Cara Membuat Bunga dari Sedotan yang Unik dan Kreatif

Cara membuat bunga dari sedotan – Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat bunga artifisial yang cantik dan menarik. Seperti misalnya dari kain flanel, dari kertas krep, dari kertas origami, dari kertas kardus, bahkan dari kulit jagungĀ sekalipun!

Namun, pernahkah terlintas di benakmu untuk membuat bunga dari sedotan?

Sedotan, benda sekecil itu, digunakan untuk membuat bunga? Wah, membuat bunga dari kertas saja sudah cukup susah, apalagi dari sedotan ya.. Bagaimana caranya? Seperti apa hasilnya?

Hehehe. Tenang saja, jangan dulu berpikiran bahwa membuat bunga dari sedotan itu sulit, mustahil, hasilnya jelek, dan sebagainya. Karena sebenarnya, apapun bahan pembuatnya, kalau kita kreatif dan mau berusaha mendapatkan ide-ide yang ciamik, dijamin hasilnya juga akan memuaskan!

Nah, untuk itu, kami telah mengumpulkan berbagai macam cara membuat bunga dari sedotan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu tidak perlu khawatir kesulitan mencari bahan, karena saat ini sedotan sangat mudah didapat. Kalau kamu memiliki sedotan bekas, maka itu akan lebih baik.

Yaa, hitung-hitung mengurangi sampah plastik juga lah ya, setuju? šŸ™‚

Ya sudah, langsung saja yuk kita mulai!

Cara membuat bunga mawar dari sedotan

Untuk membuat dekorasi bunga dari sedotan, kamu membutuhkan beberapa bahan dan langkah. Tenang saja, dengan bahan yang ada di sekitarmu dan langkah-langkah pembuatannya yang mudah, kamu pasti bisa kok membuatnya. Yakin deh.

Bahan yang kamu butuhkan

  • Sejumlah sedotan dengan berbagai macam warna. (Jumlahnya bebas, semakin banyak semakin baik)
  • Satu buah gunting
  • Lem atau isolasi

Langkah pembuatan

Cara membuat bunga dari sedotan

Pertama, siapkan satu buah sedotan, lalu gunting (sobek) sedotan tersebut secara vertikal sepanjang 4-5 cm, lalu di bagian akhir pengguntingan, belokkan arah sobekan 45Ā° ke arah kiri. Sebagai informasi buatmu, bagian ini akan kita gunakan sebagai tangkai bunga mawar. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Cara membuat bunga dari sedotan

Kedua, sedotan yang telah digunting tadi kemudian dibuka, dipipihkan agar tidak melingkar, lalu gulung menggunakan jari telunjuk dan jempol. Gulungan dibuat serapat mungkin, supaya gulungan lebih tebal dan rapat.

Cara membuat bunga dari sedotan

Ketiga, setelah sedotan digulung sampai akhir sobekan, sekarang saatnya kita mulai melipat dan menggulung sedotan untuk membentuk bagian kelopaknya.

Cara membuat bunga dari sedotan

Keempat, lipat dan gulung sedotan mengitari tangkai bunga, sehingga terbentuk lipatan menyerupai kelopak. Ingat, sebelum menggulung, lipat terlebih dahulu sedotan untuk memberi sudut-sudut pada kelopak. Ilustrasi lebih jelasnya, lihat gambar.

Cara membuat bunga dari sedotan

Kelima, saat gulungan sedotan telah mencapai batas akhir dari sedotan, beri lem pada ujung sedotan yang dilipatĀ paling terakhir, agar lipatan kelopak bunga mawar tidak terbuka lagi.

Cara membuat bunga dari sedotan

Keenam, kamu bisa tambahkan hiasan pelengkap seperti daun-daun sebagai pemanis bunga mawarmu. Atau, kamu bisa buat semacam bouquet bunga mawar mini dengan membuat banyak bunga mawar dari sedotan dan ditancapkan pada bola gabus yang bisa kamu beli di toko plastik, atau online. Bentuknya seperti ini:

Contoh bola gabus
Cara membuat bunga dari sedotan

Sehingga hasilnya jadi seperti ini:

Cara membuat bunga dari sedotan

Bagaimana, mudah bukan? Cara membuat bunga dari sedotan ini bisa kamu praktikkan dengan teman atau kerabatmu, atau bahkan dengan adik-adik yang masih kecil, sehingga kreativitas dan motorik mereka dapat terasah dengan baik.

Ada banyak jenis bunga yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan sedotan. Penasaran? Tunggu pembahasan mengenai cara membuat bunga dari sedotan dalam episode jenis bunga lainnya, ya. Stay tuned dan selamat mencoba! šŸ˜‰

Leave a Reply