Contoh Susunan Acara Perpisahan Buat Kamu yang Mau Lulus

2 min read

Contoh susunan acara perpisahan – Pada suatu masa di dalam hidup kita, kita pasti pernah dan akan menjumpai sebuah perpisahan. Tak terkecuali ketika kita mengenyam bangku pendidikan, baik itu di SD, SMP, SMA, maupun di perguruan tinggi.

Acara perpisahan sekolah atau farewell party diselenggarakan oleh pihak sekolah sebagai bentuk penghormatan kepada murid-murid calon alumni di sekolah tersebut, supaya kelak suatu hari nanti ketika mereka sudah lulus, mereka akan mengingat masa-masa menuntut ilmu di sana.

Untuk kamu yang ditunjuk menjadi panitia penyelenggara acara perpisahan sekolah, tentu kamu sangat menginginkan acara yang kamu dan teman-temanmu selenggarakan menjadi acara  yang sukses, bukan?

Parameter sebuah acara dapat dikatakan sukses adalah kepuasan hati para tamu undangan. Acara perpisahan biasanya merupakan acara yang emosional, campur aduk antara rasa bahagia dan sedih.

Untuk itu, diperlukan sebuah susunan acara perpisahan yang mampu me-manage itu semua menjadi satu kesatuan acara perpisahan yang sempurna. Ya, tidak terlalu sulit sebenarnya membuat susunan acara perpisahan sekolah. Sebelum kita masuk ke dalam contoh susunan acara perpisahan, mari kita simak uraian di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Susunan Acara Perpisahan yang Mengesankan?

contoh teks pidato perpisahanDalam menyusun sebuah acara perpisahan, kita harus memasukkan agenda-agenda yang menarik, menghibur, mendidik, dan mengagumkan. Tujuannya, supaya acara perpisahan yang akan kita lakukan menjadi acara yang sangat berkesan di benak kita dan juga para tamu undangan, sehingga akan senantiasa diingat.

Nah, yang jadi poin penting di sini adalah bagaimana kita membuat rangkaian susunan acara perpisahan itu semenarik mungkin, dan harus memberi kesan tak terlupakan di hati para undangan.

Bagaimana caranya?

Salah satu kendala utama dalam sebuah rangkaian acara-acara formal adalah, umumnya acara-acara formal itu membosankan. Kamu juga pasti tahu itu kan, hehehe.

acara perpisahanAcara formal memang cenderung kaku, serius, dan tegang. Nah, inilah yang mesti kita hindari agar acara perpisahan yang kamu selenggarakan menjadi acara perpisahan terbaik yang dirasakan oleh para calon alumni. Hal yang harus kamu perhatikan adalah:

1 – Durasi

Durasi acara yang terlalu lama akan membuat peserta menjadi jenuh dan bosan. Buat durasi acara se-minimal mungkin. Jangan sampai ada satu agenda yang memakan waktu lebih dari setengah jam. Karena ada kemungkinan fokus hadirin bisa berkurang.

Sebagaimana yang akan kita cantumkan di dalam contoh susunana acara perpisahan di bawah artikel ini.

2 – Hiburan

Agar susunan acara perpisahan mu tidak kaku-kaku amat, kamu harus bisa menempatkan hiburan di waktu-waktu yang strategis. Artinya, jangan menempatkan beberapa agenda yang sifatnya serius secara terus-menerus.

Paling tidak, selingi dengan hiburan untuk sedikit mencairkan suasana. Hiburan ini bisa apa saja, misal musik, drama komedi, quiz, atau sekadar dialog antar pembawa acara. Kepiawaian sang MC juga sangat diandalkan di sini.

Di dalam contoh susunan acara perpisahan di bawah, telah kami terapkan susunan acara hiburan yaitu dengan dialog jenaka oleh dua atau tiga orang yang akan bermain role play di setiap perpindahan dari satu sesi ke sesi yang lain.

3 – Menjalin kekompakan

Acara perpisahan sekolah adalah acara yang sangat melibatkan unsur emosional. Oleh karenanya, manfaatkan ini untuk menjalin kekompakan antar-angkatan. Misalnya, setiap kelas mengirimkan perwakilan untuk tampil di acara perpisahan ini.

Dengan begitu, akan tumbuh rasa partisipasi dari semua peserta, tidak hanya dari pihak panitia acara saja. Di samping itu, hal ini pasti akan menjadi sesuatu yang tak terlupakan di hati mereka.

4 – Membangun kebanggaan

Siapa sih, yang tidak bangga dengan sekolah sendiri? Ini penting untuk ditanamkan kepada para calon alumni agar mereka memiliki rasa bangga pernah menuntut ilmu di sekolahmu. Caranya, bisa dengan membuat merchandise seperti kaos untuk dipakai ketika hari acara perpisahan, atau dengan menyanyikan hymne sekolahmu.

Contoh Susunan Acara Perpisahan [Kelas 6, Kelas 9, dan Kelas 12]

contoh susunan acara perpisahanTabel di bawah ini merupakan contoh susunan acara perpisahan sederhana yang bisa kamu jadikan contoh dalam menyusun sebuah acara perpisahan.

Baca juga: Contoh Teks Pembawa Acara

Di dalam contoh susunan acara perpisahan di bawah ini memang tertulis kelas 12, tapi sebenarnya untuk kelas 9 atau kelas 6 pun sama saja. Rundown susunan acara perpisahan ini hanya sebagai contoh dalam membuat susunan acara perpisahan. Let’s take a look!

WaktuKegiatanKeterangan
07.30 - 08.00Menunggu peserta berdatanganPeserta masuk ke area acara perpisahan diiringi dengan musik soft. MC memberi arahan kepada tamu undangan untuk mempersilakan duduk.
08.00 - 08.05Acara selingan
Buat sebuah role-play yang dapat mengalihkan perhatian tamu untuk melihat apa yang terjadi di atas panggung. Misal, muncul beberapa orang yang berdialog jenaka mengenai acara. Acara apa sih ini, kita di sini ngapain sih, dsb. Diakhiri dengan kalimat, "Ah, daripada nggak jelas, mendingan kita dengarkan saja MC-nya langsung, yuk!" kemudian turun dari panggung, dilanjutkan dengan naiknya MC.
08.05 - 08.10Pembukaan acara perpisahan
MC naik ke atas panggung dan membuka acara, memberi sapaan kepada para tamu undangan dan membacakan rundown acara secara singkat.
08.10 - 08.15
Acara selingan
Masuk lagi grup role play: Aktor 1: "Oooh, jadi ini dalam rangka perpisahan sekolah ya?" Aktor 2: "Bener kan apa yang tadi gue bilang!" Hingga percakapan mengarah ke acara selanjutnya dengan memberi kode,misal "Eh, di depan ada rame-rame yang mau nyambut tuh, kita nonton yuk!" serentak: "Ayuuuk!"
08.15 - 08.30
Penjemputan kepala sekolah, diiringi hiburan sambutan
Sembari menunggu kepala sekolah sampai duduk di tempatnya, ada grup kesenian daerah yang menyajikan pertunjukan untuk menyambut kedatangan beliau. Misal, tari piring, dsb.
08.30 - 09.00
Pidato sambutan dari kepsek, wali kelas, ketua osis
MC mempersilakan kepala sekolah, wali kelas, dan ketua OSIS untuk memberikan pidato sambutan. Masing-masing dialokasikan 5 menit.
09.00 - 09.05
Acara selingan
Masuk lagi grup role play: Aktor 1: "Bener banget tuh apa yang disampaikan sama Pak (nama kepala sekolah)... Sebagai siswa, kita emang harus bla bla bla (kesimpulan dari pidato Pak Kepsek)" Kalimat terakhir dari role play ini adalah clue untuk acara selanjutnya, contoh "Denger-denger, katanya dari kelas 10 ada artis yang mau menghibur kita lho!"
09.05 - 09.10
Penampilan dari perwakilan kelas 10
Penampilan kreativitas dan seni dari kelas 10, bisa tari, bisa akustikan, band, musikalisasi puisi, bebas.
09.10 - 09.15
Acara selingan
Masuk grup role play, selanjutnya silakan berimprovisasi mengikuti suasana dan alur acara. Jangan lupa untuk memberikan kode ke acara selanjutnya.
09.15 - 09.25
Pengumuman siswa berprestasi kelas 10
Pengumuman siswa berprestasi di kelas 10 oleh kepala sekolah atau jajarannya.
09.25 - 09.30
Acara selingan
Masuk grup role play, selanjutnya silakan berimprovisasi mengikuti suasana dan alur acara. Jangan lupa untuk memberikan kode ke acara selanjutnya.
09.30 - 10.00
Penampilan kreativitas kelas 11
Penampilan kreativitas dan seni dari kelas 11, bisa tari, bisa akustikan, band, musikalisasi puisi, apapun itu, bebas.
10.00 - 10.05
Acara selingan
Masuk grup role play, selanjutnya silakan berimprovisasi mengikuti suasana dan alur acara. Jangan lupa untuk memberikan kode ke acara selanjutnya.
10.05 - 10.15
Pengumuman siswa berprestasi kelas 11
Pengumuman siswa berprestasi di kelas 11 oleh kepala sekolah atau perwakilannya.
10.15 - 10.20
Acara selingan
Masuk grup role play, selanjutnya silakan berimprovisasi mengikuti suasana dan alur acara. Jangan lupa untuk memberikan kode ke acara selanjutnya.
10.20 - 10.50
Penampilan hiburan tamu
Penampilan hiburan dari bintang tamu, misalnya band, stand up comedy, dsb. Waktu ini bisa digunakan untuk istirahat seluruh panitia dan pengisi acara.
10.50 - 10.55
Acara selingan
Masuk grup role play, selanjutnya silakan berimprovisasi mengikuti suasana dan alur acara. Jangan lupa untuk memberikan kode ke acara selanjutnya.
10.55 - 11.25
Penampilan kreativitas kelas 12
Penampilan kreativitas dan seni dari kelas 11, bisa tari, bisa akustikan, band, musikalisasi puisi, apapun itu, bebas.
11.25 - 11.30
Acara selingan
Masuk grup role play, selanjutnya silakan berimprovisasi mengikuti suasana dan alur acara. Jangan lupa untuk memberikan kode ke acara selanjutnya.
11.30 - 11.50
Pengumuman siswa berprestasi kelas 12
Pengumuman siswa berprestasi di kelas 12 oleh kepala sekolah atau perwakilannya.
11.50 - 12.30
Istirahat, solat, makan siang
Masuk lagi grup role play, kode terakhir adalah untuk mengajak para tamu break sejenak, dan mengingatkan bahwa setelah istirahat akan ada acara menarik lainnya. Musik berhenti untuk menghormati waktu zuhur, kemudian semua beristirahat, solat, makan.
12.30 - 12.35
Acara selingan
Masuk grup role play, selanjutnya untuk mencairkan suasana, buat semacam game atau quiz dengan hadiah menarik. Jangan lupa untuk memberikan kode ke acara selanjutnya.
12.35 - 12.50
Pengumuman dan pembagian hadiah
Dari penampilan kreativitas setiap kelas, dipilih satu yang terbaik dan berhak mendapatkan hadiah. Selain itu juga ada kategorisasi, misal: tarian terbaik, kostum terbaik dsb.
12.50 - 12.55
Acara selingan
Masuk grup role play, kali ini yang terakhir kalinya. Beri kode kepada para hadirin untuk berdiri, bersiap-siap menyanyikan lagu perpisahan.
12.55 - 13.05
Lagu perpisahan
Lagu perpisahan dinyanyikan oleh para calon alumni, saat di bagian melode atau di tengah-tengah lagu, sebuah pesan terakhir dari calon alumni untuk adik-adik kelas diucapkan dengan gaya puitis.
13.05 - 13.15
Penutupan acara perpisahan
Seluruh panitia naik ke atas panggung dan MC menutup acara sembari mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin dan juga panitia atas kelancaran jalannya acara.

Nah, itulah salah satu contoh susunan acara perpisahan untuk kelas 6, kelas 9, dan kelas 12. Rundown acara yang kamu buat tidak harus sama persis seperti yang kami tampilkan di sini. Sekali lagi, kamu bisa memodifikasi rundown acara tersebut sesuai dengan yang kamu mau. Semoga sukses!

Leave a Reply