8 Khasiat Menakjubkan Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu merupakan minuman yang mirip dengan sirup, namun madu lebih kental dan lebih manis. Madu ini dihasilkan oleh hewan lebah atau jenis serangga yang lain dengan menghisap nektar bunga. Maka tak heran jika khasiat madu sangatlah banyak.

Rasa manis yang terdapat pada madu disebabkan oleh senyawa monosakarida fruktosa dan glukosa, dan rasa manisnya mirip dengan gula.

Madu mengandung banyak sekali nutrisi dan zat gizi, seperti protein, karbohidrat, vitamin, asam amino, dekstrin, mineral, komponen aromatic dan pigmen tumbuhan.

Para ahli menyebutkan bahwa di dalam madu terkandung karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan produk ternak lain, seperti telur, susu, keju, daging, dan mentega.

Di dalam setiap 100 gram madu murni terkandung 294 kalori. Jika dibandingkan, 1000 gram madu murni setara dengan 5,675 liter susu, atau 50 butir telur, atau 1680 gram daging.

Dari beberapa penelitian juga didapatkan bahwa zat-zat atau senyawa yang terdapat di dalam madu sangat banyak dan komplek, yakni mencapai 181 jenis senyawa.

Madu juga mengandung beberapa jenis senyawa yang dipercaya berfungsi untuk antioksidan, seperti pinobanksin, pinocembarin, katalase, vitamin C, dan chrysin. Komposisi kandungan dari madu juga bergantung pada bunga yang dihisap oleh lebah untuk menghasilkan madu.

Khasiat Madu Untuk Kesehatan

Khasiat dari madu sudah dikenal sejak jaman Mesir kuno. Madu memiliki banyak sekali khasiat, terutama untuk kesehatan. Selain itu, konon madu juga dipakai untuk ramuan pembalseman dalam mengawetkan Mumi raja-raja Mesir Kuno.

Jika ingin tahu lebih lengkapnya, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat atau khasiat mengonsumsi madu bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Di dalam madu terkandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Jika Anda teratur dalam mengonsumsi madu, maka dapat membuat tubuh Anda lebih sehat, terlihat awet muda, dan terhindar dari penyakit.

2. Menghaluskan Kulit

Madu mengandung asam glukonat dan asam organik yang bisa melonggarkan ikatan dari sel-sel kulit mati, sehingga dapat mempercepat regenarasi, mengurangi keriput, menyeimbangkan minyak dan dapat meningkatkan elastisitas kulit.

3. Meningkatkan Stamina

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa madu dapat meningkatkan ergogenic atau performa, sehingga bisa meningkatkan performa dan stamina atlet.

Madu ini bisa membantu mengontrol gula darah, membantu penyembuhan otot dan membantu pemulihan stamina setelah melakukan aktifitas yang berat.

khasiat madu

pixabay.com

4. Menurunkan Berat Badan

Madu ini berbeda dengan gula yang tinggi kalori dan glukosa, di dalam madu terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. banyak yang percaya bahwa madu dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menurunkan berat badan.

5. Dapat Mengobati Radang Tenggorokan

Di dalam madu terdapat kandungan anti bakteri yang mampu melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab radang tenggorokan.

6. Merangsang Pertumbuhan Jaringan

Madu mengandung propolis, vitamin, mineral, serbuk sari dan enzim yang dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Jika madu digunakan untuk mengolesi luka bakar, maka madu akan mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.

7. Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Walaupun madu lebih manis daripada gula, tapi madu mempunyai indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Madu merupakan alternatif pemanis yang paling aman jika dibanding dengan gula ataupun gula sintesis lain.

Bahkan beberapa penelitian menemukan bahwa madu mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Vitamin alami dan mineral yang terdapat di dalam madu juga bisa membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) di dalam tubuh.

8. Membantu Menyuburkan Kandungan

Bagi Anda yang sudah lama menikah namun tak kunjung mendapat momongan. Anda dapat mencoba mengkonsumsi madu penyubur. Madu penyubur ini diramu dari berbagai herbal yang sangat bagus untuk kesehatan kandungan. Dengan rutin minum madu penyubur, semoga masalah kandungan Anda segera teratasi.

Demikian penjelasan mengenai madu dan beberapa manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Reply