Yuk, Percantik Kamarmu dengan 14 Langkah Sederhana Ini

4 min read

Dekorasi kamar bagi sebagian orang bukanlah hal yang penting untuk dipertimbangkan, mengingat tujuan utama dari sebuah kamar tidur adalah yang penting bisa tidur nyenyak. Memang pernyataan seperti itu tidak sepenuhnya salah, namun bukankah dekorasi kamar tidur merupakan refleksi dari penghuninya?

Dekorasi kamar yang tertata mencerminkan penghuninya orang yang rapi, dekorasi kamar yang detail menandakan bahwa si penghuni adalah orang yang teliti dan memerhatikan hal kecil, dekorasi kamar yang berwarna lembut merefleksikan bahwa penghuninya adalah orang yang lembut. Paling tidak seperti itu.

Sekarang coba perhatikan dekorasi kamarmu, apakah dekorasi kamarmu sudah mencerminkan kepribadianmu?

Menentukan dekorasi kamar memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih jika ukuran kamarmu cukup luas, wah, bakal membutuhkan lebih banyak tenaga dan kreatifitas pastinya! Kamu mungkin bertanya-tanya, ketika ingin mengubah dekorasi kamar, dari mana kita harus memulainya?

Baiklah. Untuk menjawab pertanya semacam itu, ini dia 14 langkah yang harus kamu lakukan untuk mendekorasi ulang kamarmu.

Pertama, singkirkan semua pakaian kotor

dekorasi kamar

Seringkali kita memiliki kebiasaan buruk menaruh pakaian yang kotor maupun bersih secara sembarangan. Biasanya, setelah berlelah-lelah seharian dan ganti baju, tanpa kita sadari terkadang menaruh baju di sembarang tempat; di kasur, di kursi, di lantai, hal ini akan sangat memengaruhi kondisi kerapihan kamarmu.

Mulai sekarang, singkirkan segala kekacauan dan apapun yang membuatmu merasa tidak nyaman di dalam kamar, termasuk kalau di kamarmu ada TV. Penelitian mengungkapkan bahwa kebanyakan orang yang memiliki TV di dalam kamarnya akan cenderung lebih susah tidur.

Dan yang terakhir, sembunyikan pakaian kotor ataupun barang-barang prencilan yang tidak berguna di dalam kotak penyimpanan. Untuk pakaian, jika pakaian tersebut masih bersih, ada baiknya untuk menyimpannya di dalam lemari dengan hanger. Jika pakaian tersebut sudah kotor, masukkan ke dalam keranjang dan letakkan di suatu tempat.

Kedua, percantik tampilan kasurmu dengan comforter

dekorasi kamar

Lapisan pada tempat tidur ini sangat penting dalam dekorasi kamar. Dengan kasur yang sama, kamu bisa mendapatkan ‘feel’ yang berbeda-beda, tergantung dari jenis ‘cover’ atau lapisan dari kasurmu.

Kalau kamu belum punya, coba pertimbangkan untuk membeli sebuah bed cover atau comforter. Jadi ketika kamu ingin berganti-ganti suasana, kamu tidak perlu lagi membeli comforter atau bed cover yang baru, cukup membeli duvet cover saja. Duvet cover ini berfungsi sebagai ‘sarung’ dari comforter itu sendiri.

Dekorasi kamar itu semudah menata ulang furnitur di dalamnya!

dekorasi kamar

Memperbaharui peletakan furnitur dalam dekorasi kamar lamamu akan sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan mu. Bahkan, sedikit pergeseran dari sebuah furnitur saja bisa membuat sebuah suasana yang baru di dalam ruangan.

Jadi, jangan pernah takut untuk mencoba mencocok-cocokkan penempatan furnitur yang paling sesuai dengan keinginanmu. Satu tips ampuh yang harus kamu praktikkan: ketika kamu memutuskan untuk memperbaharui letak furnitur di dalam kamar, cobalah untuk memutar posisi tempat tidur atau kasurmu.

Ubah tampilan ranjang dengan memasang head board

dekorasi kamar

Seringkali dalam membuat dekorasi kamar yang baru dan fresh, kita hanya butuh untuk sedikit menambahkan atau sedikit mengurangi benda-benda yang telah ada. Secara disadari atau tidak, perubahan-perubahan kecil tersebut terkadang justru membuat kita merasa seperti berada di ruangan baru.

Kalau rajangmu tidak memiliki head board, cobalah untuk memasangnya. Buat head board pada ranjangmu terlihat sesederhana mungkin, dan beri warna yang sesuai dengan warna-warna pokok pada kamarmu agar tetap terlihat serasi.

Kamu juga bisa membuat head board ranjangmu berwarna hitam atau putih dengan cat khusus papan tulis, yang nantinya bisa kamu lukis dengan spidol yang dapat dihapus. Dan voila! Jadilah sebuah head board yang multifungsi. Kamu bisa menggambar, membuat notes, dan melukis di atasnya. Jangan takut bereksperimen!

Kalau kamu selo, cobalah untuk menghias pernak-pernik di dalam kamar

dekorasi kamar

Kalau kamarmu memiliki banyak pernak-pernik yang banyak, dan kamu enggan untuk menguranginya, kamu bisa menyiasatinya dengan menghias setiap pernak-pernik yang ada supaya terlihat semakin cantik. Misalnya seperti menambahkan sedikit renda-renda atau pita ke pinggiran kasur, sarung bantal, ataupun gorden.

Selain akan mempercantik tampilan aksesoris di dalam kamarmu, memasang renda-renda pada setiap pinggiran sarung bantal dan gorden juga akan menambahkan kesan seragam pada kamarmu dan pastinya akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Bagi pecinta permadani, gunakanlah karpet secara proporsional

dekorasi kamar

Kalau kamu lebih memilih karpet sebagai elemen dasar di dalam ruanganmu, pilihlah karpet atau permadani dengan ukuran yang proporsional. Proporsional artinya tidak berlebihan, dan tidak terlalu kecil. Karpet yang terlalu besar di dalam kamar justru malah akan membuat kamarmu terkesan ‘sempit’. Kalau kamu mau, sekalian saja seluruh ruangan, jangan tanggung-tanggung.

Selain itu, pastikan kamu memilih warna karpet yang senada dengan warna lain yang ada di dalam kamarmu, atau paling tidak, senada dengan warna salah satu furnitur utama di dalam kamar. Menggunakan rumput sintetis untuk carpeting di dalam kamar juga akan menambah kesan ‘segar’.

Rumus paling aman jika kamu masih bingung menentukan ukuran dan warna karpet, pilihlah satu karpet yang cukup besar untuk meng-‘cover’ ukuran tempat tidurmu dan letakkan di bawahnya. Kemudian pilih setidaknya satu buah karpet lagi yang agak kecil untuk diletakkan di area lain, misal di bawah meja, atau di bawah kursi.

Percantik setiap laci dan lemari untuk membuat kesan baru

dekorasi kamar

Mewarnai atau sekadar memberi wallpaper pada lemari atau laci merupakan salah satu cara termudah untuk menambah warna dan desain baru pada dekorasi ruanganmu. Untuk pilihan warna maupun wallpaper, tentu saja agar tidak memberi kesan yang berlebihan dan ‘maksa’, sesuaikan warna dan motifnya dengan tema dekorasi kamarmu.

Kalau warna kamarmu didominasi warna putih, pilihlah cat atau wallpaper berwarna cerah. Sementara itu, untuk pilihan motif, banyak sekali toko yang menjual wallpaper dengan motif yang bermacam-macam. Pilihlah satu motif saja yang paling merepresentasikan kamarmu. Kamu juga bisa membelinya secara online.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa membuat sendiri ornamen hiasan untuk kamarmu, seperti bunga-bunga yang dibuat dari kertas, dari origami, ataupun dari sedotan. Dengan begitu, kamu dapat memberi sentuhan personal sesuai dengan kepribadianmu sendiri.

Mengganti handle lemari atau pintu yang sudah lapuk

dekorasi kamar

Kalau knob atau handle lemarimu sudah lapuk, berkarat, keropos, goyang, mungkin kini saatnya buat kamu untuk membeli set knob yang baru. Hal yang sama juga dapat dilakukan terhadap handle daun pintu ataupun jendela lho.

Teknik sederhana ini dapat menambah kesan detail terhadap dekorasi kamar, dan ini semakin menandakan bahwa penghuninya adalah tipe orang yang teliti dan cermat. Handle pintu maupun lemari dapat kamu beli secara online ataupun offline seperti di ACE Hardware, IKEA, atau Courts.

Pasang gorden untuk tampilan jendela yang lebih fresh

dekorasi kamar

Beri sedikit kesan “wow” pada jendela kamarmu dengan memasang kelambu atau gorden. Pertimbangkan untuk membeli gorden yang berkualitas baik dengan motif yang sesuai dengan tema kamarmu. Sekarang ini banyak penjual gorden yang menjual berbagai jenis gorden dengan berbagai jenis motif. Pilihlah beberapa motif yang cocok untuk ganti-ganti.

Soal model gorden, jangan takut untuk bereksperimen. Jangan terpaku pada model gorden yang umumnya ditampilkan sebagai display di toko-toko gorden.

Ingat, kamu juga bisa membuat model gorden mu sendiri lho, kalau kamu punya bahan yang cocok, kamu bisa memesan atau membuat gorden kustom di penjahit kepercayaanmu.

Hindari pencahayaan berlebihan, keep it subdued!

dekorasi kamar

Hal yang sangat umum di masyarakat kita bahwa sebuah ruangan haruslah memiliki lampu di atasnya. Memang peran lampu sangat penting, namun, untuk dekorasi kamar tidurmu, ada baiknya gunakan lampu dengan fitur dimmer agar kuantitas cahayanya dapat disesuaikan.

Cara lainnya, kamu bisa memilih sebuah lampu meja atau lampu dinding yang memiliki fitur dimmer, sehingga intensitas cahaya pada kamarmu dapat dengan mudah dikontrol. Cahaya lampu yang terlalu berlebihan juga tidak baik, bukan?

Buat ruanganmu semakin hidup dengan adanya tanaman hias

dekorasi kamar

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya tentang tanaman hias indoor, untuk membuat  ruanganmu lebih terasa hidup dan lebih terlihat segar, tak ada salahnya untuk menaruh beberapa pot tanaman hias di sudut ruangan sebagai dekorasi kamar mu.

Tanaman hias juga membantu memproduksi oxygen dan mengurangi kadar karbondioksida di dalam ruangan. Sebelum memilih tanaman yang cocok, konsultasikan kepada penjual ataupun kepada ahlinya tentang penyiraman, pemupukan, dan perawatan lainnya.

Kendalikan populasi bantal dan guling di kasurmu

dekorasi kamar

Keberadaan bantal dan guling di atas kasur memang dapat memberi kenyamanan tersendiri, selain dapat mempercantik tampilan kasurmu. Akan tetapi, terkadang saking senangnya kita terhadap bantal-guling tersebut sampai-sampai populasinya tak terkendali dan malah mempersempit ruang gerak kita.

Oleh karena itu, ada sebuah rumus umum yang dapat kamu jadikan patokan mengenai jumlah maksimal bantal yang ada di dalam kamarmu: rumusnya, apabila bantal dan guling tersebut disejajarkan, jangan sampai melebihi setengah ukuran kasurmu. Cukuplah kira-kira dua set bantal ukuran sedang dan dua buah guling untuk satu kamar.

Leave a Reply