Kuliner Ciamis Yang Melegenda

Ciamis merupakan suatu nama Kabupaten di Jawa Barat yang sangat kental sekali dengan tradisi sunda-nya.

Ciamis pun memiliki suatu kebanggaan sendiri dalam menyajikan kuliner-kuliner tradisional yang mampu bersaing dengan kuliner masa kini. Ya tentunya dalam hal citarasa.

Galendo

Galendo, merupakan makanan khas Ciamis berjenis makanan penutup yang sering diburu wisatawan yang berkunjung ke sini.

Galendo merupakan hidangan manis sejenis kue yang terbuat dari sari pati kelapa. Sudah terbayang jika suatu makanan yang berbahan dasar kelapa pasti memiliki citarasa gurih yang sangat khas dari kelapa.

Pembuatan Galendo

Proses pembuatan dari galendo ini cukup menarik, daging kelapa yang telah diparut kemudian diambil santannya dengan cara mencampur santan kelapa dengan air lalu diperas santannya.

Kemudian santan tersebut dimasak dalam wajan besar selama berjam-jam hingga air menguap dan membentuk serbuk-serbuk kecokelatan.

Kemudian hasil dari proses memasak yang berbentuk serbuk cokelat itu masuk ke dalam proses “pengepresan” atau proses memisahkan minyak kelapa dengan ampasnya.

Minyak kelapa ini disebut dengan minyak keletik, dan ampas dari sisa “pengepresan” itu lah yang disebut dengan galendo.

Sedikit Cerita Tentang Galendo

Dahulu, masyarakat Ciamis hanya membuat minyak keletik tersebut untuk dijual, namun seiring berjalannya waktu, dan ditemukan citarasa dari serbuk kecokelatan itu yang gurih dan juga manis, di situlah awalnya makanan bernama galendo ini mulai dibuat dan diolah.

Harganya?

Kini, galendo sendiri sudah cukup populer dan mampu menyaingi dari minyak keletik itu sendiri yang awalnya dijadikan sebagai hasil utama pengolahan dari minyak kelapa tersebut.

Dari harganya saja sudah terlihat jika galendo sudah bersaing dengan minyak keletik. Harga dari galendo di pasar-pasar di Ciamis kini berkisaran mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 per kilogram-nya, sedangkan harga minyak keletik sendiri berkisaran mulai dari Rp. 12.000.

Variasi Rasa Galendo

Hasil atau ampas dari pemisahan minyak tersebut yang bernama galendo tidak semerta-merta langsung dimakan begitu saja. Banyak variasi-variasi olahan galendo demi menarik minat pengunjung dan wisatawan.

Walaupun ada rasa utama yaitu original, namun kreasi-kreasi dari penjual galendo ini membuat beberapa varian rasa, rasa cokelat justru memiliki nama panggilan yang cukup khas oleh penjual dan pembeli yaitu “galecok” atau galendo rasa cokelat.

Ada juga rasa susu dan rasa lainnya, namun biasanya para pembeli cenderung menyukai galendo dengan rasa original dan rasa cokelat.

Rasanya? Seindah Punya Gebetan..

Citarasa yang dihasilkan galendo sangat luar biasa, citarasa manis dan gurih kelapa serta ditambah dengan varian rasa cokelat atau yang lainnya membuat galendo ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi saat sedang bersantai di sore hari atau bahkan di pagi hari untuk menjadi sarapan yang mantap.

 

Kini galendo sangat mudah dijumpai hampir di seluruh pasar-pasar di Ciamis, bahkan di toko-toko online sudah menyediakan galendo yang siap kirim kemanapun.

Pasti makanan khas Ciamis yang satu ini membuat kamu penasaran untuk mencicipinya, dan jangan lupa untuk menjadikan galendo sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman jika kamu sedang berkunjung ke Ciamis.

Leave a Reply