Kreatif! Beginilah Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel

2 min read

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel – Bagi sebagian orang, bunga mawar memiliki banyak arti. Ada yang mengartikan bunga mawar sebagai simbol cinta, ada yang mengartikan bunga mawar sebagai simbol semangat, ada yang mengartikan bunga mawar sebagai simbol kesucian, dan sebagainya.

Bunga mawar adalah salah satu bunga paling populer di dunia, karena hampir semua orang menyukai bunga dengan tangkai berduri ini. Baik itu karena warnanya yang indah dan beragam, wanginya yang harum, ataupun maknanya yang luas.

Namun sayangnya, bunga mawar tidak memiliki umur yang lama untuk dapat mekar memperlihatkan keindahannya. Terlebih lagi untuk bunga-bunga yang telah dipisahkan dari tanaman induknya. Hal ini menjadikan kita harus membeli bunga secara terus-menerus.

Solusinya, kita bisa membuat bunga mawar yang tak bisa layu, lho. Wah! Gimana tuh? Simak tahap-tahap cara membuat bunga dari kain flanel di bawah ini!

Cara membuat bunga mawar dari kain flanel

Pada tutorial kali ini, kita akan memanfaatkan kain flanel untuk membuat bunga mawar. Bunga mawar dari kain flanel ini nantinya bisa dikembangkan lagi menjadi benda lain, seperti jepit rambut, bros, dan lain-lain, tergantung kreativitasmu. Penasaran dengan hasilnya? Ya sudah, langsung saja kita mulaiiii.

Kamu akan membutuhkan

Untuk dapat membuat bunga mawar dari kain flanel, kita akan membutuhkan setidaknya tiga lembar kain flanel dengan warna yang berbeda masing-masingnya. Sementara itu, untuk membuat bagian daunnya, kita harus menggunakan kain flanel yang berwarna hijau. Jadi, pastikan kamu memiliki kain flanel yang berwarna hijau, ya.

Bahan lainnya:

  • Satu buah gunting
  • Lem tembak
  • Penjepit rambut (opsional)
  • Langkah pembuatan

Setelah semua alat dan bahan siap, saatnya kini kita mengeksekusi kain flanel menjadi sebuah bunga mawar yang cantik.

Adapun langkah-langkahnya adalah

Pertama

cara membuat bunga dari kain flanel

Siapkan guntingmu dan beberapa lembar kain flanel yang ingin dibuat bunga, kemudian potong kain flanel yang telah kamu sediakan secara memutar (spiral) dengan pola pinggiran seperti huruf B. Buat juga bagian kain flanel (ujung spiral) sebagai alas gulungan kelopak bunga mawar dan daun bunga mawar.

Kedua

cara membuat bunga dari kain flanel

Setelah terpotong menjadi spiral, gulung kain flanel secara memutar dan rapat untuk membentuk kelopak bunga mawar.

cara membuat bunga dari kain flanel

Kemudian, pada bagian ujungnya, kita rekatkan kembali menggunakan lem tembak. Lakukan hal yang sama untuk membuat bunga mawar-bunga mawar yang selanjutnya.

cara membuat bunga dari kain flanel

Sebagai variasi, kamu bisa membuat tiga atau lima tangkai buah bunga mawar dengan warna yang berbeda-beda, sesuai dengan warna asli bunga mawar, seperti putih, kuning, pink, biru, hitam..

cara membuat bunga dari kain flanel

Ketiga

(Opsional) Memasang daun dan menambahkan aksesoris

Selanjutnya, setelah bunga mawar terbentuk dengan sempurna, rekatkan beberapa bunga mawar yang telah kamu buat beserta daunnya pada sepotong kain flanel. Yang terakhir, kamu bisa menambahkan jepitan rambut di belakangnya, atau juga peniti.

cara membuat bunga dari kain flanel

Cara ketiga ini adalah opsional saja, kamu tidak perlu berpatok pada cara ini. Intinya adalah bagaimana kamu berkreasi menciptakan perpaduan yang pas untuk bunga mawar ini. Selain untuk penjepit rambut, kamu juga bisa membuat gantungan kunci, hiasan bandana, ah, banyak deh.

cara membuat bunga dari flanel

Yeaaay! Sekarang hiasan bunga mawar dari kain flanel ini sudah selesai.

Bagaimana? Cantik kan? Oh iya, sekadar tambahan, karena ini adalah kain, kamu juga merekatkan bunga-bunga ini menggunakan benang. Ya, dijahit. Dijamin akan menjadi lebih kuat lagi.

Itulah tadi cara membuat bunga dari kain flanel, dalam episode bunga mawar. Nanti akan kita lanjutkan dengan jenis-jenis bunga yang lain. Masih banyaaak. Jadi, stay tuned! (halah)

Sebagai referensi tambahan, kamu bisa membaca cara lain untuk membuat bunga, yaitu cara membuat bunga dari kertas, baik menggunakan kertas biasa ataupun kertas origami.

Terima kasih telah berkunjung. Kalau kamu punya tips, trik, tutorial, atau semacamnya mengenai cara membuat bunga dari kain flanel, silakan sampaikan melalui komentar di bawah ya. :3

Semoga bermanfaat!

One Reply to “Kreatif! Beginilah Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel”

Leave a Reply