Yuk Mengenal Makanan Khas Tiap Provinsi di Indonesia!

Makanan Indonesia sangatlah beragam. Dari begitu banyaknya suku yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, tentu negeri kita ini memiliki keanekaragaman budaya yang sangat-sangat kaya. Hal tersebut ditunjukkan tidak hanya dari bahasa daerah ataupun pakaian daerah, namun juga dari makanannya.

Karena, sebagaimana kekhasan budaya dan adat kebiasaan, setiap suku dan provinsi di Indonesia juga memiliki makanan khas masing-masing. Beberapa di antaranya mungkin sudah familiar di telingamu. Apalagi makanan khas daerahmu sendiri. Nah, sekarang, mari kita telusuri satu persatu kelezatan kuliner nusantara dari Sabang sampai Merauke.

1. Mie Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam

Makanan Indonesia
eimiriatamsyarina.blogspot.com

Mie Aceh, seperti namanya, berasal dari provinsi paling ujung barat Indonesia. Penggemar mie aceh ternyata nggak cuma di Aceh saja, lho. Tapi juga di seluruh Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya kedai-kedai mie Aceh di kota-kota lain, terutama di pulau Jawa.

Nggak heran deh, soalnya mie Aceh ini rasanya pecah banget! Wajar aja sih kalau banyak msayarakat Indonesia yang doyan. Yang paling bikin nagih dari mie Aceh adalah rasa pedasnya yang khas. Ya, mie Aceh memang terkenal pedas, sob. Ditambah irisan daging sapi, kambing, juga terkadang cumi atau udang, bikin rasanya jadi semakin menggigit. Yummy!

2. Bika Ambon, Sumatera Utara

makanan indonesia khas medan
pinterest

Ah, typo kali’ nih! Udah jelas-jelas namanya Bika Ambon, masa dari Sumatera Utara?”

Hehehe, tenang, kamu nggak salah baca kok. Memang terdengar agak aneh, karena makanan khas yang satu ini berasal bukan dari daerah yang tercantum di dalam namanya seperti mie Aceh yang barusan kita bahas. Melainkan, dari Medan, Sumatera Utara.

Lalu kenapa namanya Bika Ambon? Mungkin banyak di antara kalian yang bertanya-tanya mengenai hal ini. Tetapi yang jelas, sampai sekarang asal-usul mengenai pemberian nama bika Ambon untuk kue basah khas Medan ini masih kontroversial. Ada yang bilang kalau kue ini awalnya dijual di Jalan Ambon, Sei Kera, Medan. Namun, ada juga yang berpendapat lain.

Terlepas dari kebingungan mengenai asal-usul namanya, kue bika Ambon ini patut kamu cicipi lho! Bika Ambon khas Medan adalah sejenis kue basah, namun bertekstur kenyal dan berongga di dalamnya. Cocok banget deh buat cemilan pas lagi kumpul-kumpul. Biasanya, kue bika Ambon juga kerap disajikan pada saat rapat RT atau pengajian ibu-ibu.

3. Rendang, Sumatera Barat

makanan khas padang
smooft.blogspot.com

Ngomongin kuliner Sumatera Barat, sudah pasti pikiran kita langsung tertuju pada satu nama: RENDANG! Kuliner lezat yang paling mendominasi di wilayah Sumatera dan Jawa, sudah barang tentu masakan Minangkabau kan? Dan menu yang paling nikmat di semua rumah makan Padang adalah Rendang, that is the fact no one can deny.

Ada jerih payah yang luar biasa di balik setiap kelezatan daging rendang. Karena untuk membuat rendang, dibutuhkan waktu paling tidak 4 jam lamanya, dari mulai daging mentah dan kuah santan cair, sampai dagingnya matang dan kuah santannya mengental dan meresap ke dalam serat-serat daging dengan sempurna.

Ah, bersyukurlah kita masih dipertemukan dengan rumah makan-rumah makan Padang yang menjual rendang.

4. Gulai Ikan Patin, Jambi

makanan khas nusantara
izaham.wikispace.com

Di Jambi, gulai ikan patin sangat digemari oleh masyarakat di sana. Tidak hanya di Jambi, di beberapa kota di Indonesia juga sudah mulai banyak restoran yang menjual menu gulai ikan patin. Yang menjadikan makanan ini unik adalah, pembuatannya selain menggunakan ikan patin, juga menggunakan tempoyak.

Apa itu tempoyak? Buat kamu yang belum tau, tempoyak itu bumbu khusus yang terbuat dari fermentasi daging durian. Inilah rahasia yang bikin rasa dari gulai ikan patin begitu khas. Namun bagi sebagian orang yang nggak doyan durian, bisa digantikan dengan santan. Tetapi tentu saja cita rasa yang dihasilkan berbeda.

5. Pendap, Bengkulu

kuliner indonesia
bengkuluprov.go.id

Masih dari olahan ikan-ikanan, kali ini makanan khas Bengkulu yang paling menjadi primadona adalah pendap. Kalau tadi ikan patin, lain halnya dengan pendap. Pendap adalah olahan ikan yang disebut ikan pais. Di wilayah Sumatera, popularitas pendap semakin hari semakin tinggi.

Hal ini juga didukung dengan adanya beberapa restoran di kota Jakarta yang juga mulai menyajikan pendap dalam menunya. Namun ternyata popularitas pendap nggak cuma berhenti di Indonesia saja, sob. Di negara lain seperti Jepang, Belgia, dan Australia, pendap juga sudah dapat ditemui di sana. Wah wah wah, gokil!

6. Gulai Belacan, Riau

kuliner khas riau
katasaya.com

Dari Bengkulu, kita beralih ke Kepulauan Riau. Di sini, ada makanan yang cita rasanya nggak boleh diremehkan sama sekali. Ya, ada gulai belacan, sob. Tau kan gulai belacan? Itu lho, olahan gulai, tapi kuahnya pakai campuran terasi. Udah gitu, isinya pun nggak kalah menggugah selera. Ada udang, ikan, bahkan terkadang petai. Meriah banget pokoknya!

7. Otak-otak, Kepulauan Riau

otak-otak
harkit-sasmito.blogspot.co.id

Semasa kecil, kita sering banget jajan otak-otak di depan sekolahan. Tapi pada tahu nggak, sebenarnya dari provinsi mana sih makanan otak-otak itu berasal?

Usut punya usut, ternyata otak-otak adalah makanan khas dari Provinsi Kepulauan Riau. Di tempat asalnya, ada dua jenis otak-otak dengan bahan dasar yang berbeda. Yang pertama, yaitu berbahan dasar ikan, seperti yang sering kita jumpai di penjual otak-otak keliling, dan yang kedua, yaitu berbahan dasar cumi. Bedanya, kalau otak-otak cumi biasanya memiliki rasa lebih pedas.

8. Pempek, Sumatera Selatan

makanan khas palembang
bisnisukm.com

Pempek adalah salah satu street food paling populer di Indonesia. Meski bisa dibilang harganya cukup mahal, namun penggemar pempek tetap rela merogoh kocek mereka demi menikmati seporsi pempek Palembang yang terkenal nikmat.

Namun jangan khawatir, di Jakarta, kita juga dapat dengan mudah menemukan penjual pempek dengan versi yang lebih murah. Tentu saja rasanya tidak se-original pempek asli yang berbahan dasar ikan tenggiri. Karena biasanya, pempek yang murah sudah disesuaikan dengan harganya, adonan tepung kanji dan terigunya lebih banyak.

Yang membuat pempek itu begitu nikmat adalah kuahnya. Orang Palembang menyebutnya cuko.Warnanya kecokelatan dan agak kental. Cuko terbuat dari gula merah, bawang putih, cabai, dan udang ebi yang ditumbuk dan dimasak dengan air. Nikmat bener dah.

9. Mie Bangka, Bangka Belitung

mie khas bangka belitung
foodwhere.co

Ada dua makanan yang paling menonjol kalau kita ke Bangka. Pertama, martabak. Kedua, mie bangka. Kalau martabak bangka, semua sudah tahu lah, ya. Makanan favorit sejuta umat. Kalau mie bangka, mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu.

Mie bangka adalah mie kuning yang disiram dengan kuah khusus berisi seafood seperti udang, cumi, kepiting. Saat ini sudah banyak dijumpai kedai-kedai makanan yang menjual mie bangka di Jakarta dan sekitarnya.

10. Seruit, Lampung

kuliner nusantara
tourlampung.com

Tak banyak orang yang mengenal makanan khas Lampung. Memang, makanan khas Lampung tidak setenar makanan khas Padang, Palembang, atau Sunda. Namun bukan berarti makanan khas lampung tidak nikmat lho. Di Lampung ada satu menu andalan yang kelezatannya tak bisa dielakkan.

Namanya seruit. Yaitu ikan (terkadang juga tahu, tempe, dan terong) yang digoreng atau dibakar, kemudian dicampur dengan sambal terasi. Terdengar biasa aja ya? Tunggu dulu, belum selesai. Yang bikin seruit ini spesial adalah, seruit menggunakan tempoyak dan mangga dalam hidangannya. Dijamin bikin ngiler.

Sampai Sumatera dulu, selanjutnya kita akan lanjut ke pulau Jawa. 😀

Leave a Reply