24 Kerajinan Tangan dari Bambu yang Unik dan Kreatif

Kerajinan tangan dari bambu – Sejak zaman dulu, para leluhur bangsa Indonesia telah memanfaatkan tanaman bambu dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mulai dari tempat tinggal, peralatan memasak, peralatan makan, peralatan bangunan, bahkan dijadikan senjata untuk mengusir penjajah.

Salah satu pemanfaatan penggunaan bambu yang masih digunakan hingga kini adalah kerajinan anyaman. Kerajinan anyaman bambu di Indonesia banyak sekali jenis dan macamnya. Setiap daerah memiliki jenis anyaman bambu sendiri.

Motif anyaman bambu setiap daerah pun berbeda-beda, tergantung dari adat dan budaya yang berkembang di daerah tersebut.

Namun, ternyata tidak semua jenis bambu bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan, lho. Hanya bambu-bambu dengan spesifikasi tertentu saja yang dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan –termasuk anyaman bambu.

Sebelum kita mengulas kerajinan tangan dari bambu, mari kita mengenal jenis bambu yang bagus untuk dibuat kerajinan tangan terlebih dahulu.

Jenis Bambu untuk Kerajinan Tangan

Memang ternyata tidak semua jenis bambu dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan. Bukan berarti sama sekali tidak bisa, hanya saja ditilik dari segi kualitasnya, terdapat setidaknya dua jenis bambu yang bagus untuk kerajinan tangan. Apa saja itu?

1 – Bambu Tali (Gigantochloa apus)

Bambu tali dikenal juga dengan nama bambu apus, pring tali, atau awi tali. Kalau dilihat dari bentuk tanamannya, bambu tali membentuk rumpun yang rapat dan dapat tumbuh hingga 20 meter.

Alasan bambu tali digunakan sebagai bahan kerajinan tangan adalah, karena ambu tali memiliki batang yang kuat, lurus, dan juga liat (lentur). Karena kualitasnya yang bagus, bambu jenis ini juga dimanfaatkan sebagai bahan baku alat musik bambu.

2 – Bambu Wulung (Gigantochloa atroviolacea)

Bambu wulung disebut juga bambu hitam, pring wulung, pring ireng, atau awi hideung kalau di Sunda. Sudah jelas dong, bambu wulung memiliki warna yang agak kehitaman.

Di daerah Jawa Barat, kita mengenal alat musik angklung. Nah, tahukah kamu, bahwa bahan baku pembuat angklung adalah bambu wulung? Selain angklung, alat musik gambang dan calung juga dibuat dengan bambu wulung.

Di samping itu, bambu wulung dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan mebel dan bahan kerajinan tangan lainnya. Pernah melihat jenis anyaman bambu yang memiliki corak anyaman gelap dan terang? Nah, corak anyaman yang gelap itu adalah jenis bambu wulung, gaes.

Contoh Kerajinan Tangan dari Bambu

Bambu merupakan tanaman dengan sejuta manfaat. Seperti halnya tanaman kelapa, hampir semua bagian dari tanaman bambu dapat kita manfaatkan, mulai dari daunnya, batangnya, akarnya, hingga rebungnya.

Salah satu manfaat terbesar dari pohon bambu adalah dapat dibuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan dari bambu pun bermacam-macam, ada furnitur, ada alat musik, ada mainan, ada peralatan rumah tangga, wah banyak deh pokoknya.

Mending langsung aja kita bahas yuk!

1 – Furniture dari Bambu (Meja dan Kursi dari Bambu)

Kursi tamu dari bambu

kerajinan tangan dari bambu

meja makan dari bambu

Mungkin di rumah kamu juga terdapat beberapa furniture yang terbuat dari bahan bambu, seperti kursi, meja, atau bahkan lemari. Memang deh ya, pesona tanaman bambu tidak pernah habis dimakan zaman.

Meski zaman sudah semakin maju, namun minat masyarakat terhadap perabotan rumah dari bambu tidak ada habisnya.

Buktinya, hingga kini kerajinan tangan furnitur dari bambu masih banyak dicari oleh masyarakat. Banyak pengusaha mebel di Indonesia yang juga melayani pemesanan furniture dari bambu ini.

2 – Lampu Hias dari Bambu

Lampu tidur dari bambu

lampu hias dari bambuLampu belajar dari bambu

Memang kedengarannya lucu; kalau zaman dulu, orang memanfaatkan tanaman bambu sebagai tempat obor, kini orang memanfaatkan tanaman bambu juga sebagai alat penerangan, yaitu lampu hias.

Dengan harga yang relatif murah, serta desain yang unik dan memiliki kesan mewah, membuat permintaan pasar akan lampu hias dari bambu ini terus naik. Ini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan di kalangan para pengerajin bambu.

3 – Gazebo dari Bambu

gazebo dari bambu

gazebo bambu murah

Gazebo adalah tempat yang tepat untuk berteduh dari teriknya matahari siang dan derasnya air hujan. Di Sunda, kita mengenal yang namanya saung dan umumnya terbuat dari bambu. Saung bambu yang terletak di tengah sawah memberikan kesan yang asri bagi siapapun yang beristirahat di sana.

Kesan inilah yang sebenarnya selalu dirindukan oleh kita. Karena itulah, kini banyak masyarakat yang memesan pembuatan gazebo/saung bambu di pekarangan rumah mereka. Wah, asik juga ya, kalau punya saung bambu di rumah.

4 – Tempat Tidur dari Bambu

ranjang bambu

tempat tidur bambu

Gimana ya rasanya tidur di atas ranjang yang terbuat dari bambu? Mungkin tidak terlalu banyak perbedaan dibanding dengan ranjang kayu biasa.

Tapi kelebihannya terdapat pada sisi estetika ranjang tersebut sebagai elemen inti dari sebuah kamar tidur. Tempat tidur yang terbuat dari bambu dapat memberi kesan alami pada kamar tidurmu. Unik!

5 – Bingkai Foto dari Bambu

kerajinan tangan dari bambu

pigura kerajinan tangan dari bambu

Kalau kamu ingin memberi sebuah ruangan kesan yang serba bambu, cobalah untuk membingkai foto atau lukisan yang ada di dalam ruangan itu dengan bingkai foto yang terbuat dari bambu.

Tidak seperti bingkai foto kayu dengan banyak ukiran yang harganya mahal, bingkai foto bambu umumnya memiliki harga yang lebih murah dibanding bingkai-bingkai berbahan kayu maupun aluminum. Dari segi estetika, dapet banget!

6 – Alat Musik dari Bambu

kerajinan bambu, angklung

alat musik dari kerajinan tangan bambu

Karena kalau semua alat musik dari bambu dibahas satu-persatu artikel ini akan menjadi sangat panjang, maka kita akan menyebutkan beberapa contoh alat musik dari bambu yang umumnya sudah kita kenal.

Contoh paling terkenalnya mungkin adalah angklung. Alat musik asal tanah Sunda ini merupakan alat musik yang cukup terkenal di dalam dan luar negeri. Contoh alat musik dari bambu yang lainnya adalah calung, seruling bambu, karinding, dan kenthongan Banyumas.

7 – Keyboard dan Mouse dari Bambu

keyboard unik dari bambu

kerajinan tangan dari bambu

Apa jadinya jika alam dan teknologi bersatu? Kenalin nih gaes, keyboard dan mouse dari bambu! Bukan cuma perkakas dan peralatan rumah tangga saja yang bisa terbuat dari bambu. Dengan hadirnya keyboard yang terbuat dari bambu ini membuktikan bahwa alam dan teknologi dapat berjalan beriringan. Keren ya.

8 – Sepeda dari Bambu

kerajinan tangan dari bambu

kerajinan tangan sepeda bambu keren

Yang satu ini juga antimainstream nih. Sepeda yang terbuat dari bambu. Pembuatnya adalah Kang Gunawan dan Kelompok Haur yang berasal dari Bandung. Bambu yang digunakan bukan bambu sembarangan, melainkan bambu jenis haur.

Kerennya lagi, kini produk sepeda mereka juga sudah banyak dipasarkan ke mancanegara. Wah, salut!

9 – Perabotan Rumah Tangga dari Bambu

COntoh kerajinan tangan dari bambu

kerajinan tangan gelas bambu

kerajinan tangan perabotan bambu

Salah satu jenis kerajinan tangan dari bambu yang mudah kita jumpai adalah perabotan rumah tangga. Pernak-pernik mulai dari yang kecil sampai yang besar. Sebut saja misalnya tempat tissue, tudung saji, rak sepatu, keranjang sampah, banyak deh pokoknya.

10 – Jam Tangan dari Bambu

kerajinan tangan jam tangan bambu

Jam tangan yang terbuat dari kayu kini sedang naik daun. Rupanya tidak cuma jam tangan kayu, tapi juga ada jam tangan yang terbuat dari bambu. Di Tokopedia, jam tangan bambu dibanderol dengan harga Rp289.000, wah lumayan juga ya bro.

11 – Kacamata dari Bambu

kerajinan tangan kacamata bambu

Sepertinya trend fashion yang memadukan keindahan alam selalu menarik perhatian. Selain jam tangan yang terbuat dari bambu, ada juga brand Australia, Bamb-U, yang memproduksi kacamata berbahan dasar bambu. Kacamata fashion dengan motif guratan serat bambu ini memang sangat menarik untuk dikoleksi.

 

Leave a Reply