Cara Membuat Berbagai Macam Bunga dari Kertas

6 min read

Cara membuat bunga dari kertas – Buat kamu yang punya hobi berkreasi dan mengerjakan kerajinan tangan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan teknik ini. Memang betul, ada banyak sekali teknik dan cara membuat bunga dari kertas. Namun, tidak semua orang dapat mengikutinya. Terlebih bagi kita atau anak-anak yang baru dalam tahap belajar.

Sejauh yang kami perhatikan, cara di bawah ini adalah cara membuat bunga dari kertas yang paling mudah dilakukan, baik itu oleh anak-anak, terlebih lagi oleh orang dewasa. Langkah-langkahnya sederhana, mudah dipahami, dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga ada di sekitar kita.

1. Cara membuat bunga tulip dari kertas

Alat yang kamu butuhkan

  • Beberapa lembar kertas berwarna (lebih banyak warna, lebih baik)
  • Satu buah gunting
  • Satu buah pensil (untuk membuat bunga besar)
  • Satu buah cotton bud (untuk membuat bunga kecil)

Langkah pembuatan

Pertama

Yang pertama kali harus kita lakukan adalah mengambil selembar kertas, kemudian buat kertas-kertas tersebut menjadi ukuran persegi.

Patokannya adalah ukuran panjang = ukuran lebar. Kalau kamu punya kertas origami, nah, seperti itulah contohnya.

Semakin besar ukuran persegi yang kamu buat, akan semakin besar pula ukuran bunganya. Begitu juga sebaliknya. Buatlah beberapa ukuran yang berbeda agar ukuran bunga lebih bervariasi.

Kedua

cara membuat bunga dari kertas

Nah, setelah membuat beberapa buah kertas persegi, saatnya kita berlanjut ke langkah kedua, yaitu membuat pola.

Pola yang akan kita buat adalah pola spiral. Buat pola spiral menggunakan pensil dimulai dari tengah sampai ke pinggir, atau bisa juga dari pinggir ke tengah, bebas, yang penting pola spiral hehehe.

Ketiga

Setelah menggambar pola spiral di setiap kertas, kini saatnya kita menggunting kertas-kertas persegi tersebut sesuai dengan garis pola spiral yang telah kita buat. Gunting dari pinggir ke tengah. (karena kamu nggak bisa memulai menggunting dari tengah)

Keempat

Dengan bantuan pensil, gulung kertas yang sudah digunting dimulai dari ujung bagian luar sampai ujung bagian satunya (bagian dalam spiral).

Pastikan gulungan kertas yang kamu buat tergulung dengan rapat, jangan longgar.

Kelima

cara membuat bunga dari kertas

Sampai di sini, sudah terlihat bentuk bunga yang cantik. Nah, setelah tergulung dengan sempurna, secara perlahan-lahan cabut pensil dari gulungan kertas. Secara perlahan-lahan, ya. Jangan sampai membuat ‘bunga’ mu terlepas.

Keenam

cara membuat bunga dari kertas

Ulangi semua langkah di atas, namun kali ini dengan menggunakan cotton bud, untuk ukuran bunga yang lebih kecil.

Bunga-bunga tersebut akan terlihat sangat cantik apabila kamu tempelkan pada ranting dan ditaruh di dalam vas.

Hasil akhir

cara membuat bunga dari kertas

Tadaaa! Sekarang kamu sudah mempunyai satu vas bunga cantik. Meski hanya beberapa buah bunga kertas, bunga sintetismu ini tak kalah cantiknya dengan bunga aslinya, kan?

Baca juga nih: Cara Membuat Berbagai Macam Jenis Bunga Hanya dari Sedotan!

2. Cara membuat bunga dahlia dari kertas

Setelah mencoba-coba dan menimbang jenis bunga apa lagi yang mudah dibuat dengan bahan kertas, akhirnya saya menemukan cara membuat bunga dari kertas yang satu ini: Membuat bunga dahlia.

Semua sudah tahu akan kemolekan bunga berbentuk lingkaran ini, bukan? Kali ini, kita akan mencoba membuat bunga dahlia dari kertas bekas. Cara ini terbilang mudah untuk dilakukan. Penasaran? Oke, langsung saja kita mulai tutorialnya!

Bahan yang akan kamu butuhkan

  • Kertas berwarna, bergambar, atau yang memiliki pattern seperti kertas kado, dsb. Diusahakan yang berwarna pada kedua sisinya (bolak-balik), tapi kalau tidak ada, kamu akan butuh dua buah kertas dengan warna/pola yang berbeda. (kemudian saling ditempelkan supaya berwarna bolak-balik)
  • Pelubang kertas ukuran besar, atau kalau tidak ada, gunting pun bisa.
  • Lem (bisa lem stik, atau cair, yang penting lem kertas), bisa juga menggunakan double-tape.
  • Kancing baju, manik-manik, atau apa saja yang bisa kamu gunakan sebagai bagian tengah bunga.

Langkah-langkah

Pertama

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Buatlah delapan buah pola lingkaran dari kertas berwarna. Ingat, untuk menghasilkan pattern yang baik, gunakan kertas yang memiliki warna/pola pada kedua sisinya. Kalau tidak ada (seperti kertas kado, kan biasanya di baliknya hanya putih), gunakan dua buah kertas dan tempel kedua kertas dengan saling membelakangi.

Kedua

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Setelah itu, lipat setiap lingkaran menjadi empat bagian. Dari lingkaran, dilipat menjadi setengah lingkaran, kemudian dilipat lagi menjadi seperempat lingkaran, lalu buka semua lipatan. Kita akan memiliki garis bantu untuk proses selanjutnya.

Ketiga

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Kemudian dengan bantuan garis lipatan yang sudah kita buat, lipat kembali kedua bagian atas lingkaran. (seperti pada gambar)

Keempat

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Setelah itu, balik lingkaran dan lipat lagi bagian kanan dan kirinya ke arah tengah (patokannya garis), sehingga kedua lipatan yang pertama tadi kita buat bertemu di bagian tengah. (lihat gambar kelima)

Kelima

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Sepeti inilah hasil dari langkah keempat. Bagian ini akan digunakan sebagai mahkota bunganya.

Keenam

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Lakukan hal yang sama ke semua pola lingkaran, sehingga akan membentuk sepeti ini. Sudah tampak sepeti bunga? 😀

Ketujuh

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Siapkan sebuah lingkaran besar yang berdiameter lebih besar dari kedelapan lingkaran kecil tadi. Lingkaran besar ini akan digunakan sebagai alas untuk menyatukan semua mahkota bunga.

Kedelapan

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Beri lem pada permukaan lingkaran besar, lalu tempelkan tiap mahkota bunga dengan cara menyilang (supaya simetris). Ada baiknya, kamu juga membuat garis bantu pada lingkaran besar sebagaimana cara kedua tadi. Kamu juga bisa menggunakan double-tape.

Kesembilan

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Setelah keempat mahkota bunga tertempel dengan sempurna, tempelkan lagi keempat sisanya pada bagian yang kosong. Pastikan semua mahkota menempel dengan rapat, agar tidak ada celah antara mahkota bunga yang satu dan yang lainnya.

Kesepuluh

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Sebagai sentuhan akhir, kamu bisa menggunakan kancing baju di bagian tengah bunga untuk mempermanis (dilem, agar tidak copot). Kamu juga bisa menggunakan aksesoris lain seperti contoh di bawah ini:

Cara membuat bunga dari kertas bekas

Menurut pendapatmu, bagaimana hasil akhir dari cara membuat bunga dahlia dari kertas bekas ini? Cantik bukan? Wah, pasti jadi nggak sabar pengin buat juga ya. Buatlah sekreatif mungkin, jangan terlalu terpaku dengan tutorial ini, kamu bisa menambahkan elemen-elemen lain sesuai dengan kreatifitasmu. Selamat mencoba! 😀

3. Cara membuat bunga opium dari kertas (ukuran jumbo)

Sekarang, kita naik ke level yang lebih tinggi, yaitu membuat bunga opium dari kertas berukuran besar. Baiklah, langsung saja yuk!

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat bunga dari kertas dengan ukuran besar, kita akan membutuhkan:

  • 7 lembar art paper berwarna pink untuk membuat mahkota bunga. Kita akan menggunakan satu lembar kertas art paper untuk satu lembar mahkota bunga. Bisa dibeli di toko fotokopi atau di stationery terdekat.
  • 1 lembar kertas art paper berwarna kuning untuk bagian tengah bunga.
  • 1 lembar kertas art paper berwarna hitam untuk bagian tengah.
  • 3 lembar kertas art paper berwarna hijau untuk membuat daun. (kalau bisa, warna hijaunya yang berbeda antara satu dengan yang lainnya)
  • Lem tembak
  • 1 buah pensil
  • Gunting
  • Penggaris panjang (paling tidak 50 cm) untuk membuat tekstur pada mahkota bunga

Langkah pembuatan

cara membuat bunga dari kertas
(via 100layercake.com)

1. Kita akan mulai tutorial sederhana ini dengan menggambar pangkal mahkota bunga pada art paper yang berwarna pink terlebih dahulu. Caranya, gunakan penggaris untuk menandai 23 cm pada bagian bawah kertas, kemudian tandai bagian tersebut dengan memberi garis di atas angka 0 dan di atas angka 23 pada penggaris. Ini akan menjadi pangkal mahkota.

Setelah itu, buat garis vertikal setinggi 12 cm di tengah-tengah pangkal mahkota bunga tersebut (berarti 11,5 cm dari batas garis yang 23 cm tadi).

2. Gambar pola outline mahkota bunga. Setelah membuat bagian bawahnya (pangkal mahkota), kini saatnya menggambar pola mahkota bunga dimulai dari ujung garis yang 23 cm tadi, dan berakhir di bagian ujung yang lain. Buat pola jangan terlalu halus, buatlah agak bergelombang supaya lebih terlihat natural. (lihat gambar)

3. Gunting garis pola yang telah dibuat. Setelah pola mahkota bunga terbuat, gunting mahkota bunga mengikuti garis dari pola hingga membentuk satu lembar mahkota bunga besar. Jangan lupa pula untuk menggunting garis vertikalnya.

4. Beri tekstur pada mahkota bunga. Agar lebih menyerupai bentuk mahkota bunga sungguhan, kita juga akan membuat mahkota bunga ini memiliki tekstur sebagaimana mahkota bunga asli. Caranya, dengan melipat pola mahkota bunga menggunakan penggaris.

Beri jarak antar-lipatan 2-3 cm. Ingat, jangan terlalu rapih. Natural saja. Lipatan ini dibuat zig-zag, seperti cangkang kerang gitu lah..

membuat bunga dari kertas krep
(via 100layercake.com)

5. Gabungkan kedua sisi mahkota bunga. Gabungkan dua sisi mahkota bunga yang terpisah oleh garis vertikal 12 cm tadi dengan cara menarik ujung satunya sehingga menimpa sisi yang lain, lalu beri lem. Biarkan kering terlebih dahulu.

6. Ulangi setiap proses di atas kepada enam lembar art paper yang lainnya juga.

7. Susun bunganya. Ambil tiga lembar mahkota bunga, kemudian beri lem pada pangkalnya, dan susun melingkar sehingga membentuk cekungan di bagian tengahnya, kemudian susulkan juga lembaran mahkota bunga yang tersisa.

membuat bunga dari kertas krep
(via 100layercake.com)

8. Buat lingkaran dengan diameter 40 cm dari art paper berwarna kuning, lalu gunting lingkaran tersebut. Lingkaran ini nantinya akan kita buat menjadi benang sari dari si bunga ini.

9. Buat bagian tengah bunga. Caranya, gambar sebuah lingkaran berdiameter 25 cm dengan kertas art paper yang berwarna hitam, kemudian gunting.

cara membuat bunga
(via 100layercake.com)

10. Buatlah rumbai-rumbai dengan menggunting mengelilingi masing-masing lingkaran kuning dan hitam. Untuk lingkaran kuning, buat rumbai dengan panjang 12 cm dengan jarak 1 cm.

Untuk lingkaran hitam, buat rumbai dengan panjang 7 cm dengan jarak antar potongan kurang-lebih 1 cm juga.

kerajinan tangan dari kertas
(via 100layercake.com)

11. Gunakan pensil atau gunting untuk membuat rumbai-rumbai pada lingkaran kuning dan lingkaran hitam menjadi melengkung. Caranya, ambil satu helai rumbai, gosok-gosokkan secara perlahan dengan menggunakan pensil sambil agak setengah digulung.

Lakukan tahap ini untuk semua helai rumbai dan juga rumbai-rumbai pada lingkaran hitam.

origami bunga
(via 100layercake.com)

12. Lem kedua lingkaran di tengah mahkota bunga. Tempatkan lingkaran kuning di tengah-tengah susunan mahkota bunga yang telah kita buat di awal tadi dan beri lem. Kemudian letakkan lingkaran hitam di tengah lingkaran putih dan beri lem.

Kini, kita telah selesai membuat bagian bunganya. Selanjutnya adalah, membuat bagian daunnya.

membuat bunga dari kertas
(via 100layercake.com)

 

13. Buat daunnya. Dengan menggunakan art paper berwarna hijau, tekuk kedua sisi kanan dan kiri dari art paper ke arah tengah, kemudian gambar pola berbentuk setengah daun pada kedua sisinya.

Tinggi dan lebar daun kira-kira sedikit lebih besar dari mahkota bunga atau seukuran. Kemudian gunting pola tersebut, dan tempelkan antara dua lembar daun menjadi satu. Pada tahap ini, kamu bisa membuat beberapa lembar daun, terserah yang kamu suka.

bunga kertas
(via 100layercake.com)

14. Satukan daun dan bunga. Setelah membuat dua atau beberapa lembar daun, kini saatnya menggabungkan dua elemen ini menjadi satu. Voila! Bunga opium raksasa! 😉

kerajinan tangan dari barang bekas
(via 100layercake.com)

Bagaimana, tidak sulit, bukan?

Itulah beberapa cara membuat bunga dari kertas yang paling sederhana. Mudah-mudahan langkah-langkah di atas dapat dimengerti dan diikuti dengan baik. Sekarang silakan coba bikin bunga kertas buatanmu sendiri, bagaimanakah hasilnya?

Kalau ada yang kesulitan, silakan sampaikan pertanyaanmu lewat komentar.

Selamat berkreasi! 😉

 

4 Replies to “Cara Membuat Berbagai Macam Bunga dari Kertas”

Leave a Reply