Cara Membuat Bunga dari Origami

Setelah pada tutorial sebelumnya kita membahas mengenai cara membuat bunga dari kertas secara general, pada tutorial kali ini kita akan membahas tuntas beragam cara membuat bunga dari kertas origami yang lebih simpel dan bervariasi.

Baiklah, just in case ada di antara kamu yang belum tahu, origami itu adalah seni melipat kertas yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Kertas-kertas yang tadinya hanya berupa lembaran-lembaran saja, dilipat dengan teknik yang sedemikian rupa sehingga membentuk rupa dari benda tertentu.

Sudah kebayang kan?

Di Indonesia sendiri, origami biasanya diperkenalkan kepada anak-anak sebagai salah satu material untuk kerajinan tangan dan melatih kreatifitas. Namun sebenarnya tidak terbatas pada anak-anak saja, lho. Orang dewasa juga banyak yang menekuni seni origami.

Seni melipat kertas itu ada tingkatan-tingkatannya, mulai dari yang mudah sampai yang level sulit. Bahkan terkadang, orang dewasa pun masih kesulitan mengerjakan origami dengan level mudah sekalipun. Hahaha. (hayo ngaku)

Langsung saja, ya. Mari kita mulai tutorial membuat bunga dari kertas origami ini dengan level yang paling mudah terlebih dahulu. XD

1 – Cara Membuat Bunga Tulip dengan Origami

Oiya, untuk membuat bunga tulip dengan origami kita akan membutuhkan setidaknya tiga lembar kertas origami. Satu lembar untuk membuat bunga, dan dua lembar untuk membuat stem-nya. (tangkai dan daun)

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 1 lembar kertas origami berwarna cerah (merah, kuning, biru, asalkan jangan hijau karena ini untuk bunga :D)
  • 2 lembar kertas origami berwarna hijau (kalau ada hijau tua dan hijau muda, kalau tidak ada yang penting hijau)
  • Kertas origami yang digunakan dalam tutorial ini berukuran 15×15 cm ya. Kamu bisa menyesuaikan.

Langkah-langkah

cara membuat bunga dari kertas origami1. Ambil dan letakkan satu lembar kertas origami dengan bagian berwarna menghadap ke bawah.

2. Lipat kertas origami membentuk segitiga (siku-siku) dengan melipat secara diagonal, pertemukan ujung kertas dengan ujung kertas.

3. Setelah membentuk segitiga siku-siku, lipat kembali secara simetris (ingat, harus simetris, ya), dan kemudian buka lipatan yang barusan kamu buat.

cara membuat bunga dari kertas origami

4. Pada langkah sebelumnya, kamu baru saja membuat garis bantu pada tengah-tengah kertas. Selanjutnya, lipat bagian kanan dan kiri ke arah luar mengikuti garis berwarna ungu. (bukan yang hitam ya, itu sebagai garis bantu saja)

5. Lipat lagi bagian ujung kanan dan kiri lipatan ke arah dalam. (lihat gambar untuk lebih jelasnya)

6. Sampai tahap ini, kamu sudah membuat satu buah bunga tulip dari kertas origami (hore!).

Nah, sekarang, kita lanjut untuk membuat tangkai dan daunnya

cara membuat bunga dari kertas origami

1. Pertama kita akan membuat bagian daunnya terlebih dahulu. Ambil selembar kertas origami berwarna hijau, lalu lipat seperti yang ada di gambar.

2. Putar segitiga tersebut 45° sehingga yang bagian lancip (sudut) menghadap ke bawah.

3. Setelah itu, lipat segitiga secara simetris ke arah kiri (atau kanan). Kemudian buka lipatannya.

cara membuat bunga dari kertas origami

4. Setelah lipatan terbuka, kemudian lipat bagian bawah segitiga ke atas, seperti pada gambar. (supaya lebih mudah, ujung sudut segitiga sejajar dengan tepi bagian atas.

5. Kemudian, dengan bantuan garis lipatan yang berada di tengah, lipat kedua sisi ke arah atas.

6. Jadilah dua lembar daun bunga tulip!

cara membuat bunga dari kertas origami

7. Untuk membuat tangkai, ini sangat mudah sekali. Ambil selembar kertas origami, lalu lipat seperti pada gambar. Ujung sisi kiri disejajarkan dengan ujung sisi kanan.

8. Lipat lagi, seperti cara nomor 7. Lakukan sampai dengan empat lipatan.

9. Jadilah sebuah tangkai bunga yang sangat sederhana. XD

cara membuat bunga dari kertas origami

10. Lubangi bunga tulip yang telah kamu buat dengan menggunakan benda tajam, tapi jangan terlalu besar. Cukup buat lubang seukuran tangkai saja.

11. Masukkan tangkai bunga tulip ke dalam bunga lewat dalam. Ingat, masukkan dengan pelan-pelan dan hati-hati.

12. Voila! Kini bunga tulip origami-mu siap diberi daun.

cara membuat bunga dari kertas origami

Nah, itu dia cara membuat bunga tulip dari kertas origami. Sangat mudah, bukan?

2 – Cara Membuat Bunga Lily dengan Origami

Setelah kita membahas mengenai cara membuat bunga dari origami edisi bunga tulip, mari kita berlanjut ke tingkat berikutnya, yaitu membuat bunga lily. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat bunga lily dari kertas origami, kamu akan membutuhkan satu lembar kertas origami untuk satu tangkai bunga. Semakin banyak lembar kertas origamimu, semakin banyak pula bunga yang akan kamu hasilkan. Baiklah, langsung saja kita mulai langkah-langkahnya.

Langkah-langkah

1. Pertama, siapkan satu lembar kertas origami warna apa saja.

2. Kemudian lipat kertas menjadi dua bagian secara diagonal.

3. Setelah mendapatkan bentuk segitiga, lipat kembali kertas secara simetris.

4. Kemudian buka salah satu dari lipatan tersebut seperti pada gambar.

5. Lanjutan dari langkah nomor 4, buka lipatan lebih lebar.

6. Tempelkan ujung kertas dengan ujungnya yang lain, lalu pipihkan dengan membuat lipatan pada sisi-sisinya. (Lihat gambar)

7-8. Kemudian, balik kertas dan angkat bagian kertas yang menjorok ke kiri (kalau dilihat dari atas seperti pada gambar)

9-10. Selanjutnya, bagian kertas yang diangkat tadi dilipat ke arah dalam, seperti yang kita lakukan pada langkah ke-5 dan 6.

11-12. Setelah terlipat dengan sempurna, angkat salah satu lipatan (kanan atau kiri) kemudian lipat dengan cara menekannya ke bawah (gambar 12).

13. Lanjutan dari langkah ke-12, tekan dan rapihkan lipatan sehingga menjadi seperti pada gambar.

14. Lakukan langkah yang sama kepada ketiga sisi yang lainnya, sehingga hasil akhirnya adalah seperti yang terlihat pada gambar 14.

15-16. Sampai sini, sudah benar langkah-langkahnya? Kalau sudah, putar kertas origamimu dan lipat bagian bawah ke atas secara simetris. Patokannya, sudut bawah bertemu dengan sudut atas, lalu buat garis lipatan di bagian tengahnya.

17. Lanjutan dari langkah ke-16, buka lipatanmu dan kamu akan melihat garis lipatan di sana. Gunakan garis bantu tersebut untuk melakukan langkah ke-18.

18-19. Dengan menggunakan garis lipatan yang telah kamu buat, lipat kedua sisi atas kanan dan kiri (seperti melipat membuat pesawat) dan tekan-tekan untuk membuat garis lipatan lagi, setelah garis lipatan terbuat, buka lipatan.

20. Pada tahap ini, karena sudah ada garis lipatan, kita akan lebih mudah melipat dengan mengikuti garis. Buka lipatan bagian dalam ke arah luar dengan mengikuti garis, selanjutnya ikuti seperti gambar 21-22.

21-22. Setelah lipatan bagian dalam terbuka ke arah luar, lipat dan tekan-tekan lipatan tersebut sehingga menjadi seperti gambar 22.

23. Setelah terlipat dengan sempurna sebagaimana gambar 22, lipat segitiga kecil yang terdapat di bagian bawah ke arah atas.

24. Lakukan langkah yang sama kepada ketiga sisi yang lainnya. Ingat, sisi yang dilipat HANYA sisi yang segitiga bagian atasnya terpisah (seperti contoh gambar 15 dan 17).

25-26. Setelah sampai pada tahap 24, sekarang masih ada 4 sisi yang tidak memiliki lipatan di bagian atasnya, polos seperti pada gambar 25. Nah, keempat sisi ini, lipat kedua sisi bagian bawahnya ke arah tengah (lihat gambar 26).

27. Lakukan hal yang sama untuk keempat sisi dan hasilnya adalah seperti pada gambar 27.

28. Posisikan sisi yang bagian atasnya menyatu (tidak terpisah) menghadap depan, kemudian mulailah ‘mengupas’ lapisan bagian atas seperti mengupas kulit pisang. Lakukan pada ketiga sisi yang lain dengan cara dilingkarkan ke jari atau pulpen, agar menciptakan efek melengkung.

Hasilnya, sekarang kamu sudah membuat satu buah bunga lily yang cantik! Yeay!

Masih ada yang kurang..

Mari kita buat tangkainya!

Bunga saja tidaklah cukup, kita juga harus membuat tangkai bunganya. Untuk tangkainya, kamu bisa menggunakan seperti cara membuat bunga dari origami yang pertama, yaitu bunga tulip, atau ikuti cara di bawah:

1-4. Siapkan satu lembar kertas origami berwarna hijau. Usahakan warna hijau agar terlihat lebih natural. Lalu buat garis diagonal dan lipat mengikuti garis bantu tersebut. Hasilnya akan terlihat seperti gambar nomor 4.

5-6. Lipat kedua sisi kanan dan kiri dari kertas origami kamu ke tengah, setelah itu, lipat lagi kedua sisi kanan dan kirinya sehingga menjadi dua lapis lipatan, lihat gambar nomor 6.

7-8. Balik kertas, kemudian lipat bagian bawah ke atas, tempelkan ujung bawah ke ujung atas dan tekan bagian tengahnya.

9. Setelah kamu selesai melakukan langkah nomor 8, sekarang lipat kertasmu ke arah tengah (lihat gambar).

10. Kalau sudah, saatnya buka sisi kertas yang besar sebagai daun dan sisi kertas yang lebih kecil sebagai batang. Sampai sini, kamu sudah berhasil membuat batang dari bunga lily-mu.

Saatnya meletakkan bunga ke atas tangkainya. Jangan lupa untuk melubangi sedikit bagian bawah bunga agar dapat tertancap.

Taraaaa! This is it!

cara membuat bunga dari origami

Cantik, bukan?

Selain menggunakan kertas origami, kamu juga bisa membuat bunga dari sedotan, lho. Caranya juga nggak kalah gampang kok dengan membuat bunga dari kertas origami, hehe.

Untuk versi video-nya, kamu bisa lihat di sini:

Cara membuat bunga dari kertas origami ini sangat cocok untuk diajarkan kepada anak-anak, karena tingkat kesulitannya sangat rendah. Untuk lebih variatif, buat beberapa tangkai bunga dengan warna yang berbeda. Selamat mencoba!

4 thoughts on “Cara Membuat Bunga dari Origami

Leave a Reply