[DIY] Cara Membuat Gelembung Sabun Raksasa dan Tahan Lama

Cara membuat gelembung sabun raksasa – Saat liburan sekolah atau saat weekend pasti akan sangat menyenangkan kalau melakukan aktifitas dengan anak-anak, bukan?

Di antara mainan kesukaan anak-anak yang paling favorit adalah gelembung sabun raksasa atau dikenal sebagai giant bubble. Mainan seperti ini biasanya dijual di taman bermain dan tempat rekreasi seharga 10-20 ribu, tergantung ukurannya.

Sebenarnya ada cara membuat gelembung sabun sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara membuat gelembung sabun yang mudah dan simpel.

Yuk kita simak!

Cara Membuat Gelembung Sabun Raksasa a.k.a ‘Giant Bubble’ [Do It Yourself]

Untuk membuat gelembung sabun raksasa yang berkualitas, kita tidak memerlukan bahan-bahan kimia yang mahal. Ada banyak bahan di sekitar kita yang bisa kita manfaatkan untuk membuat gelembung sabun yang kuat dan tahan lama.

Bahan yang Dibutuhkan:

  • 250 ml cairan pencuci piring (Sunlight atau Mama Lemon)
  • 5 sendok makan tepung tapioka
  • 1,5 liter air
  • 1 sendok makan baking powder (opsional)

cara membuat gelembung sabun

Mungkin akan banyak yang bertanya kenapa pakai sabun pencuci piring Sunlight atau Mama Lemon. Jawabannya adalah, karena sabun cuci merek ini kadar kepekatannya tinggi.

Penggunaan baking powder sangat disarankan, meski opsional. Tentu hasilnya akan lebih baik.

Langkah Pembuatan

1 – Campurkan bahan

cara membuat gelembung busa sabun raksasa

Cara membuat gelembung sabun raksasa ini sebenanya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan-bahan di atas menjadi satu. Pastikan kamu ikuti ukuran yang telah diberikan tadi.

2 – Cara membuat tongkat peniup

Membuat gelembung sabun, sudah. Sekarang sudah bisa dimainkan belum? Tentu saja sudah bisa, kalau ada tongkat peniupnya. Hehehe.

Kalau tidak punya, ya bikin dulu. Caranya juga mudah kok. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk membuat tongkat peniup gelembung. Kalau kamu ingin gelembung buatanmu menjadi besar, pasti alat peniupnya juga harus besar. Cara pertama, kita bisa menggunakan hanger kawat.

cara membuat bubble dari sabun

Hanger yang dilapisi dengan benang kasur akan lebih menyerap cairan gelembung sabun sehingga gelembung yang diproduksi jadi lebih banyak.

[irp posts=”988″ name=”Cara Membuat Berbagai Macam Bunga dari Kertas Origami”]

Kalau tidak ada hanger kawat di rumahmu, kamu juga bisa menggunakan benang kasur dan sedotan lho. Caranya mudah, ikuti langkahnya di gambar ini:

Eits, masih ada cara lainnya lho. Yaitu dengan menggunakan 2 buah tongkat dan seutas tali. Lalu buat seperti gambar di bawah ini:

cara membuat gelembung raksasa

Saatnya bermain!

bermain gelembung sabun raksasa

Sekarang semua peralatan tempur sudah siap. Saatnya beraksi! Tempatkan cairan gelembung busa pada wadah yang agak lebar seperti baskom, lalu celupkan tongkat peniupnya, angkat, kemudian ayunkan agar tertiup angin.

Untuk membuat gelembung sabun raksasa, angin yang diperlukan cukup kuat, jadi jangan meniup menggunakan mulut. Nanti capek. Hehehe. Selamat bersenang-senang!

Bagikan:

One Response

  1. Ahmad January 25, 2017

Leave a Reply