kelinci californian

Kelinci Californian: Hewan Lucu Bernilai Ekonomi Tinggi

Mungkin sebagian besar penghobi kelinci hias sudah tidak asing lagi saat mendengar nama kelinci Californian.

Kelinci ini merupakan kelinci hasil persilangan antara kelinci Himalaya dan kelinci Chinchilla yang kemudian disilangkan lagi dengan New Zealand White, sehingga hasilnya merupakan kelinci bertubuh besar, berdaging banyak serta memiliki ciri khas hamper mirip kelinci Himalayan.

Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

kelinci californian

Californian rabbit memiliki nilai ekonomis yang tinggi, jenis kelinci ini diakui sebagai kelinci yang banyak menghasilkan daging yang sangat baik.

Dengan ciri seluruh tubuhnya berwarna putih dengan warna hitam di kedua telingannya juga sedikit di hidung dan keempat kakinya.

Kelinci California sangat cocok untuk para penghobi maupun yang ingin mencoba ternak kelinci, karena masih jarang orang yang melirik bisnis ini, maka ini waktu yang tepat bagi para pembaca untuk mengambil kesempatan.

Pada umumnya, kelinci Californian dapat mengasuh anak-anak yang dilahirkan dengan baik dan sangat telaten. Sehingga, anak-anak dari kelinci Californian dapat tumbuh dewasa dengan cepat.

Bentuk Tubuh Kelinci Californian

ternak kelinci kalifornia

Panjang tubuh kelinci jenis Californian tergolong sedang-sedang saja dengan punggung sedikit membulat. Sedangkan bagian samping dan bahu banyak berisi daging.

Berat kelinci jenis Californian jantan dewasa dapat mencapai bobot antara 3,9 kg sampai 4,5 kg. Sedangkan bobot kelinci jenis Californian betina dewasa dapat mencapai 4,6 kg-4,9 kg.

Setiap induk kelinci Californian pertahun dapat menghasilkan anakan 48-50 ekor. Berat badan kelinci umur 60 hari dapat mencapai 1,9 kg.

Selain menjadi kelinci hias, kelinci California juga lebih condong untuk dijadikan kelinci pedaging. Hal ini dikarenakan kemampuannya menghasilkan daging yang banyak dengan bobot tubuh yang pas untuk dijadikan ternak kelinci pedaging.

Apabila ingin beternak kelinci Californian ini sebaiknya diawali dulu dengan rasa ketertarikan.

Karena pada umumnya ketertarikan akan kelinci California akan menjadi hobi, dari hobi inilah rasa ketelatenan untuk merawat kelinci bisa ditumbuhkan dan kemudian bisa diarahkan menjadi bisnis. Sehingga hobi yang berubah menjadi bisnis bisa mungkin terjadi.

Dengan demikian, beternak kelinci California menjadi pilihan yang perlu dipertimbangkan, apalagi mengingat nilai ekonomis dan perkembangannya yang sangat cepat, menjadi alasan yang menguntungkan untuk beternak sekaligus mempelajari cara ternak kelinci.

Demikian sedikit pemaparan mengenai ternak kelinci Californian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Reply