ikan hias aquascape

Ikan Hias Aquascape Pilihan yang Cocok Untuk Pemula

Ikan hias aquascape memang memiliki banyak jenis, mulai dari yang biasa hobiis lihat sehari-hari sampai yang mungkin mendengar namanya saja baru sekarang. Pada intinya, seni aquascape adalah seni menanam tanaman di dalam air, yaitu tentang bagaimana menciptakan sebuah harmoni dari kelompok ekosistem air yang elemen utamanya adalah tanaman.

Selain tanaman hias sebagai elemen utama dalam aquascape, untuk menjaga agar ekosistem air yang kita buat tetap berjalan secara harmonis adalah dengan adanya rantai makanan dan simbiosis mutualisme. Dalam hal ini, kita membutuhkan fauna, seperti udang, ikan, maupun keong.

Simbiosis mutualisme antara ikan, tanaman, cahaya, karbondioksida terlarut, dan bakteri di dalam aquascape akan menjaga air tetap jernih dan secara alami saling melengkapi kebutuhan masing-masing individu dalam aquascape. Tanaman menghasilkan oksigen untuk ikan bernapas, ikan menghasilkan kotoran (nitrit) yang kemudian diurai oleh bakteri menjadi nitrat yang dibutuhkan tanaman. Begitu seterusnya.

Akan tetapi dengan beberapa pertimbangan mengenai keselarasan ekosistem, tidak semua jenis ikan hias cocok untuk dimasukkan ke dalam aquascape. Terlebih bagi para hobiis pemula, disarankan bertanya atau mencari referensi mengenai ikan hias aquascape yang akan dipelihara. Untuk itu, kami akan berikan referensi singkat mengenai ikan hias aquascape untuk para hobiis semua, khususnya yang masih pemula seperti saya. Hehehe.

Kelompok ikan hias aquascape

Neon tetra

ikan hias aquascape

Di kalangan para hobiis aquascape, ikan ini sudah sangat dikenal sebagai ikan hias aquascape yang cukup ‘aman’ bagi pemula. Daya tahan tubuh ikan ini yang bisa dibilang tinggi, serta perpaduan warna tubuhnya yang indah bukan main, sehingga sangat menarik hati para hobiis untuk memilihnya.

Ikan Neon tetra adalah tipe ikan yang berenang secara berkelompok. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu memasukkannya ke dalam aquarium dalam jumlah banyak (5 sampai 10 ekor). Tapi pertimbangkan juga ukuran tank-mu. Melihat ikan ini berenang secara berkelompok, akan sangat memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya.

Guppy

ikan hias aquascape

Ikan hias aquascape yang sangat populer selanjutnya adalah ikan guppy. Karena harganya yang relatif murah dan bentuk tubuhnya yang unik, ikan ini menjadi salah satu ikan hias terfavorit di kalangan para pecinta ikan hias maupun aquascape. Terlebih warna tubuhnya yang warna-warni dan ekornya yang panjang berkibar-kibar selalu membuat hati kita terpikat.

Ikan ini termasuk ikan yang sangat cocok bagi aquascaper pemula, karena ikan ini termasuk ikan livebearers atau yang menetaskan telur di dalam tubuhnya dan melahirkan burayak atau anak ikan secara langsung. Tingkat adaptasi yang tinggi dan warna-warninya yang menawan menjadikan ikan guppy sangat layak untuk menjadi ikan hias aquascape.

Betta fish

ikan hias aquascape

Betta fish? Iya, betul, ikan cupang. Meski ikan ini tipe ikan yang agresif, namun keindahannya akan lebih terlihat ketika dipadukan dengan ekosistem yang alami seperti di dalam aquascape. Tentu saja pertimbangannya, kamu tidak bisa memasukkan ikan lain baik itu ikan cupang (karena akan bertarung), atau ikan yang lain, ataupun udang dan keong.

Karena pada dasarnya ikan cupang adalah karnivora, ikan ini memakan udang dan suka mengganggu ikan-ikan lain. Jadi kalau kamu memutuskan untuk menempatkan ikan cupang dalam tank aquascape mu, pastikan taruh dia sendirian ya.

Sri gunting

ikan hias aquascape

Beberapa dari kamu mungkin sudah familiar dengan nama ini, atau mungkin sudah pernah lihat bentuknya tapi belum tau namanya. Ikan ini termasuk ikan rasbora, dan karena bentuk sirip ekornya yang terbelah bagaikan gunting, maka ikan ini dinamakan sri gunting.

Bentuk ikan ini kecil dan panjang, seperti ikan teri. Namun bila besar, ikan ini dapat tumbuh sampai ukuran 16 sentimeter lho. Lumayan besar juga. Di habitat aslinya di sungai wilayah Asia Tenggara, ikan ini termasuk mikro predator, memakan serangga dan invertebrata air. Namun di dalam aquarium, ikan sri gunting akan sangat mudah beradaptasi dan memakan pelet.

Platis

ikan hias aquascape

Ikan platis atau ikan platy adalah ikan yang termasuk ke dalam golongan ovovivipar, atau disebut juga livebearer, sama seperti ikan guppy. Varian ikan platy sendiri ada banyak sekali, dengan bentuk badan, ekor, dan dominasi warna yang berbeda pula. Umumnya ikan platy berwarna jingga, kuning, hitam, pink, dan biru silver.

Hal tersebut menjadikan ikan platy banyak disukai oleh masyarakat. Selain itu, ikan ini juga tidak rewel dan cenderung tenang. Ikan ini sangat mudah dikembangbiakkan, bahkan terkadang ikan ini dapat dengan sendirinya berkembang biak di dalam aquascape.

Rainbow fish

ikan hias aquascape

Ikan rainbow adalah ikan yang sangat eksotis sebagai ikan hias aquascape air tawar. Bagaimana tidak, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang unik serta warna warni yang tidak biasa. Meski bernama rainbow fish, ikan ini tidak berwarna mejikuhibiniu layaknya warna pelangi sungguhan.

Akan tetapi, ikan ini tetap memiliki warna yang eksotis. Dominasi warna tiap ikan berbeda namun umumnya ikan ini berwarna silver dengan corak jingga dan kebiruan yang menyala, kontras sekali dengan warna dasarnya. Sangat menarik mata.

Molly

ikan hias aquascape

Lucu ya namanya? Ikan molly bukan hanya namanya saja yang lucu, tetapi bentuk ikan ini juga lucu kok. Ikan molly masih memiliki kerabat dengan ikan guppy, dan termasuk ikan livebearer juga. Ikan molly adalah ikan hias aquascape yang perawatannya sangat mudah.

Di dalam aquascape, ikan ini memakan algae, pelet, dan juga krustasea kecil seperti daphnia sp., sehingga akan sangat membantu dalam mengkondisikan pertumbuhan algae di dalam tank aquascape.

Zebra danio

ikan hias aquascape

 

Orang biasa menyebutnya ikan zebra, karena memiliki corak garis-garis layaknya kuda zebra. Sama seperti ikan neon tetra, ikan ini juga senang berenang berkelompok. Hal yang unik dari ikan ini adalah warnanya yang bermacam-macam.

Paling umum ditemukan ikan ini berwarna jingga dengan garis-garis putih. Namun sebenarnya ada banyak macam warna dari ikan ini, seperti hijau, biru, kuning, dan jingga. Hal tersebut bisa terjadi karena ada modifikasi genetik yang pernah dilakukan yaitu dengan memberi gen ubur-ubur terhadap telur ikan ini. Ikan ini berenang sangat cepat, dan terkesan suka ‘kebut-kebutan’ di dalam aquarium.

Rasbora harlequin

ikan hias aquascape

Jenis ikan rasbora yang paling terkenal adalah ikan rasbora harlequin. Saya sendiri juga nggak tahu kenapa dinamai harlequin. Ikan ini berukuran kecil dan berenang secara berkelompok. Ciri-ciri umum yang dimiliki fisiknya adalah ekor yang terbelah dan tubuh yang gemuk serta memiliki corak hitam sepanjang tubuh bagian belakang sampai pangkal ekor.

Angel fish

ikan hias aquascape

Ikan angel fish adalah kelompok ikan manfish yang merupakan karnivora, ia akan memakan udang dan suka mengganggu ikan lain di dalam aquarium kamu. Saking usilnya, terkadang ikan ini suka menggigit ujung ekor ikan lain sehingga dapat membuat ikan lain stress. Baiknya, ikan ini dipelihara sendiri saja.

Kabar baiknya ikan ini tidak memakan tumbuhan, jadi sangat cocok ditaruh di dalam aquascape. Ciri-ciri fisik ikan ini adalah berbentuk pipih, dan memiliki kumis yang panjang. Bentuknya sangat unik dan berbeda dari ikan hias aquascape yang lainnya.

Red nose tetra

ikan hias aquascape

Ikan ini masih memiliki kerabat dekat dengan ikan neon tetra dan cardinal tetra. Tebak apa perbedaannya? Ya betul sekali, kalau neon tetra memiliki corak oranye dan kebiruan yang menyala, ikan red nose tetra memiliki satu warna yaitu merah.

Dengan badan berwarna silver metalik, kepala dan ujung ekor ikan ini berwarna merah menyala. Itulah mengapa ikan ini disebut red nose, karena warna merah pada kepalanya seakan membuatnya memiliki hidung berwarna merah.

Chili rasbora

ikan hias aquascape

Ikan chili rasbora atau yang jga disebut Boraras brigittae dalam nama ilmiahnya adalah kelompok ikan rasbora, masih memiliki kerabat dengan rasbora harlequin dan ikan sri gunting rasbora

Ciri paling mencolok dari ikan ini adalah perawakannya yang mungil dan berwarna merah menyala. Ikan ini akan terlihat sangat indah apabila dipelihara dalam berkelompok.

Discus

ikan hias aquascape

Satu lagi ikan eksotis untuk koleksi ikan hias aquascape mu, ini dia ikan discus. Ikan ini sangat digemari karena bentuknya yang lucu, unik, dan warna-warninya yang indah. Ikan ini termasuk jenis ikan manfish seperti angel fish yang memiliki tubuh ramping.

Ikan discus berenang secara berkelompok, dan merupakan ikan karnivora. Jadi sebaiknya jangan memasukkan udang ataupun ikan-ikan kecil lainnya kalau sudah memasukkan ikan ini. Karena ikan ini suka usil menggigit ekor ikan lain.

Kelompok ikan hias pembersih aquascape

Chinese algae eater

ikan hias aquascape

Namanya juga algae eater, memang sudah tugasnya untuk mengendalikan populasi pertumbuhan algae di dalam aquascape. Di kalangan para penjual ikan, ikan ini biasa disebut algaiter. Ya, algae-eater, alga-iter, algaiter. Namun ia tidak memakan semua jenis algae, hanya algae tertentu saja. Biasanya dijual seharga Rp6000 per ekornya.

Ikan ini memiliki warna yang eye-catching yaitu warna lemon menyala. Cukup indah bila dipandang dan dari segi fungsionalitas sudah tidak perlu diragukan lagi. Itulah kenapa ikan ini layak menjadi ikan hias aquascape, karena selain menghias, ia juga membersihkan. Oiya, ikan ini sangat grusak-grusuk dan terkesan gratakan. Jadi sesuaikan dengan kondisi aquascape-mu.

Siamese algae eater

ikan hias aquascape

Sama seperti yang di atas, ikan ini juga merupakan tipe algae eater atau pemakan alga. Bedanya, kalau siamese algae eater dapat memakan semua jenis algae, tidak seperti CAE yang mau makan aja pilih-pilih. Jadi, dari segi fungsionalitas, ikan ini bisa dibilang lebih andal dibanding yang di atas hehe.

Namun saking andalnya, sampai-sampai terkadang kalau algae di dalam aquascape mu sudah habis, ikan ini akan mencari alternatif cemilan lain yang ada. Ya apa lagi kalau bukan tanaman. Tapi tenang saja, ikan ini biasanya hanya memakan moss untuk nyemil selagi algae belum tumbuh.

Ikan Oto

ikan hias aquascape

Di kalangan para hobiis aquascape ikan ini adalah ikan yang paling dicari karena fungsinya yang sangat penting. Ikan ini adalah pembasmi algae yang andal, ikan ini memakan algae seperti makanan pokoknya saja. Dan juga bentuknya yang kecil (hanya sekitar 5 cm) menjadikan para aquascaper jatuh hati.

Ikan oto memiliki nama lengkap ikan otocinclus, dan saat ini di para penjual ikan dan kebutuhan aquascape, ikan ini susah sekali ditemui. Dan kalaupun ada yang menjualnya, biasanya harga per-ekornya cukup mahal.

Corydoras

ikan hias aquascape

Ikan corydoras sering disebut juga ikan tikus karena bentuk tubuhnya yang memang mirip seperti tikus. Kepalanya yang besar dan berkumis dengan ujung mulut yang lancip membuat ikan ini semakin mirip tikus saja.

Ikan ini merupakan ikan pembersih yang handal, karena ikan ini akan memakan algae dan juga sisa-sisa makanan yang tak termakan oleh ikan lain. Namun ikan ini suka sekali berada di bawah dan suka mengacak-ngacak substrate, jadi kalau substrate aquascape mu dua warna, disarankan untuk tidak memilih ikan ini, hehe.

Sapu-sapu (Brushmouth)

ikan hias aquascape

Siapa yang tak tahu ikan sapu-sapu? Ikan ini telah lama dikenal luas oleh masyarakat sebagai ikan pembersih lumut dalam aquarium maupun di dalam kolam. Terlebih lagi, ikan ini sangat mudah didapat. Jika berada di dalam aquascape, ikan ini akan memakan algae dan juga lumut yang menempel pada kaca aquarium kamu. Meski secara tampilan ikan ini tampak biasa saja eksotis, tapi ikan ini adalah ikan pembersih yang rajin.

Penutup

Ikan hias aquascape yang kami sebutkan dalam daftar di atas belum lengkap, karena sebetulnya masih banyak jenis ikan hias aquascape lain yang bisa kamu pertimbangkan. Daftar jenis ikan di atas hanyalah sedikit panduan untuk memilih jenis ikan yang tepat tidak hanya untuk aquascape, tapi juga untuk kolam dan aquarium biasa. Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Ikan Hias Aquascape Pilihan yang Cocok Untuk Pemula

Leave a Reply