Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Paling Lengkap!

6 min read

pidato perpisahan sekolah SD kelas 6

Contoh pidato perpisahan kelas 6 – Ciye yang udah lulus… Gimana nih rasanya adik-adik setelah kalian dinyatakan lulus dari sekolah? Pastinya senang dan bangga dong, itu artinya usaha adik-adik belajar dan menuntut ilmu selama enam tahun tidak sia-sia.

Yang paling penting sih, adik-adik harus selalu semangat belajar ya, karena masih ada jenjang pendidikan SMP yang sudah menunggu kalian di sana. 🙂

Setelah lulus dari sekolah, adik-adik tentu juga merasa sedih karena harus berpisah dengan teman-teman dan guru, bukan? Tidak apa-apa, nanti di sekolah yang baru, kalian juga akan bertemu dengan teman dan guru yang baru pula.

Sebelum acara perpisahan sekolah, biasanya kita akan menyiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin, supaya pada saat acara perpisahan nanti teman-teman dan guru kita akan selalu mengingat kita dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan pidato perpisahan sekolah yang terbaik.

Pada saat acara perpisahan sekolah, biasanya juga akan ada perwakilan dari kelas 6 untuk memberikan pidato perpisahan, bukan? Manfaatkanlah acara perpisahan itu untuk membuat guru dan teman kalian terkesan. Kalian bisa lihat contoh pidato perpisahan kelas 6 di bawah ini.

Contoh Pidato Perpisahan (Perwakilan Kelas 6)

pidato perpisahan singkat

Assalamualaikum wr. wb.

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah SDN 01 Jakarta beserta dewan guru dan tamu undangan.

Yang saya hormati, orangtua dan wali murid, serta yang saya banggakan teman-teman seperjuangan; siswa-siswi SDN 01 Jakarta.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT.

Shalawat beserta salam semoga tetap terlimpahkan pada suri tauladan umat manusia, yakni habibana wanabiyyina Muhammad SAW.

Untuk Bapak dan Ibu guru yang kami cintai,

Masih terbayang dalam ingatan, ketika bapak dan Ibu guru mengajari kami dengan penuh sabar dan kasih sayang. Terima kasih, telah mengajarkan kami berhitung mulai dari 0 sampai 1000, mengenalkan alfabet dari huruf A sampai Z, dan membuka cakrawala kami tentang Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlimpah atas semua kebaikan yang bapak dan ibu guru berikan. Terima kasih, Pahlawan tanpa tanda jasa. Jasamu abadi, kami kenang sepanjang masa.

Di sini, saya mewakili teman-teman dari kelas 6,

Kami mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila pada saat belajar di kelas maupun di luar kelas, ada sikap kami yang tidak terpuji, ada kata-kata kami yang tercela, dan khilaf yang tidak disengaja, yang telah melukai ibu dan Bapak guru.

Untuk teman-teman kelas 6, cerita kita tidak akan selesai di sini, kita masih bisa tersenyum dalam ilmu, dan tertawa dalam canda. Walau di tempat masing-masing yang berbeda.

Perpisahan hari ini adalah langkah awal kita untuk mencapai cita-cita yang lebih tinggi. Mari benamkan dalam dada, tekadkan untuk terus mengharumkan nama orang tua dan SDN 01 Jakarta kita tercinta.

Untuk adik-adik tersayang, saya mewakili teman-teman kelas 6 ingin menyampaikan pesan,

Tiada kesuksesan tanpa perjuangan,

Tiada perjuangan tanpa pengorbanan,

Tiada pengorbanan tanpa keikhlasan.

Kami yakin, di kemudian hari, akan tiba juga saatnya adik-adik mencapai kelulusan. Kuncinya hanya ikhlas dalam belajar, berusaha keras, dan tidak lupa berdoa. Insya Allah kelak adik-adik bisa seperti kami di sini, lulus dengan nilai yang memuaskan, bahkan lebih baik lagi.

Semua kenangan yang berasal dari sebuah gedung Sekolah Dasar, di salah satu sudut desa ini tidak akan kami lupakan.

Hadirin yang berbahagia,

Cukup sekian dari saya mewakili diri saya pribadi dan teman-teman kelas 6, mohon maaf apabila ada kesalahan.

Akhir kata, saya memohon doa restu dari para hadirin, agar kami, pelajar SDN 01 Jakarta, bisa menjadi insan yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Amin.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Contoh Pidato Perpisahan SD (Perwakilan Adik Kelas)

contoh pidato perpisahan sekolah

Yang terhormat, Ibu/Bapak Kepala Sekolah SDN 01 Jakarta

Yang terhormat, Bpk Ibu Guru SDN 01 Jakarta

Yang terhormat, Orang Tua Murid dan tamu undangan,

Serta kakak-kakak kelas 6 yang saya banggakan.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua , sehingga kita dapat berkumpul pada acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas 6.

Bapak dan ibu guru, para undangan, dan teman-teman semua,

Dalam kesempatan ini, perkenankan saya mewakili siswa kelas 1 sampai dengan kelas 5 untuk mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan kakak-kakak kelas 6 yang telah menempuh ujian di tingkat sekolah dasar.

Kami berharap, kakak-kakak kelas 6 mampu mengamalkan ilmu yang sudah dimiliki, baik untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara, serta agama.

Kakak-kakak yang saya banggakan,

Kami, adik-adik kelasmu mengucapkan selamat jalan dan mohon maaf apabila selama kita bersama-sama menuntut ilmu di sekolah ini, kami pernah menyakiti hati kakak-kakak.

Bertahun bersama terasa sekejap saja. Berat rasanya hati kami melepas langkah kakimu. Betapa banyak kenangan yang telah tercipta. Baik yang manis, maupun yang pahit. Semua cerita indah di sini pastilah akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan.

Alangkah senangnya apabila pertemanan yang telah dijalin selama ini dapat bertahan selamanya.

Walaupun berat, setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Akan tetapi, kami sadar bahwa jalan yang harus kakak tempuh masih panjang. Mudah-mudahan acara ini bisa menambah erat tali persaudaraan kita dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.

Kakak-kakak yang saya sayangi dan hormati,

Kami mohon janganlah melupakan jasa bapak dan ibu guru, muliakan dan hormatilah mereka karena jasa-jasanyalah kita menjadi anak yang terdidik, berilmu, dan berprestasi.

Sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada kakak-kakak kelas 6 untuk melanjutkan belajar di jenjang yang lebih tinggi, semoga sukses sesuai dengan yang dicita-citakan untuk meraih masa depan yang gemilang.

Sebaliknya semoga kami yang masih di sekolah ini diberi kekuatan untuk melanjutkan keteladanan yang telah kakak-kakak berikan.

Pohon talas dibuat jamu,
Janganlah malas menuntut ilmu.

Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi,
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi.

Demikian, terima kasih atas perhatian Bapak, Ibu, serta teman-teman, jika ada kata-kami yang kurang berkenan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Pendek Perpisahan Kelas 6

pidato perpisahan sd

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru;

Yang terhormat para tamu undangan;

Kawan-kawanku Yang berbahagia.

Terlebih dahulu, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-nya kepada kita.

Pada kesempatan ini, kita dapat berkumpul pada acara perpisahan kelas 6. Guru-guru dan Teman-teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat.

Tak terasa, sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Kami mendapatkan ilmu yang tak terhingga. Semuanya berkat guru-guru yang telah dengan sabar mengajari kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba. Setelah enam tahun kami belajar bersama Bapak/Ibu Guru, saya selaku perwakilan dari kelas enam mengucapkan terima kasih dan ingin meminta maaf atas perbuatan salah kami semuanya.

Tidak lupa, kami sampaikan juga terima kasih kepada orang tua kita semua yang telah memberi motivasi kepada kami semua.

Untuk teman-teman semua, meskipun sudah lulus tetapi kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih panjang dan untuk mencapai cita-cita kalian. Akhir kata, saya dan teman-teman ingin mengucapkan selamat tinggal sekolah ini dan kami tidak akan melupakan sekolah ini.

Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada salah. Terima kasih, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Lengkap

contoh pidato perpisahan kelas 6

Assalamu’alaikum wr. wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat kepala SDN 01 Jakarta,

Yang saya hormati bapak/ibu guru,

Yang saya hormati wali murid kelas 6, serta teman-teman yang berbahagia.

Alhamdulillah, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam acara perpisahan kelas 6 SDN 01 Jakarta tahun ajaran 2015/2016 dalam keadaan sehat walafiat.

Saya selaku perwakilan dari kelas 6 mengucapkan terima kasih kepada Bapak kepala sekolah dan bapak-ibu guru yang telah menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam membimbing dan memberi arahan guna terlaksananya acara ini.

Tak lupa, juga saya berterima kasih kepada panitia yang telah mengizinkan saya untuk berdiri di sini menyampaikan salam perpisahan.

[irp posts=”1504″ name=”Contoh Susunan Acara Perpisahan Buat Kamu yang Mau Lulus”]

Hadirin yang berbahagia,

Tak terasa waktu terus bergulir, 3 tahun telah berlalu. Kami masih ingat beberapa tahun yang lalu ketika kami memulai aktivitas belajar di sekolah tercinta ini. Tentunya banyak kenangan berharga yang tidak pernah kami lupakan. Baik itu pengalaman suka, duka, canda, tawa, haru, semuanya melebur menjadi kenangan berharga dalam jejak kehidupan kami.

Kami sebagai siswa-siswi SDN 01 Jakarta sangat bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pendidik di sekolah ini. Tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh guru yang telah mengajar dan mendidik kami.

Tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah bapak-ibu guru, akhirnya kami dapat menyelesaikan pendidikan di tingkat Sekolah Dasar ini. Sungguh jasa-jasa kalian akan selalu kami kenang dan senantiasa terpatri di dalam hati kami.

Bapak-ibu guru, dan teman-teman yang berbahagia,

Kami tidak mampu membalas segala kebaikan Bapak dan Ibu guru dalam bentuk materi atau kebaikan serupa dengan apa yang telah bapak/ibu berikan.

Kami hanya dapat berdoa, semoga Allah Yang Maha Kuasa selalu memberikan kesehatan, kekuatan, dan kebahagiaan kepada semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini sehingga dapat terus mengabdi dan membimbing, serta menjadikan generasi muda pelanjut bangsa yang bermanfaat bagi umat dan bangsa.

Kami menyadari selama mengenyam pendidikan di sekolah ini banyak sikap kami yang tidak berkenan di hati para guru, kami sering tidak mematuhi nasihat kalian dan melanggar aturan sekolah. Sengaja atau tidak sengaja, kami pernah menyakiti hati bapak dan ibu guru. Izinkan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekhilafan kami.

Selanjutnya, untuk adik-adik kelas kami. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian. Mohon maaf, jika selama ini kakak belum mampu menjadi teladan yang baik dan sering menyakiti hati kalian.

Sebagai kakak kelas, kami hanya bisa berpesan agar kalian belajar dengan giat, perbaikilah sikap dan perilaku kalian serta patuhlah terhadap nasehat bapak/ibu guru. Agar kalian dapat menjadi pribadi yang hebat. Sukses selalu buat adik-adik kami. Doa kami menyertai kalian.

Untuk teman-teman seperjuangan, saya ingin mengingatkan setelah kita meninggalkan pakaian putih merah ini jalan kita masih panjang. Teruslah meraih impian dan cita-cita. Giat belajar, bersungguh-sungguh, dan bekerja keras serta tak lupa berdoa kepada Allah SWT.

Sepuluh tahun yang akan datang, kita akan berkumpul kembali, memegang impian yang telah kita wujudkan. Amin.

Hadirin yang kami sayangi,

Kami juga memohon doa restu kepada seluruh hadirin kiranya dapat mengiringi langkah kepergian kami untuk terus maju meraih cita-cita. Semoga SDN 01 Jakarta lebih baik, lebih maju, dan tetap jaya, Aamiin.

Demikian pidato perpisahan dari saya, mudah-mudahan mendatangkan berkah bagi kita semua. Mohon maaf bila ada salah kata dan perbuatan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Penutup

Nah, itulah tadi daftar kumpulan contoh pidato perpisahan kelas 6 yang dapat kamu manfaatkan untuk pidato perpisahanmu. Buat adik-adik yang sudah lulus, kami ucapkan selamat atas kelulusannya. Semoga ilmu yang kalian dapatkan bisa berguna bagi bangsa, negara, dan agama.

Leave a Reply