32 Hewan Peliharaan yang Unik dan Menggemaskan

Mari kita move on sejenak dari anjing, kucing, dan ikan. Sekarang ini, kebun binatang bukanlah satu-satunya tempat di mana kamu bisa melihat hewan-hewan eksotis. Bahkan mungkin, kamu bisa menemukan salah satu hewan peliharaan unik di lingkungan tetanggamu.

Pernahkah kamu melihat tetangga atau temanmu memiliki hewan peliharaan unik nan eksotis seperti sugar glider, landak, dan sebagainya?

Para penghobi hewan sekarang sepertinya lebih menginginkan hewan peliharaan unik yang tidak biasa dipelihara oleh orang kebanyakan. Beberapa orang lebih suka memelihara hewan peliharaan yang eksotis, yang unik, yang anti-mainstream.

Salah satu alasan kenapa tidak banyak orang memelihara hewan peliharaan yang unik dan eksotis adalah, mereka berpikir hewan-hewan eksotis itu berbahaya. Padahal, tidak juga. Eksotis artinya adalah spesies tertentu yang BUKAN asli berasal dari daerah si pemilik berada.

Misalnya, kita tinggal di Jakarta. Maka hewan peliharaan seperti ikan, ayam, kucing, itu bukanlah hewan peliharaan eksotis. Namun kalau kita memelihara tapir, atau burung kasuari, nah itulah yang dikatakan eksotis.

Eits, tapi nggak semua hewan eksotis bisa dipelihara, lho. Jangan pernah memelihara hewan yang dilindungi oleh negara, atau kamu akan terjerat pasal perlindungan satwa. Nah, di bawah ini, kamu akan menyaksikan 23 hewan peliharaan unik yang eksotis dan juga legal untuk kamu pelihara.

1 – Bearded Dragon Lizard

hewan peliharaan lucu
Kadal naga

Tunggu gaes, jangan jijik dulu. Kadal ini mungkin cenderung terlihat seperti makhluk dari The Hobbit, namun faktanya, hewan yang mirip naga ini adalah salah satu hewan reptil yang paling lembut.

Di samping ‘tampang’-nya yang unik dan terkesan garang, kadal ini ternyara sangat suka dibelai dan dimandikan dengan shower loh.

Biasanya, para hobiis hewan memelihara hewan unik ini dengan menaruhnya di dalam akuarium kaca. Tenang aja, hewan ini termasuk makhluk diurnal, kok. Pola tidurnya sama seperti kita, jadi kamu bisa main bareng di siang hari.

2 – Chinchilla

hewan peliharaan eksotis
Mirip tikus, tapi bukan

Uwuwuwuwuw! :3

Lihat deh mukanya, cubangets kan? Chinchilla ini termasuk hewan yang ramah dan cocok untuk dipelihara oleh keluarga. Namanya kedengaran kayak nama-nama minuman ala Meksiko gitu ya, gaes.

Hewan yang sekilas mirip tikus putih ini termasuk hewan yang rapuh, artinya hewan ini perlu perlakuan yang sangat hati-hati dalam memegangnya. Sedikit saja kamu menggeggamnya terlalu erat, Chinchilla akan merasa kesakitan.

Sisi baik dari hewan peliharan unik yang satu ini adalah lapisan bulunya yang tebal dan lembut, serta hewan ini hampir tidak mengeluarkan suara.

3 – Landak

hewan peliharaan unik
I’m slidinggg

Kepopuleran landak sebagai hewan peliharaan memang tidak seperti kucing dan anjing. Orang-orang sering salah menyangka hewan lucu dan pintar ini sebagai ‘pembuat lubang’ di tangan mereka.

Mungkin mereka lupa kalau landak hanya mengembangkan duri-duri mereka ketika mereka merasa terancam. Selebihnya, mereka sangat ramah dan mereka ini tipe hewan yang cuma ‘mikirin urusannya sendiri’, lucu kayak hamster.

4 – Buaya

hewan peliharaan buas
Utuk utuk utuk~

Nah, kalau hewan yang satu ini termasuk hewan yang populer. Kalau kamu pernah menonton pemburu buaya Steve Irwin dari Australia, kamu pasti tau seberapa besar hewan yang satu ini bisa tumbuh.

Seperti kadal naga, buaya yang masih berukuran kecil juga sebenarnya tidak begitu galak. Setidaknya, sampai ukuran tubuh mereka sama.

Saya sendiri bisa memelihara hewan-hewan eksotis sebagai hewan peliharaan, tapi kalau yang satu ini –enggak deh. Pada akhirnya, buaya kecil itu akan tumbuh semakin besar dan membutuhkan semakin banyak makanan. Serem!

5 – Ikan Piranha

hewan peliharaan yang unik
Mirip ikan bawal

Kalau kamu suka nonton serial kartun Marsupilami, kamu pasti tau dong seganas apa ikan yang satu ini. Meski kelihatannya mirip ikan bawal yang biasa dijual di rumah makan padang, tapi jangan samakan kelakuan ikan ini dengan ikan bawal.

Kalau kamu lebih suka tipe ikan yang anteng, tenang, kalem seperti ikan arwana atau ikan cupang, kami sarankan kamu untuk jauh-jauh deh dari karnivora asal Amazon ini.

Mereka ini ibarat ‘singa’-nya sungai. Mencari makan dengan berkelompok, dan dapat menghabiskan seekor kancil dalam waktu sekejap!

Oh iya, kalau kamu mau memelihara piranha, jangan pernah memberi makan ikan ini dengan tanganmu. Karena pada dasarnya, hewan peliharaan unik yang satu ini sangat suka dengan pakan ikan hidup. Meskipun, mereka juga nggak akan nolak kalau dikasih cacing biasa.

6 – Kalajengking

peliharaan eksotis
Serem..

Kalajengking mungkin adalah salah satu hewan peliharaan unik yang paling berkarakter. Seperti yang kita tahu, hewan ini memiliki nilai kekuatan psikologi tertentu bagi manusia.

Dari pandangan astrologi, kalajengking merepresentasikan kekuatan, dan inilah alasan kuat kenapa orang memelihara kalajengking. Itulah juga mengapa banyak logo-logo yang menampilkan image scorpion di dalamnya.

7 – Ular Boa

ular-boa-300x200

Tidak seperti kebanyakan ular di dunia, ular boa adalah tipe ular constrictor, yang artinya ular besar dan tidak berbisa. Ular tipe ini mencari makan dengan cara melilit tubuh mangsanya.

Di samping dapat menjadi hewan peliharaan unik, ular boa adalah reptil yang cukup populer di kalangan para pecinta hewan.

Ular boa dapat tumbuh hingga mencapai panjang 18 meter lho, gaes. Ular boa juga sangat cocok dengan iklim di Indonesia, meskipun asal ular ini adalah dari wilayah Amazon. Sama-sama beriklim tropis.

8 – Tarantula Kaki Merah Meksiko

tarantula-300x202

Meskipun mungkin banyak orang takut dan lebih memilih untuk lari seketika saat melihat hewan ini di hadapan mereka, tarantula–dalam hal ini tarantula kaki merah–adalah salah satu spesies tarantula yang paling mudah untuk dijadikan hewan piaraan.

Mereka memiliki tempramen yang cukup baik, sebagai tarantula. Tidak begitu galak, dan lebih suka lari sebagai perlindungan diri dibanding menyerang. Meskipun pada saat kepepet mereka masih dapat menunjukkan perlawanan.

9 – Kecoak Berdesis Madagaskar

kecoak-madagaskar-300x232

Wah pasti bercanda nih! Ternyata makhluk cokelat yang satu ini bisa dijadikan hewan peliharaan, sob. Ya, tidak demikian buat saya. Tapi lihat sisi baiknya, kecoak ini mungkin bakal jadi hewan peliharaan unik paling loyal setelah ada serangan nuklir …karena mereka tetap bisa bertahan hidup.

Tapi kecoak yang satu ini beda, nggak seperti kecoak yang biasa kita temukan di lingkungan sekitar. Kecoak ini disebut Madagascar Hissing Cockroach, iya, mereka mengeluarkan suara berdesis. Cssss.. Cssss.. Begitu.

Untungnya, kecoak Madagaskar ini nggak punya sayap ya, sob.

10 – Iguana Hijau

iguana-hijau-300x196

Kita kedatangan seekor reptil lagi di dalam daftar nih. Iguana hijau, si reptil yang kerjaannya kebanyakan cuma diam, rileks, berjemur, dan ngeliatin kamu setiap saat dengan matanya yang mirip hantu.

Surprise-nya, mereka ini herbivora loh! Kirain, sepupu jauhnya Godzilla ini pemakan daging.. Sepertinya menjadi vegetarian saat ini lagi ngetren di kalangan para reptil.

11 – Kepiting Hermit atau Kelomang

keyong-300x182

Kamu mungkin nggak asing sama hewan peliharaan unik yang satu ini. Pernahkah kamu beli di mamang-mamang tukang keong di depan SD? Pernahkah kamu meng-HAH-in keongmu apabila dia tidak mau keluar cangkang?

Kalau kamu pernah punya hewan ini, pasti umurnya nggak lama. Penyebabnya, entah itu hilang atau mati karena tidak bisa merawat. Nah, saatnya kita memelihara kelomang dengan level yang lebih tinggi.

Biasanya kalau di mamang-mamang keong, kita akan ditawarkan rumah-rumahan dari kardus atau busa. Sebenarnya, cara memelihara kelomang dengan baik adalah menempatkannya di dalam akuarium yang diisi dengan pasir dan tetap dijaga kelembapannya.

12 – Galago (Bush Baby)

galago-300x200

Galago adalah jenis hewan lucu yang berasal dari keluarga Lorisidae. Primata kecil ini berasal dari hutan hujan Afrika, dan hewan ini termasuk hewan nokturnal. Makanan favoritnya adalah serangga, burung kecil, dan buah-buahan.

Kalau sudah besar, ukurannya dapat menyerupai seekor tupai atau bajing. Galago juga dikenal sebagai peloncat yang handal, bahkan dia memiliki kemampuan meloncat hingga 2 meter dari dahan ke dahan.

13 – Tamandua Putih

tamandua-300x180

Kalau di rumahmu ada halaman belakang dan banyak sarang semutnya, mungkin tidak ada pembasmi alami yang lebih baik dari Tamandua ini, yang mana merupakan pemakan semut.

Tamandua sangatlah lucu dan imut. Sebenarnya tamandua ini masih memiliki kerabat dengan trenggiling. Kalau kamu punya hewan peliharaan unik seperti ini, dijamin deh bakal menarik perhatian.

14 – Sugar Glider

sugar-glider-300x225

Kalau kamu suka dengan hewan tupai, maka kemungkinan besar kamu akan lebih suka dengan sugar glider. Sugar glider adalah spesies tupai yang bisa terbang, atau lebih tepatnya meluncur di udara.

Saat ini sudah banyak komunitas di Indonesia yang memfokuskan diri menampung para pecinta sugar glider. Untuk mendapatkannya pun rasanya tak terlalu sulit di Indonesia.

Seperti Hamtaro, sugar glider juga suka berputar di atas roda putarnya. Kalau kamu mau lihat gimana hewan imut ini terbang, biarkan sugar glidermu manjat ke pohon yang agak tinggi dan saksikanlah ia melompat dan kabur dari kamu.

Atau kalau kamu takut dia kabur dan tak kembali, kamu bisa lihat di YouTube.

15 – Kinkajou

kinkajou-300x197

Kinkajou disebut juga sebagai beruang bunga. Meskipun ada kata-kata ‘beruang’-nya, tapi kinkajou tidak semenyeramkan itu, kok. Lucu malah. Namun sebenarnya hewan ini termasuk keluarga rakun.

Hewan ini sangat atraktif, lumayan berisik, dan juga suka berinteraksi dengan pemiliknya. Jadi kalau kamu memutuskan untuk memeliharanya, siap-siap saja rumahmu jadi ramai.

16 – Chanterelle Fennec atau Rubah Fennec

fennec-fox-little-300x199

Aaaaaakkkk. Cuteness overload! Tidak seperti tipe rubah lainnya, rubah fennec adalah spesies rubah kecil seukuran kucing. Hewan peliharaan unik ini dapat diajak bermain oleh seluruh keluarga. Serunya, memelihara rubah ini seolah seperti memelihara kucing dan anjing secara bersamaan.

Lucu dan kecil layaknya kucing, namun sangat petakilan dan nggak bisa diem layaknya anjing.

17 – Keledai Mini

keledai-300x210

Keledai mini merupakan hewan peliharaan unik yang sangat lucu dan interaktif untuk dimiliki. Memiliki reputasi buruk sebagai hewan yang bodoh bukan menjadi masalah, karena sebenarnya keledai memiliki ingatan yang cukup kuat untuk membangun kedekatan dengan pemiliknya.

Meskipun sifat-sifat dasar keledai yang terkadang tidak melakukan apa yang diperintahkan, keledai mini ini adalah hewan yang cukup populer dan menjadi hewan peliharaan yang baik untuk anak-anak.

18 – Kambing Pygmy

kambing-pygmy-300x200

Kambing pygmy adalah jenis kambing mini (dwarf)  yang lembut dan sangat interaktif. Kambing ini sangat senang berkumpul dengan sesamanya, jadi sangat disarankan untuk memeliharanya paling tidak sepasang.

Percaya deh, kambing pygmy adalah hewan peliharaan yang sangat pas ukurannya dan sangat cocok untuk dipelihara oleh anak-anak.

19 – Axolotl

axolotl-300x200

Hewan peliharaan unik kita selanjutnya adalah axolotl. Dari tampilan luar, hewan ini tampak sangat aneh, seperti bukan berasal dari Bumi. Axolotl adalah salah satu jenis salamander yang berasal dari Meksiko.

Uniknya, makhluk yang tampangnya mirip alien ini memiliki kemampuan ibarat ilmu rawe rontek. Mereka bisa meregenerasi bagian tubuh mereka yang terpotong. Sugooooi!

20 – Monyet Squirrel

monyet-squirrel-300x200

Siapa yang nggak suka dengan primata yang satu ini? Monyet asal hutan tropis Amerika Tengan dan Selatan ini adalah monyet yang sangat mengagumkan. Beratnya kira-kira hanya 1 kg saja.

Monyet squirrel adalah primata dengan ukuran otak paling besar dibanding primata yang lainnya, memungkinkan hewan ini untuk lebih mudah beradaptasi dengan si pemilik.

Namun, kamu perlu hati-hati. Karena monyet squirrel memiliki kebiasaan untuk meratakan air kencingnya ke bulu-bulu di kaki, tangan, dan bahkan sekujur tubuhnya. Hal ini dilakukan untuk menandai bahwa itu adalah daerah kekuasannya.

21 – Kucing Bengal

kucing-bengal-300x200

Kalau kamu pecinta kucing seperti saya, kamu pasti akan suka dengan kucing bengal ini. Kucing ini disebut juga sebagai kucing blacan. Hal yang paling menonjol dari kucing bengali adalah, warna coraknya yang seperti macan.

Sangar deh. Kucing ini bisa tumbuh lumayan besar dengan otot dan tulang yang kuat. Oh iya, kenapa kucing ini memiliki corak seperti macan, adalah karena kucing bengal merupakan hasil perkawinan kucing American shorthair dengan Asian leopard. Wah pantesan ya!

22 – Babi Mini

babi-mini-300x165

Babi adalah salah satu hewan peliharaan yang tidak memerlukan perawatan yang neko-neko. Apalagi si dwarf pig ini. Babi pada umumnya merupakan hewan omnivora yang akan cocok hidup di tempat apapun.

Karena omnivora, babi bisa diberi makan buah-buahan maupun makanan yang kita makan sehari-hari. Karena ukurannya yang kecil dan menggemaskan, babi mini juga sering dijadikan hewan peliharaan.

23 – Sigung

sigung-300x166

Agak kurang paham kenapa ada orang yang mau memelihara sigung, namun sepertinya lebih kepada kesenangan si pemilik terhadap hewan tersebut; meski sebenarnya sigung adalah hewan yang sangat sulit diprediksi dan suka tiba-tiba mengeluarkan bau kentut yang semerbak.

Percayalah, kalau hewan ini sampai kentut di rumahmu, bisa-bisa bau semerbaknya tidak hilang selama satu minggu.

24 – Kucing Genetta

kucing-genetta-300x173

Genetta adalah salah satu ras kucing domestik baru yang ditemukan oleh Shannon Kiley pada tahun 2006 di Pawstruk Cattery. Kucing ras Genetta termasuk tipe kucing dwarf atau kucing kerdil.

Kucing genetta lahir dari persilangan ras Munchkin, Savannah dan Bengal. (wow!) Kucing ini adalah kucing berkaki pendek dengan pola warna tutul dan marmer yang eksotis yang dibuat agar mirip genet Afrika, mengingat genet Afrika sendiri cukup sulit ditemukan.

25 – Kapibara

kapibara-300x194

Kapibara adalah hewan pengerat yang mungkin paling besar di antara hewan pengerat lainnya. Meskipun kapibara merupakan hewan peliharaan unik dan tidak biasa, mereka adalah tipe hewan yang suka bersosial dan bekerjasama dengan kelompoknya.

Jadi kalau kamu ingin memelihara satu ekor saja, sepertinya hewan ini akan merasa kesepian. Kapibara juga merupakan tipe hewan akuatik. Kalau kamu punya kolam atau rumahmu dekat sungai atau empang, hewan ini akan cocok denganmu.

26 – Llama

llama-300x225

Hewan peliharaan unik kita yang selanjutnya adalah llama. Dari tampilan fisik, mereka terlihat seperti hewan gabungan antara onta dengan keledai. Llama adalah hewan peliharaan yang lemah lembut, sangat cocok sebagai teman bermain anak-anak.

27 – Rubah Silver

silver-fox-bayi-300x225

Rubah pada umumnya berasal dari wilayah Siberia, dan begitupun dengan rubah silver. Hewan lucu ini kini banyak ditemui di Rusia, dan di sana, rubah silver merupakan hewan yang umum dipelihara layaknya seekor anjing.

Namun sayangnya, tidak banyak importir dari hewan ini, mungkin kamu harus membelinya langsung ke Rusia. Dan kalaupun ada, harganya bisa sangat mahal.

28 – Kura-kura

kura-kura-300x150

Kura-kura, apalagi yang masih kecil, adalah hewan yang sangat menggemaskan. Kalau kamu mempunyai beberapa ekor saja di rumah, mereka akan menciptakan pemandangan yang baru di tengah-tengah keluargamu.

Namun perlu diingat, bayi kura-kura masih sangat membutuhkan perawatan yang ekstra. Karena umumnya saat masih  kecil, kura-kura cenderung lebih rapuh dan mudah mati, kalau tidak dirawat dengan baik.

29 – Wallaroo

wallaroo-300x225

Kalau kamu mau memelihara hewan yang benar-benar outstanding, sepertinya wallaroo adalah pilihan hewan yang sangat tepat. Hewan ini adalah hewan peliharaan unik yang sangat khas dan berkarakter, mengingatkan kita pada kerabatnya, kangguru.

Layaknya seekor kangguru, wallaroo adalah hewan marsupial (memiliki kantung) dan juga merupakan hewan yang kuat. Namun demikian, wallaroo adalah hewan yang ramah terhadap majikannya, terlebih lagi jika sudah dirawat sejak kecil.

30 – Kudanil

kudanil-300x194

Nggg… Kayaknya enggak, deh.

Pertama, kita tidak mungkin memelihara di rumah seekor kudanil dewasa karena ukurannya amat besar, makannya sangat banyak, dan juga beratnya bisa mencapai satu ton.

Kedua, bayi kudanil adalah makhluk yang sangat rentan, diperlukan perawatan yang sangat ekstra untuk merawat bayi kudanil agar tetap bisa bertahan hidup. Dan juga, bayi kudanil masih membutuhkan susu dari induknya.

31 – Serangga Batang

serangga-batang-300x191

Serangga batang adalah tipe serangga yang cukup banyak dikoleksi setelah kumbang. Karena bentuknya yang unik, akhirnya banyak orang yang tertarik untuk menjadikannya hewan peliharaan.

Serangga batang memiliki teknik kamuflase yang luar biasa hebat. Kalau kamu lihat bentuk dan proporsi tubuhnya, sungguh serangga ini ibarat ranting pohon yang bernyawa, iya kan?

32 – Burung Macaw Hyacinth

hyacinth-macaw-300x188

Akhirnya, yang dinanti-nanti. Bagi pecinta burung, inilah dia salah satu burung cantik yang tak boleh kamu lewatkan; namanya burung macaw hyacinth. Berbeda dari burung macaw pada umumnya, burung ini memiliki warna yang dominan biru, sangat indah.

Di samping warnanya yang eksotik, burung macaw juga merupakan jenis burung yang cerdas, sangat mudah berinteraksi dengan manusia, bahkan sangat setia. Satu hal yang mungkin harus kamu pertimbangkan, burung ini cukup berisik.

Bonus

fennec-fox-300x225

Bagikan:

Leave a Reply