Jus Untuk Diet

Adakah jus untuk diet sehat alami? Hampir semua dari kita, baik pria ataupun wanita pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang proporsional dan ideal. Oleh karena itu, mereka yang merasa bentuk tubuhnya belum mencapai standar yang ideal, akan melakukan berbagai cara untuk meng-ideal-kan bentuk tubuhnya. Salah satu cara yang paling sering ditempuh sebagai ‘jalan pintas’ untuk mendapatkan tubuh yang idal adalah diet ketat.

Banyak sekali metode diet ketat yang beredar di masyarakat. Dalam persepsi mereka, asalkan berat badan sudah turun, berarti diet itu dinyatakan berhasil. Memang benar, dengan diet ketat seperti berpuasa, membatasi jumlah makanan, pantang makan ini dan itu, akan sangat memengaruhi dalam penurunan berat badan. Jelas, karena asupan lemakpun berkurang.

Namun, apakah benar seperti itu yang dinamakan diet? Nyatanya, banyak dari mereka yang menjalankan metode diet ketat yang akhirnya justru malah jatuh sakit akibat mengabaikan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dalam berdiet. Dalam sebuah acara, DR. Inge Permadhi, dr., MS, SpGK. mengatakan,

“Diet itu bukannya tidak makan!” Untuk memiliki Indeks Masa Tubuh yang ideal, jumlah makanan yang dikonsumsi harus bervariasi jenisnya, agar tercukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan cairan pada tubuh. Gula, minya, dan garam, berada di tingkatan porsi yang harus dibatasi penggunaannya,” jelas dokter spesialis gizi klinik itu.

Lalu bagaimana sih cara diet sehat itu?

Hal pertama yang harus ditanamkan untuk menjalani program diet sehat adalah mengubah pola pikir. Kalau kita cari di internet dengan kata kunci “program diet” atau “program diet sehat”, banyak yang mengatakan kalau diet adalah proses menurunkan berat badan.

Contohnya
jus untuk diet jus untuk diet

Akibatnya, banyak masyarakat yang berpikir bahwa jika makin sedikit kita makan, maka akan makin cepat kurus. Anggapan ini tentu sepenuhnya tidak benar. Justru, kalau kita semakin jarang makan, tubuh yang sudah terbiasa diisi dengan kalori akan memberontak, dan tubuh kita akan lemas dan timbullah rasa lapar. Kalau sudah begini, biasanya kita akan langsung makan tanpa memilih jenis makanan yang sehat.

Menghayati saat sedang makan

buah untuk diet

Meski kedengarannya agak aneh, tapi nyatanya, memang kita harus menghayati makanan ketika sedang makan. Jangan anggap remeh kebiasaan ini, karena ketika kita makan makanan dengan tergesa-gesa, makanan tersebut akan menyebabkan kemacetan di dalam tubuh.

Ketika ada makanan yang ‘macet’, otomatis hormon insulin akan bertindak untuk ‘mengurai’ kemacetan itu dengan cara menempatkan makanan yang macet itu ke jaringan adiposa, yang notabenenya adalah ‘gudang lemak’ di dalam tubuh.

Kalau sudah gitu, apa yang terjadi? Begini, pernahkah kamu merasa makanan yang kamu makan itu selalu kurang? Atau, mengapa ketika makan snack rasanya ingin tambah dan tambah lagi? Ini karena kita tidak menghayati makanan, alias dimakan dengan terburu-buru.

Makan makanan dengan terburu-buru, selain menyebabkan kemacetan di dalam tubuh, juga akan menyebabkan otak kita lupa akan rasa dari makanan tersebut. Sehingga, otak akan berusaha mengingat-ingat rasa dari makanan tadi, namun tidak bisa. Otomatis, si otak akan memerintahkan kita untuk mengulang makan makanan yang tadi.

Oleh karena itu, ketika hendak makan, baiknya duduk dan makanlah dengan tenang, hayati suap demi suap makanan yang kita makan, dan jangan lupa bersyukur atas makanan tersebut. Ini akan membuat otak kita lebih lama dalam mengingat makanan dan juga menunda rasa lapar.

Jangan jadikan makanan sebagai alat penenang

jus buah untuk diet

Apakah kamu termasuk orang yang suka makan cokelat ketika sedang galau? Atau kamu suka minum kopi ketika pikiran sedang buntu, stres, dan sebagainya? Kalau iya, kurang-kurangin, deh. Memang betul, kandungan yang terdapat pada cokelat dapat meningkatkan kadar phenylethylamine yang merupakan antidepresan alami dalam diri kita.

Akibatnya, saat memakan cokelat, kita akan merasakan efek nyaman dan tenang. Namun, nyatanya cokelat juga mengandung banyak lemak dan gula-gula, yang merupakan musuh bagi pembuluh darah dan juga jantung.

Ada banyak metode menenangkan pikiran selain mengalihkannya pada makanan. Seperti misalnya bermain dengan kucing, berjalan-jalan di pagi hari, berendam, beribadah, ataupun sekadar mengatur pernapasan.

Diet bukan menyiksa tubuh

jus sayur untuk diet

Kebanyakan dari kita melakukan diet makanan hanya karena ingin berat badan turun. Akhirnya, yang dilakukan adalah berolahraga keras, membatasi makan dalam sehari, tidak makan nasi, dan sebagainya. Memang, dalam sebulan, berat badan bisa turun hingga 5-10 kg. Tapi tentu saja itu akan berdampak tidak baik terhadap tubuh kita.

Berat badan yang turun drastis sangatlah berbahaya bagi tubuh. Jangan pernah berharap berat badanmu bisa turun katakanlah 10 kg dalam sebulan. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, itu berbahaya, dan juga sangat berpotensi untuk kembali lagi dengan cepat.

Alih-alih berat badan yang turun, dengan cara diet yang seperti ini, kamu akan bisa sangat terobsesi, merasa stres, dan akhirnya jatuh sakit. Sesungguhnya, berat badan yang turun 1 kg dalam satu bulan namun dengan tetap makan makanan yang sehat itu jauh lebih baik ketimbang yang demikian.

Ingat! Tujuan utama diet adalah untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Jadi, ketimbang stres memikirkan untuk tidak makan supaya berat badan turun, mendingan memikirkan untuk makan apa supaya badan tetap sehat. Banyak kok, olahan jus untuk diet yang segar dan nikmat.

Berdiskusi dengan tubuhmu

cara diet sehat dengan jus untuk diet

Percaya atau tidak, ketika kita mendiskusikan segala sesuatu dengan tubuh kita, secara tidak sadar kita telah menanamkan sugesti ke dalam diri kita, sehingga tubuh kita lebih mudah diatur.

Ketika kamu sudah terbiasa dengan pola hidup dan makanan yang sehat, pasti akan ada pikiran-pikiran terlintas yang membujukmu untuk memberikan toleransi kepada sepotong pizza untuk kamu makan.

“Udahlah, sepotong pizza aja, kok. Nggak akan bikin berat badan naik.”

Atau…

“Udah lama nih nggak makan cokelat. Makan sebungkus dua bungkus nggak apa-apa lah ya.. Kan, jarang-jarang juga.”

Itulah rayuan-rayuan yang terkadang terlintas di benak kita ketika sudah meraih pencapaian tertentu dalam menjalani diet sehat. Kita tidak mungkin menghindar begitu saja dari rayuan tersebut, karena bagaimanapun pasti akan datang lagi dan datang lagi. Mungkin sama seperti ketika seseorang memutuskan untuk berhenti merokok.

Solusinya, ajaklah tubuh kita diskusi. Duduk dalam satu forum, dan ajukan pertanyaan-pertanyaan seperti, “Yakin nih mau makan cokelat? Yakin cuma sepotong? Nanti pasti keterusan.. Kalau udah gitu, kan kamu juga yang rugi.” Atau, “Daripada makan pizza, gimana kalo kita minum jus untuk diet aja? Kayaknya seger tuh.”

Dengan berdiskusi seperti itu, tubuh akan lebih memaklumi dan toleran terhadap apa yang saat ini kamu sedang perjuangkan. Sehingga tidak ada lagi yang namanya pemberontakan-pemberontakan dari dalam tubuh. Diet ‘kan, juga harus enjoy! Setuju?

Mulailah dari hal-hal yang kecil

menu makanan diet sehat dan alami

Ketika memutuskan untuk melakukan diet, biasanya kita akan sangat berambisi untuk mencapai target-target tertentu. “Pokoknya harus turun 10 kg dalam sebulan!” dan sebagainya. Dengan target setinggi itu, kita justru akan menurunkan motivasi dalam melakukan pola diet yang sehat ketika target tersebut tidak terpenuhi.

Padahal, dari awal bukan pola diet sehatnya yang salah. Tapi targetnya. Oleh karena itu, dalam melakukan pola diet yang sehat, baiknya kita menentukan target 1 kg per bulan, sehingga langkah diet yang kamu jalani tidak akan menjadi beban.

Berbeda dengan ketika kamu memasang target yang terlalu tinggi dan bahkan mustahil, kamu akan melakukan segala cara yang berbahaya. Ketika di bulan pertama, mungkin iya berat badanmu turun 10 kg. Tapi di bulan-bulan berikutnya, yang terjadi adalah kenaikan berat badan.

Jangan tunggu tubuhmu merasakan lapar yang begitu melilit, makanlah secukupnya. Sedikit, tapi teratur. Dengan cara ini, kamu akan tidak merasa terlalu kenyang ataupun terlalu lapar. Alhasil, kamu secara tidak sadar telah membangun kebiasaan sehat dalam dirimu. Meski berat badanmu hanya turun 1 kg dalam sebulan, namun di bulan-bulan berikutnya akan terus turun seiring kebisaan diet sehat yang kamu lakukan.

Buah dan sayur yang baik untuk diet

jus untuk diet cepat

 

Ada banyak sekali jenis buah yang baik untuk diet. Begitu juga dengan jenis sayuran. Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah menu makanan diet sehat yang paling mudah dilakukan. Selain mudah didapat, variasi jenis buah dan sayur juga banyak, sehingga akan mengurangi rasa bosanmu ketika diet dengan makan dan minum yang itu-itu saja.

Contoh jenis buah yang baik untuk diet, misalnya seperti apel, pir, jeruk, pisang, stroberi, labu, buah bit, dan masih banyak lagi. Buah-buah yang baik untuk diet ini pun selain lezat dimakan langsung, juga memiliki banyak variasi resep yang bisa di-mix sesuai dengan selera kita masing-masing.

Selain buah, ada juga sayur yang baik untuk diet. Apa saja sayur-sayuran tersebut? Sayuran seperti wortel, tomat, mentimun, bayam, dan selada, adalah contoh sayur yang baik untuk diet. Selain sayuran tersebut, umbi-umbian seperti jahe dan kunyit juga bagus lho untuk diet.

Permasalahannya, kamu tidak mungkin kan, makan jahe atau kunyit saja? Atau kalau kamu makan sayur setiap hari yang itu-itu saja, pasti kamu akan bosan dong. Nah, untuk mengatasi kebosanan itu, kamu bisa mix antara buah dan sayuran tersebut sesuai selera. Di bawah ini akan kami sajikan daftar resep jus untuk diet sehat.

Resep jus buah yang baik untuk diet sehat

Untuk menumbuhkan rasa suka dan semangat dan juga mencegah kebosanan dalam menjalani pola diet yang sehat, kita membutuhkan inovasi-inovasi dalam mengolah menu makanan diet sehat. Salah satunya yaitu dengan me-mix antara sayuran dan buah yang baik untuk diet.

1. Jus apel dan labu kuning

jus untuk diet sehat dan cepat

Resep jus untuk diet yang pertama adalah jus apel yang dipadukan dengan buah labu. Labu yang digunakan di sini adalah jenis labu kuning. Buah labu kuning sangat kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin E, vitamin C, dan vitamin A. Selain itu, labu kuning jga kaya akan zat antioksidan, yang berguna untuk membuang racun dalam tubuh.

Untuk membuatnya, kamu membutuhkan:

  • Satu atau dua buah apel
  • Satu potong labu kuning
  • Air putih 200 ml

Langkah pembuatan:

  1. Langkah pembuatan jus apel dan labu cukup mudah. Sebelumnya, siapkan blender dan kukusan.
  2. Kemudian, potong apel menjadi beberapa bagian, buang bagian tengahnya.
  3. Potong labu menjadi beberapa potongan kecil, lalu kukus selama 10 menit. Potongan yang kecil akan membantu cepatnya proses pengukusan.
  4. Setelah itu, masukkan potongan buah apel dan labu yang sudah dikukus ke dalam blender, dan jangan lupa tambah sedikit air. (Tidak mesti 200 ml, sesuai selera saja)
  5. Tambahkan sedikit gula atau susu jika mau, kemudian blender dengan kecepatan tinggi.
  6. Jus apel dan labu segar siap dinikmati!

2. Jus apel campur kunyit dan madu

jus yang baik untuk diet

Jus untuk diet yang kedua adalah jus apel dipadu dengan kunyit dan madu. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kunyit dan madu memiliki khasiat yang luar biasa. Salah satu khasiat dari jus apel dicampur kunyit dan madu ini adalah mencegah tumbuhnya sel tumor di dalam tubuh kita.

Bahan yang kamu butuhkan:

  • Dua buah apel hijau
  • Sepotong kecil kunyit
  • Daun mint 10 gr
  • Madu 1 sendok

Langkah pembuatan:

  1. Cuci dan potong-potong buah apel menjadi beberapa bagian, buang bagian tengahnya.
  2. Kemudian, kupas kunyit dan cuci. Kunyit yang digunakan kira-kira 25 gr.
  3. Selanjutnya masukkan semua potongan apel dan kunyit ke dalam blender, lalu tambahkan madu dan daun mint.
  4. Tambahkan air putih sesuai selera, lalu blender dengan kecepatan tinggi sampai halus, kemudian sajikan.

3. Jus apel dipadu dengan wortel, mentimun, dan buah bit

jus untuk menurunkan berat badan

Bagi kamu pecinta warna jingga, kamu pasti akan menyukai jus untuk diet yang satu ini. Ya, jus apel, jus wortel, jus mentimun, dan jus buah bit dijadikan satu. Hmm, bagaimana rasanya ya? Coba saja di rumah, dijamin segar!

Bahan yang kamu butuhkan:

  • Satu buah apel (jenis apel bebas)
  • Setengah potong mentimun
  • Setengah potong buah bit
  • Lima buah wortel
  • Satu batang daun seledri

Langkah pembuatan:

  1. Pertama, cuci semua bahan sampai bersih, lalu potong kecil-kecil.
  2. Kemudian, masukkan semua bahan yang telah dipotong kecil-kecil ke dalam blender, dan tambahkan air sesuai selera.
  3. Kalau kamu mau, kamu bisa tambahkan sedikit gula atau susu atau madu untuk menambah rasa manis. Blender dengan kecepatan tinggi.
  4. Jus sehat untuk diet siap dihidangkan.

4. Jus buah apel, pir, dan jahe

jus sayur untuk diet sehat dan cepat

Salah satu penyebab perut buncit bukan hanya penumpukan lemak saja lho, tapi juga bisa jadi karena kotoran yang menumpuk di dalam perut. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan memperlancar pencernaan. Jus buah apel, pir, dan jahe ini sangat baik untuk membuat pencernaanmu menjadi lancar.

Bahan yang kamu butuhkan:

  • Dua buah apel, jenis bebas
  • Satu buah pir
  • Sepotong kecil jahe, kira-kira 25 gr
  • Sesendok madu

Langkah pembuatan:

  1. Pertama, cuci apel, pir, dan jahe hingga bersih, lalu potong dan buang bagian yang tidak diperlukan.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam blender, dan tambahkan air sesuai selera.
  3. Terakhir, tambahkan sesendok madu, lalu blender sampai halus.
  4. Jus untuk diet telah siap dihidangkan.

5. Jus buah pir dan bayam

jus untuk diet alami

Jus untuk diet yang selanjutnya adalah jus buah pir dan bayam. Sayur bayam memiliki banyak kandungan zat besi, dan baik untuk kekebalan tubuh. Selain itu, jus untuk diet yang satu ini juga memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan dan memperlancar pencernaan jika dikonsumsi secara teratur.

Untuk membuatnya, kamu membutuhkan:

  • Satu buah pir hijau
  • Satu ikat daun bayam; cincang kasar
  • Satu batang daun seledri
  • Air secukupnya

Langkah pembuatan:

  1. Pertama, cuci buah pir, daun bayam, dan seledri hingga bersih, kemudian potong kecil-kecil.
  2. Masukkan semua bahan yang telah terpotong-potong ke dalam blender, tambahkan air sesuai selera.
  3. Blender dengan kecepatan tinggi, jus buah untuk diet siap dihidangkan.

6 thoughts on “Jus Untuk Diet

Leave a Reply