Cara Membuat Play Doh Sendiri di Rumah, Mudah, Murah, dan Aman

2 min read

Cara membuat play doh – Sekarang ini, banyak sekali permainan yang dapat mengasah kreatifitas anak. Salah satunya adalah mainan semacam ‘adonan’ berwarna yang dapat dibentuk sesuka hati yang populer dengan nama play-doh, atau play dough (adonan mainan).

Anak-anak memang sangat menyukai permainan anak ini. Mereka bahkan dapat bermain play doh sampai lupa waktu, karena saking asiknya bermain.

Berbeda dengan plastisin yang berbahan dasar lilin dan berminyak, yang mana tentunya tidak aman bagi anak-anak, play doh yang akan kita buat sendiri ini terbuat dari bahan-bahan yang pastinya aman untuk si kecil.

Sebenarnya, di pasaran sudah terdapat play-doh yang siap dimainkan, namun para orang tua tentu akan merasa gemas apabila si kecil lagi-lagi menghilangkan benda yang satu ini, mengingat harganya yang sangat tidak murah.

Solusinya, yaitu dengan membuat play doh sendiri di rumah. Karena selain akan menghemat uang, membuat play-doh sendiri juga dapat menjadi kegiatan menyenangkan tersendiri antara orang tua dan anak.

Sebelum kita berlanjut pada cara membuat play doh sendiri, mari kita simak terlebih dahulu, apa saja manfaat bermain play doh bagi anak-anak,

Manfaat Bermain Play Doh Bagi Anak-anak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa bermain play doh dapat meningkatkan daya kreativitas anak-anak. Namun ternyata bukan hanya itu saja, lho.

Bermain play doh juga dapat membantu memperkaya kosakata anak dan juga meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.

Lebih lanjut lagi, bermain play doh dapat juga meningkatkan kemampuan motorik halus bagi anak, karena dalam bermain play doh, anak akan terbiasa menekan, menarik, mencubit, menggulung, dan banyak aktivitas motorik lain untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan.

Sekarang, bunda sudah tidak khawatir lagi kan, ketika membiarkan si buah hati bermain play doh?

Kalau begitu, mari kita lanjut ke pembahasan cara membuat play doh sendiri di rumah.

Cara Membuat Play Doh Sendiri di Rumah

Di bawah ini merupakan cara membuat play doh sendiri di rumah. Sebagai saran, aktivitas ini akan lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama anak-anak. Karena dengan begitu, mereka akan lebih menghargai hasil karya mereka sendiri dan juga melatih ketangkasan ketika bermain play doh.

Yang terpenting adalah, cara membuat play doh ini mudah, murah, dan pastinya aman bagi anak. 🙂

Bahan yang Digunakan

Berikut ini adalah beberapa bahan yang kita perlukan untuk membuat play doh sendiri di rumah. Takaran di bawah ini adalah untuk 1 buah adonan play doh dengan 1 warna.

  • 4 sendok garam
  • 8 sendok tepung gandum (kalau tidak ada bisa diganti dengan terigu)
  • 240 ml air hangat
  • 2 sdm minyak goreng (dapat diganti dengan minyak zaitun)
  • 2 sdm krim tartar (bisa dibeli di toko bahan kue)
  • 2 sdt pewarna makanan

Biaya keseluruhan untuk membuat play doh homemade ini tidak sampai 20 ribu. (apalagi kalau bahan-bahannya udah ada di rumah, hehe) Murah sekali, bukan?

Bahan-bahan di atas terdiri dari bahan-bahan makanan dan tentunya sangat aman bagi anak-anak apabila tidak sengaja masuk ke dalam mulut.

Takaran bahan di atas akan menghasilkan satu buah adonan dengan satu warna seperti gambar di bawah. Untuk menambah adonan dengan warna berbeda, silakan ulangi proses dengan mengganti warna pewarna makanannya.

Catatan:

  • Garam berfungsi sebagai pengawet alami untuk menghindari mengerasnya adonan play doh.
  • Krim tartar berfungsi sebagai pengikat adonan play doh supaya tetap lembut, elastis, dan tidak mudah rapuh. Di toko bahan-bahan kue, merek Koepoe-Koepoe kemasan 60 gram cuma 5000 rupiah!
  • Gunakan pewarna makanan yang berwarna cerah agar menarik di mata anak-anak.
  • Adonan play doh yang dimasak akan lebih tahan lama, lembut, serta tidak gampang mengering, jika dibandingkan dengan adonan play doh yang tidak dimasak. Oiya, serta lebih tahan jamur pula.

[irp posts=”988″ name=”Cara Membuat Berbagai Macam Bunga dari Kertas Origami”]

Cara Membuat Playdoh: Langkah pembuatan

1. Campurkan semua bahan

Masukkan semua bahan yang telah dipersiapkan ke dalam loyang. Disarankan untuk menggunakan loyang yang anti lengket, agar bahan-bahan tersebut tidak melekat dan akan memudahkan bunda untuk memasak adonan berikutnya.

bahan membuat clay

2. Masukkan pewarna makanan

Larutkan pewarna makanan ke dalam air hangat yang telah disiapkan, setelah itu masukkan larutan pewarna tersebut ke dalam loyang.

cara membuat clay

3. Masak di atas api kecil

Aduk semua adonan yang telah dimasukkan hingga tercampur semuanya, kemudian masak di atas api kecil. Selama memasak, aduk terus sampai mengeras.

cara membuat play doh

4. Dinginkan dan remas-remas

Ketika adonan tadi sudah matang, keluarkan adonan tersebut dari loyang, kemudian letakkan di atas talenan. Tunggu sampai adonan tersebut dingin.

Apabila sudah cukup dingin, lembutkan adonan play doh dengan cara meremas-remasnya, sehingga teksturnya lebih halus.

membuat play doh mudah

Taraaa! Jadilah satu buah adonan play doh buatan sendiri dan siap dimainkan oleh anak-anak. Mudah kan caranya?

Ulangi langkah 1 sampai 4 untuk membuat play doh dengan warna yang berbeda ya.

5. Cara penyimpanan

Untuk menjaga tekstur play doh buatan sendiri ini setiap kali dimainkan, maka hendaknya simpan adonan play doh ini di dalam plastik zip-lock atau wadah makanan, kemudian simpan di dalam lemari es setiap kali selesai bermain, tapi jangan di freezer.

cara membuat play doh

Dengan demikian, play doh buatan sendiri ini akan tetap lembut dan halus teksturnya, tidak alot, dan dapat bertahan hingga 3 bulan.

Demikianlah cara membuat play doh sendiri di rumah, nggak susah kan? Kalau menemukan kesulitan, silakan tanya pada kolom komentar di bawah ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply