Belajar Efektif

Salah satu kunci sukses bagi pelajar adalah dengan belajar yang efektif. Meski terdengar mudah, ternyata untuk belajar tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada tips belajar yang efektif yang harus Anda ketahui agar supaya hasilnya bisa sesuai dengan yang Anda harapkan. Banyak pelajar yang gagal dalam study hanya karena keliru memilih cara belajar yang tepat dan efektif.

Berikut Ini Beberapa Tips Belajar Yang Efektif Yang Perlu Anda Ketahui

Seiring dengan berjalannya waktu semakin banyak kecanggihan teknologi yang bisa dipakai untuk mendukung sarana pembelajaran yang baik. Ada sarana pembelajaran yang bisa Anda akses secara mudah dan gratis, namun ada juga yang membutuhkan biaya serta data internet untuk menggunakannya. Anda tinggal memilih salah satu di antaranya.

Adapun bagi seorang pelajar tentunya mengetahui tips belajar yang efektif akan memberikan banyak manfaat. Di antaranya adalah bisa membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan, memberikan hasil yang memuaskan sekaligus bisa membuat waktu yang digunakan lebih efisien. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan untuk belajar yang efektif dan efisien.

1. Jangan fokus pada waktu

Agar supaya kegiatan belajar Anda lebih menyenangkan tentu Anda harus bisa memilih tempat dan suasana yang menyenangkan. Selain itu pastikan untuk tidak fokus pada waktu melainkan belajarlah dengan santai selama maksimal 25 hingga 30 menit lamanya setiap hari.

2. Rangkum materi

Metode belajar kedua yaitu merangkum materi pelajaran dengan metode tulis sendiri. Dengan menulis sendiri semua rangkuman materi pelajaran maka ingatan Anda pasti akan lebih melekat khususnya untuk mata pelajaran tertentu. Di antaranya mata pelajaran IPS, sejarah hingga PKN.

3. Belajar di pagi hari

tips belajar efektif di pagi hari
shutterstock.com

Jika Anda terbiasa bangun di pagi hari maka Anda bisa memilih waktu belajar di waktu pagi hari. Pagi hari sebelum waktu subuh menjadi salah satu waktu terbaik karena pada saat itu gelombang Alfa menjadi sangat aktif dan tinggi sehingga memudahkan proses  penyerapan ilmu pengetahuan.

4. Membuat peta konsep

tips belajar efektif dengan mind map
shutterstock.com

Saat ini banyak orang yang memanfaatkan peta materi atau peta konsep agar supaya proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Anda bisa membuat sendiri peta konsep dari materi yang harus Anda pelajari. Semakin sering berlatih membuat peta konsep maka Anda pun akan terbiasa untuk membuat peta konsep pada seluruh materi pelajaran yang ada.

5. Rajin berlatih soal

Khususnya untuk jenis mata pelajaran yang banyak membutuhkan penerapan rumus seperti matematika, fisika dan kimia tentu berlatih soal menjadi kunci penting belajar menjadi lebih efektif. Usahakan mengerjakan latihan soal dengan tingkat kesulitan yang semakin naik untuk mengasah kemampuan Anda.

6. Buat suasana belajar yang nyaman

tips belajar efektif dengan zona nyaman
shutterstock.com

Buatlah suasana belajar anda senyaman mungkin. Karena rasa nyaman ketika belajar akan memudahkan anda memahami ilmu yang sedang anda pelajari. Setiap orang punya zona nyaman yang berbeda-beda ketika belajar. Ada yang harus ditemani musik, ada juga yang membutuhkan suasana yang tenang agar lebih fokus.

7. Belajar dengan rutin dan konsisten (Istiqomah)

Mungkin ini sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Namun jika memiliki tekad yang kuat dalam belajar, hal ini cukup mudah untuk dilakukan. Buatlah komitmen yang kuat ketika menentukan waktu belajar. Usahakan jangan sampai tergoda dengan melakukan hal lain bila kewajiban belajar belum dituntaskan.

8. Pahamilah materi (Tidak harus dihafal)

Sebagian besar orang, menganggap belajar adalah menghafal suatu pelajaran. Sebenarnya ini tidak salah. Namun alangkah baiknya suatu ilmu tidak hanya untuk dihafal. Tetapi dipahami secara mendalam. Dengan adanya pemahaman terhadap suatu ilmu, maka anda bisa dengan mudah menerapkan ilmu yang dipelajari bahkan mengajarkannya.

Bila anda memiliki kendala dalam memahami berbagai materi pelajaran. Anda bisa kunjungi nilaimutlak.id.

Adakah Tips Untuk Belajar Efektif Yang Bisa Dilakukan Bersama?

Tentunya ada tips belajar yang efektif yang bisa dilakukan bersama-sama. Yaitu dengan belajar kelompok bersama teman. Anda bisa memanfaatkan fasilitas dari sekolah misalnya laboratorium atau perpustakaan untuk membuat aktivitas belajar kelompok Anda lebih menyenangkan dan memiliki sumber yang akurat.

Dalam belajar bersama juga akan ada banyak diskusi yang dilakukan antar anggota kelompok. Masing-masing anggota bisa bertukar pikiran mengenai pengetahuan dan pendapatnya sendiri tentang hal yang sedang dibahas dalam kerja kelompok.

Atau teman yang sudah menguasai satu materi bisa mengajarkan materi tersebut pada teman yang lainnya dengan penjelasan yang lebih mudah. Dan terutama untuk beberapa mata pelajaran, tentu belajar dengan praktik langsung akan dinilai lebih efektif ketimbang hanya mempelajari materinya saja. Itulah beberapa tips belajar yang efektif.

Demikianlah pembahasan mengenai 8 tips belajar efektif. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita generasi pembelajar yang lebih baik. Jangan lupa untuk share dengan teman-teman yang lain.

Leave a Reply