Gempa Bumi 7,9 SR Terjadi di Papua Nugini, Indonesia Berpotensi Tsunami

Gempa Papua Nugini – Gempa bumi berkekuatan 7,9 Skala Richter yang telah mengguncang Papua Nugini Gempa pada Sabtu (17/12) pagi, sekitar pukul 08.51 waktu setempat, ternyata memiliki potensi tsunami.

Selama tiga jam ke depan, gelombang tsunami diprediksi akan menerjang wilayah Papua Nugini.

Selain itu, beberapa titik di wilayah pantai Indonesia dan beberapa negara Pasifik lainnya juga berpotensi terkena dampak dari gempa yang tergolong kuat ini.

Sebelumnya, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan bahwa gempa yang terjadi memiliki kekuatan 8 Skala Richter, namun kabar terakhir menyatakan bahwa USGS merevisi pernyataan tersebut dan menyatakan bahwa kekuatan gempa 7,9 Skala Richter.

Meski begitu, gempa ini masih dikategorikan sebagai gempa yang sangat kuat.

“Gelombang tsunami berbahaya yang meluas kemungkinan dapat terjadi,” imbau Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) dalam pernyataan resminya seperti yang dilansir Reuters pada Sabtu (17/12/2016).

Telah terdeteksi oleh USGS, bahwa titik gempa bumi besar ini berjarak sekitar 60 kilometer sebelah timur kota Taron, New Ireland, Papua Nugini.

gempa papua nugini 17 Desesmber 2016

via: http://earthquake.usgs.gov/

Dilaporkan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 73 kilometer dari permukaan laut. Sebelumnya, USGS menyebut pusat gempa ada di kedalaman 103,2 kilometer dari permukaan laut.

Dalam peringatan resminya, PTWC memperingatkan bahwa gelombang tsunami mungkin akan menerjang beberapa wilayah dalam kurun waktu tiga jam ke depan.

Wilayah-wilayah yang berpotensi terkena dampak gelombang tsunami tidak hanya wilayah pantai Papua Nugini saja, melainkan juga wilayah pantai Indonesia, Kepulauan Solomon, Pohnpei, Chuuk, Nauru, Kosrae dan Vanuatu.

Namun demikian, dalam pernyataannya, PTWC tidak menyatakan lebih lanjut mengenai perkiraan ketinggian gelombang tsunami yang dapat terjadi akibat gempa bumi ini.

Bagikan:

2 Comments

  1. Bebek Haji Slamet Mountainering December 26, 2016
    • asikaja December 26, 2016

Leave a Reply