wijen, ataupun salah satu dari daftar makanan khas Pontianak di atas? Pilihan itu terserah padamu. Selamat bersenang-senang! 🙂

Leave a Reply