11 Kreasi Jamu Kunyit Tradisional yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Jamu tradisional memiliki beragam manfaat bagi kesehatan serta kebugaran tubuh. Banyak bahan di sekitar kita seperti bahan rempah alami, bahan bumbu masak, dan tanaman di sekitar rumah yang mudah diperoleh sebagai bahan baku membuat ramuan yang baik buat kesehatan.

Bahan-bahan ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional, sehingga siapapun bisa membuatnya sendiri di rumah. Salah satu bahan rempah khas Indonesia yang paling banyak manfaatnya adalah kunyit.

Jamu kunyit tradisional banyak diminati oleh berbagai kalangan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan fit karena ramuannya berbahan alami yang tidak memiliki efek samping negatif sebagaimana obat-obatan kimia.

Terdapat berbagai jenis jamu kesehatan dari seluruh dunia. Di indonesia, kita sudah lebih mengenal ramuan jamu yang turun temurun, dan ada juga ramuan herbal, dan ramuan Cina yang sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang.

Berikut ini 15 cara membuat jamu kunyit yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

1. Jamu dan Obat Demam Tradisional

cara membuat jamu kunyit

Demam adalah penyakit yang sering diderita oleh masyarakat, baik itu orangtua maupun anak-anak. Demam bisa disebabkan oleh kurang tidur, terlalu lelah, atau karena daya tahan tubuh yang lemah.

Cara membuat jamu kunyit untuk demam sangat mudah. Rimpang kunyit +20 g dicuci, diparut, tambah dengan air matang 100ml, disaring dan diperas dengan saringan kain. Airnya diminum dua kali sehari hingga panas turun.

2. Obat Diare Tradisional dari Kunyit

Obat diare tradisional yang mungkin sudah umum kita ketahui adalah daun jambu biji. Memang benar, daun jambu biji terbukti sangat bermanfaat untuk mengobati diare.

Namun selain daun jambu biji, diare juga dapat diatasi dengan kunyit loh. Bahan yang dibutuhkan hanya 2, yaitu:

  • kunyit secukupnya
  • air kapur sirih

Caranya juga cukup sederhana. Kunyit diiris-iris dan direbus dengan air, tambah 1 sendok teh air kapur sirih lalu aduk sampai rata. Saring setelah dingin dan airnya diminum 3 kali sehari sampai sembuh.

3. Cara Membuat Obat Borok Tradisional

Siapa sangka, kunyit yang selama ini digunakan sebagai bumbu dapur ternyata berkhasiat untuk obat borok tradisional? Untuk membuatnya, kita akan membutuhkan:

  • kunyit sebesar ibu jari
  • air kapur sirih
  • perasan jeruk nipis

Kunyit sebesar ibu jari tersebut dicuci bersih kemudian diparut, tambahkan satu sendok teh air kapur sirih dan air perasan jeruk nipis lalu aduk sampai rata. Oleskan merata pada bagian tubuh yang sakit.

4. Obat Gatal dan Cacar Air Tradisional

cara membuat jamu kunyit

Memiliki kulit yang gatal memang sangat menyiksa. Baik itu karena biang keringat, apalagi cacar air. Mau digaruk tapi bisa menyebar, mau dibiarkan tapi terlalu gatal. Dilema kan jadinya.

Tapi tenang saja, sepotong kunyit, segenggam daun asam dapat menjadi obat yang mujarab! Caranya cukup blender kedua bahan tersebut hingga halus seperti bubur, kemudian oleskan merata pada bagian tubuh yang gatal.

5. Jamu dan Obat Keputihan Tradisional

Khawatir memakai produk kimia untuk mengobati keputihan? Kembalilah kepada ramuan yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita, yaitu jamu. Salah satu obat keputihan tradisional yang mudah dibuat adalah jamu kunyit.

Kalau kamu ingin mencobanya, siapkan bahan berikut:

  • kunyit tua 15 gram
  • air asam
  • gula jawa

Ambil kunyit yang sudah tua, lalu dikupas dan diparut. Tambahkan 150ml air asam dan gula jawa lalu aduk rata. Peras dengan kain, dan minum perasannya setiap hari. Dijamin keputihan akan hilang!

6. Ramuan Obat Amandel Tradisional

Cara membuat jamu kunyit untuk obat amandel tradisional ini membutuhkan sedikit lebih banyak bahan dibanding yang sebelum-sebelumnya, meski bahan yang dibutuhkan masih termasuk mudah didapatkan.

  • kunyit seukuran 2 ruas jari
  • air minum
  • kuning telur ayam kampung
  • air kapur sirih

Siapkan kunyit seukuran setengah jari lalu parut, tambahkan 2 sendok air minum, dan aduk sampai rata. Peras dan ambil airnya, kemudian campurkan sebutir kuning telur ayam kampung dan sedikit air kapur sirih.

Apabila semua sudah tercampur, kocok adonan sampai rata, lalu minum 1 hingga 2 kali sehari hingga amandel sembuh.

7. Jamu Kunyit untuk Obat Radang Gusi Tradisional

Punya radang gusi itu memang nggak enak. Mau ngomong susah, mau senyum sakit, mau makan apalagi. Menyiksa banget deh. Untungnya, salah satu manfaat kunyit yaitu dapat menjadi obat radang gusi tradisional.

Caranya, siapkan setengah ibu jari kunyit dan 3 potong gambir dan iris-iris. Lalu direbus dalam 2 gelas air, selama beberapa menit hingga tinggal tersisa segelas. Gunakan airnya untuk berkumur 3 hingga 4 kali sehari.

8. Jamu Untuk Telat Datang Bulan atau Haid

Jika kamu seorang wanita dan pernah atau sedang mengalami siklus haid yang tidak teratur, maka kamu wajib minum ramuan tradisional ini. Masih berbahan utama kunyit, ini dia cara membuat jamu untuk telat datang bulan.

  • kunyit dan daun sigading +15 g
  • biji pala, kapulaga +10g
  • ketumbar, jintan hitam dan cengkeh +5g

Setelah semua bahan siap, rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai menguap dan tersisa segelas.

Dibuat perbandingan saja. Kalau mau lebih banyak, kamu bisa buat takarannya 2 kali lipat. Setelah direbus, dinginkan, lalu saring ampasnya. Bagi menjadi 3 bagian untuk diminum 3 kali sehari.

9. Jamu untuk Obat Jerawat Tradisional

Pengobatan jerawat secara alami tidak hanya dilakukan dari luar lho, tapi pengobatan dari dalam tubuh juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan jerawat. Untuk membuat obat jerawat tradisional, kamu membutuhkan bahan sebagai berikut:

  • 100g rimpang kunyit segar
  • campuran air dan perasan jeruk nipis secukupnya
  • 1/2 sendok makan madu

Cara membuatnya mudah. Kunyit dihaluskan dengan blender lalu campurkan pasta kunyit tersebut dengan madu dan air jeruk nipis. Tambahkan air secukupnya. Minum setiap hari secara teratur.

10. Jamu Tradisional untuk Mengobati Maag

cara membuat jamu kunyit

Kunyit rasanya memang kurang enak, namun sudah terbukti bisa memberikan efek yang baik untuk mengobati maag. Kok bisa? Ya bisa, namanya juga tanaman obat.

Siapkan 2 batang kunyit, cuci bersih kemudian parut dan campurkan dengan air yang cukup. Minum 2 kali sehari ramuan tersebut untuk mengurangi dan menghilangkan masalah penyakit maag.

Baca Juga: Cara Memperbanyak dan Memperlancar ASI

11. Jamu untuk Obat Pelangsing Tradisional

Kunyit adalah tanaman dengan sejuta manfaat untuk kesehatan. Jeruk nipis berfungsi untuk menurunkan berat badan karena vitamin C yang tinggi. Sedangkan daun teh memiliki kandungan antioksidan pembersih kolesterol dan lemak jahat.

Apa jadinya kalau kunyit dipadukan dengan jeruk nipis dan teh? Ya, the ultimate obat pelangsing tradisional ever! Cara membuat jamu kunyit untuk obat pelangsing tradisional adalah sebagai berikut:

Daun teh yang kering dan sepotong kunyit yang telah dimemarkan direbus dengan air hingga mendidih. Setelah dingin, airnya disaring lalu diperoleh segelas untuk ditambahkan jeruk nipis dan aduk hingga rata. Jamu diminum dua kali sehari secara rutin.

Selain membuat ramuan jamu kunyit di atas, kamu juga bisa memanfaatkan buah-buahan lain sebagai jus untuk diet. Manfaat yang sama juga akan kamu dapatkan di dalam minyak kelapa murni.

Dari sekian banyak cara membuat jamu kunyit asam dan kunyit lain-lain, cara membuat jamu kunyit di atas merupakan ramuan yang banyak digunakan untuk berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat.

Dengan membuat jamu kunyit sendiri di rumah, kita dapat senantiasa siap sedia jika sewaktu-waktu kondisi kita membutuhkan ramuan tersebut secara cepat. Semoga dapat bermanfaat ya.

Leave a Reply