Cara Membuat Anyaman Kertas

Hai! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat anyaman keranjang kertas multifungsi yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Intinya, ini adalah kreatifitas seni menganyam, namun bahan utamanya adalah kertas.

Sebagian dari kamu mungkin sudah pernah membuatnya di sekolah.. Masih ingat caranya? Hehehe. Sebetulnya cara membuat anyaman keranjang kertas sangat mudah, kamu pasti bisa mengikuti panduan di bawah ini. Langsung saja yuk kita mulai!

Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat anyaman keranjang kertas ini, kamu membutuhkan beberapa bahan dan peralatan. Tapi nggak banyak, kok.

  • Pertama, kamu butuh penggaris dan gunting.
  • Kedua, siapkan 3 lembar kertas karton tebal. (kalau bisa warnanya berbeda)
  • Ketiga, siapkan juga lem kertas. (kalau ada lem tembak lebih baik)

Udah, cuma itu aja kok. Nggak banyak kan?

Cara Membuat Anyaman Keranjang Kertas

Kalau peralatan dan bahan-bahan sudah siap, saatnya kita intip bagaimana cara membuat anyaman keranjang kertas ini. Siaaap?

#1 Gunting Kertas Menjadi Beberapa Strip

 

 

Pertama, kamu harus menggunting kertas karton menjadi beberapa stip dengan ukuran lebar 2,5 cm. Caranya, dengan menggunakan pensil, buat garis-garis terlebih dahulu di atas kertas dengan jarak dari antar-garis 2,5 cm.

Di contoh ini, kami menggunakan kertas karton dengan warna pink, putih, dan biru. Buat garis yang sama di ketiga kertas karton yang telah kamu siapkan. Setelah itu, gunting masing-masing kertas menjadi 4 buah strip panjang.

Untuk kertas warna pink dan warna biru, potong menjadi 4 strip dengan panjang 35 cm. Sementara untuk kertas warna putih, gunting menjadi 4 strip juga, tapi buat sedikit lebih panjang, misal 45 cm.

Buat juga satu strip kertas yang agak lebih panjang, ini nantinya akan digunakan sebagai pegangannya. Tapi ini opsional.

Kalau kertas karton yang kamu gunakan kurang panjang, kamu bisa menggunting dua lembar kertas dan mengelemnya menjadi satu.

#2 Susun Potongan Kertas

Susun 4 strip kertas, 2 strip kertas warna biru dan 2 strip kertas warna putih dengan susunan selang-seling. Biar apa? Biar bagus, hehe.

#3 Buat Anyaman

Masih ada sisa 4 lembar potongan kertas yang lain, kan? Gunakan kertas tersebut untuk membuat anyaman secara horizontal (seperti pada gambar di atas).

Kemudian rapihkan anyaman yang sebelumnya telah dibuat. Pastikan ukuran panjang dan lebar anyaman paling tidak sekitar 10 cm. Baik itu kotak yang berada di dalam, maupun sisanya yang berada di luar.

Pastikan bagian kertas yang ter-anyam berada tepat di tengah-tengah ya.

#4 Beri Lem Pada Setiap Pinggirannya

Ambil lem, dan beri lem pada bagian bawah di setiap pojok anyaman. (Di antara 2 kertas)

#5 Lipat Ke Arah Tengah

Setelah memberi lem pada setiap pojokannya, lipat setiap sisa-sisa anyaman ke arah tengah. Kalau bingung, ikuti saja seperti yang ada pada gambar.

#6 Buat Potongan Kertas 45 cm Menjadi Kotak

Dengan menggunakan potongan kertas yang belum terpakai (yang panjangnya 45 cm tadi), buat 4 buah kotak dengan ukuran yang sama.

Caranya, beri garis atau tanda apapun di tiap-tiap potongan kertas tadi dengan jarak 10 cm dan lipat pada tanda tersebut, sehingga menjadi bentuk persegi. Masih ada sisa 5 cm, beri lem dan tempelkan pada ujung satunya.

#7 Buat Anyaman Menggunakan Keempat Kotak Ini

 

Pada langkah #5, kita sudah melipat anyaman dasar ke arah tengah sehingga alas keranjangnya sudah terbentuk. Sekarang, kita akan membuat sisi-sisi keranjangnya, yaitu dengan cara menganyam ke atas.

Masukkan satu-persatu kotak dan anyam setiap kertas secara selang-seling. Rapatkan bagian bawahnya. Setiap selesai satu kotak kertas, rapatkan bagian bawahnya, lalu masukkan kotak kertas yang lain, begitu terus sampai kotak kertas ke-4.

Sampai sini, bagian atas keranjang kalau masih ada sisa, bisa ditekuk ke dalam. Kalau tidak ada sisa, kamu bisa meratakannya dengan gunting lalu beri lem pada setiap ujungnya.

#8 Beri Lem Untuk Pegangannya

Pada tahap ini, kamu sudah membuat sebuah anyaman keranjang kertas berbentuk persegi. Gimana hasilnya? Bagus kan? Kalau kamu mau, kamu boleh menambahkan pegangan pada kedua sisi keranjang.

Sebagai tambahan, kamu bisa memberi hiasan lain pada bagian atasnya, seperti ornamen bunga, renda-renda, atau semacamnya untuk mempercantik tampilan anyaman keranjang kertasmu.

Baca juga: Cara Membuat Bunga dari Kertas

Anyaman keranjang kertas ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan pernak-pernik, bunga, tempat pensil, atau sebagai tempat hadiah untuk orang tercinta. Dijamin deh, pasti mereka akan suka. 🙂

Good luck!

Leave a Reply