Ide Konten Promosi Bisnis di TikTok

Di era yang serba digital sekarang, berbagai strategi bisnis mengalami perubahan dan kian dinamis, salah satunya adalah strategi marketing.

Sudah bukan hal yang aneh lagi bagi para pelaku bisnis untuk mengalihkan strategi pemasarannya ke ranah digital atau yang biasa dikenal dengan istilah digital marketing.

Mengapa Promosi di TikTok?

Pasalnya, kini terdapat banyak sekali media digital yang bisa digunakan untuk menjalankan strategi marketing, salah satunya adalah platform media sosial.

Media sosial yang sedang booming saat ini adalah TikTok. Dilansir dari eMarketer, estimasi pengguna TikTok di Indonesia pada bulan Agustus 2020 mencapai angka 22 juta orang.

Wow, sebuah angka yang fantastis bukan?

Hal tersebut lantas menunjukkan bahwa peluang bisnis di media sosial TikTok sangat menggiurkan. Oleh karena itu, membuat akun TikTok dan mempromosikan bisnis Anda di TikTok merupakan salah satu langkah marketing yang tepat di waktu sekarang ini.

Akan tetapi, Anda mungkin akan kebingungan dalam membuat konten untuk akun TikTok bisnis Anda nantinya. Kira-kira ide konten seperti apa ya yang bisa menarik perhatian lebih banyak calon customer dan mampu mempromosikan bisnis Anda?

Tenang, jangan khawatir. Karena pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu Anda beberapa ide konten untuk promosi bisnis di TikTok. Berikut selengkapnya!

7 Ide Konten Promosi Bisnis di TikTok

Workspace Tour

Workspace Tour menjadi salah satu ide konten yang menarik dan cara terbaik untuk semakin mengakrabkan diri dengan para audiens Anda. Tidak banyak pelaku bisnis yang mengetahui bahwa jenis konten seperti ini disukai oleh para penonton.

Menampilkan tempat kerja atau kantor usaha Anda tidak jauh berbeda seperti mempersilahkan tamu masuk ke rumah Anda. Ajaklah calon pelanggan Anda berkeliling dan melihat spot-spot favorit Anda ketika bekerja.

Perlihatkan bagaimana Anda mengelola ruang kerja atau kantor dan tunjukkan “peralatan tempur” seperti apa yang Anda gunakan. Dalam sekejap, maka audiens akan mengenal separuh bisnis Anda dengan ide konten workspace tour ini.

Behind The Scene

Ide konten selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk promosi bisnis di TikTok adalah behind the scene atau BTS. Siapa yang tidak tahu dengan istilah ini di zaman sekarang? Semua orang pasti sudah hafal dan familiar.

Di era sekarang, orang-orang mulai peduli dengan apa yang terjadi di belakang produk yang akan mereka konsumsi. Mereka mulai penasaran dengan bahan apa saja yang digunakan dan bagaimana proses pengolahannya.

Jawablah rasa penasaran mereka tersebut dengan konten behind the scene. Anda bisa merekam video saat proses produksi berlangsung dan Anda juga bisa menunjukkan bahwa bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan terpilih dan berkualitas.

Dengan begitu, calon pelanggan Anda bisa menaruh rasa percaya berlebih ke bisnis Anda dan akan merasa kenal lebih dekat lagi.

Edukasi

Konten edukasi tentang sebuah bisnis kini juga mulai digemari oleh orang-orang.

Akan tetapi, tentunya bukan konten edukasi konvensional yang identik dengan bicara panjang lebar, topik yang membosankan, dan terkesan garing ya.

Melainkan konten edukasi singkat yang dikemas sedemikian rupa sehingga tampak lebih seru, menarik, dan mudah diterima banyak orang.

Buatlah konten edukasi yang terkait dengan lini bisnis Anda.

Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang kain dan garmen, Anda bisa membuat konten tentang jenis-jenis kain yang ada di dunia, apa kelebihan dan kekurangannya, dan juga perbedaannya.

Jika bisnis Anda adalah bisnis fotografi, maka Anda bisa membuat konten nama-nama style fotografi, siapa saja fotografer terkenal di dunia, dan lain-lain.

Memaksimalkan semua fitur yang disediakan TikTok untuk membuat konten ini seperti fitur tanya jawab (FAQ), listicle video, teks, dan juga backsound pendukung.

Konten edukasi yang tepat akan mampu menarik lebih banyak engagement dan tentunya Anda bisa menyisipkan soft-selling di caption videonya.

Tutorial

Hingga kini, ide konten tutorial masih menjadi salah satu ide konten yang menarik untuk promosi bisnis di media sosial, termasuk di TikTok. Tidak semua pelanggan Anda itu tahu benar bagaimana cara menggunakan atau merawat produk yang mereka beli.

Oleh karena itu, ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk mengedukasi mereka dengan cara membuat konten tutorial dan membuat mereka menjadi pelanggan setia.

Konten tutorial “how to” biasanya cocok diaplikasikan pada lini bisnis yang memproduksi produk fisik. Katakanlah jika Anda bergerak di bidang fashion, maka Anda bisa membuat video cara mix & match outfit, cara mencuci celana jeans yang benar, atau cara merawat pakaian berbahan sutra.

Jangan lupa juga untuk menggunakan fitur-fitur dari TikTok itu sendiri seperti teks pendukung, musik yang populer, dan hashtag sesuai dengan konten videonya.

Hashtag Challenge

TikTok adalah gudangnya konten-konten viral dan konten challenge.

Ya, warga TikTok sangat menggemari jenis ide konten satu ini. Konten challenge merupakan jenis konten untuk melakukan suatu tantangan khusus.

Nah, konten challenge ini juga bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis. Caranya adalah dengan melibatkan salah satu produk Anda di dalam challenge tersebut.

Promosi bisnis di TikTok menggunakan jenis konten ini peluangnya masih sangat bagus. Karena selain suka menonton, orang-orang juga cenderung gemar download video TikTok berjenis challenge ini menggunakan alat TikTok downloader.

Untuk merealisasikan ide konten ini, Anda juga tidak perlu menginisiasi atau membuat challenge baru. Ikuti saja atau reka ulang konten dari challenge yang sudah lebih dulu populer di TikTok.

Beberapa challenge yang bisa Anda coba antara lain Fridge Challenge, Pass the Brush Challenge, Any Song Challenge, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk menulis hashtag populer yang sesuai dengan produk Anda.

Packaging

Packaging merupakan salah satu proses yang vital dalam bisnis online selain proses produksi. Hal ini dikarenakan packaging merupakan faktor utama penentu keselamatan produk sampai ke tangan pembeli.

Buatlah video yang menampilkan proses pengemasan produk para pelanggan Anda dan tunjukkan bagaimana Anda memperlakukan produk mereka. Dengan begitu, mereka akan lebih percaya terhadap usaha Anda.

Selain itu, ide konten ini juga memiliki peluang lebih besar masuk FYP di akun mereka yang gemar menekuni bidang small business. Bagi beberapa dari mereka, konten ini bahkan oddly satisfying untuk ditonton.

Testimoni

Ide konten terakhir yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis di TikTok adalah konten testimoni.

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, calon pembeli pasti akan mencari dan melihat testimoni pelanggan sebelumnya terlebih dahulu.

Untuk itulah konten jenis ini sudah tidak perlu diragukan lagi untuk Anda buat.

Selain bisa membuat video testimoni biasa yang menampilkan chat atau pesan pelanggan yang puas, Anda juga bisa membuat konten testimoni yang tidak biasa dengan melakukan stitch atau duet langsung dengan customer Anda.

Nah demikianlah tujuh ide konten untuk promosi bisnis di TikTok yang bisa mulai Anda rencanakan sesuai dengan strategi marketing Anda.

Semoga setelah membaca dan mempraktikkan ide konten di atas, bisnis Anda semakin berkembang di TikTok.

Leave a Reply