Aplikasi Kamera Laptop

Kamera pada laptop memang bukan menjadi komponen paling utama pada perangkat keras ini. Namun hampir setiap laptop sudah dilengkapi dengan kamera atau webcam yang mempunyai resolusi tertentu dengan fitur yang sangat beragam.

Sementara untuk aplikasi kamera laptop yang ada pun juga sangatlah beragam, baik itu untuk memfoto maupun untuk merekam video.

Aplikasi Kamera untuk Laptop

Supaya Anda bisa mengetahui aplikasi kamera yang ada pada laptop, maka beberapa aplikasi berikut ini bisa Anda ketahui, yaitu:

1. YouCam

Untuk Anda yang memiliki laptop maupun komputer dengan aplikasi kamera maka Anda tidak akan asing dengan aplikasi camera you cam.

Untuk aplikasi ini hanya dapat digunakan pada sistem operasi berupa windows saja dan sudah menggunakan 200 efek supaya dapat menghasilkan jepretan yang bagus dan unik.

Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan panorama dan hdr supaya kualitas gambar lebih bagus.

Dengan begitu maka Anda akan lebih leluasa dalam menciptakan gambar atau foto yang lebih menarik. Untuk bisa menikmati fitur yang ditawarkan, Anda bisa download aplikasi kamera laptop untuk windows 7.

2. Free Screencast

Aplikasi kamera di laptop ini bisa digunakan secara gratis dan bisa digunakan untuk melakukan perekaman video maupun audionya pada berbagai jenis format, misalnya seperti MPG, MP3, MP4, MKV, WMV, FLV dan AVI.

Aplikasi kamera ini juga bisa melakukan potret sambil merekam video. Untuk penyimpanannya bisa dilakukan dalam format BMP atau JPG.

3. ManyCam

Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan berbagai pilihan effect maupun stiker.

Hal menarik yang bisa didapatkan dari aplikasi ini yaitu berbagai pilihan tool dalam menyisipkan maupun melakukan pengeditan di berbagai foto Anda.

Untuk penggunaan perekaman video ini sangatlah bervariasi. Resolusinya yaitu 480p, 240p, full hd dan juga HD.

4. Free2X Webcam Recorder

Selain bisa digunakan untuk memotret foto seperti pada umumnya, ternyata aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam video pada format WMV dan AVI.

Hal menarik yang bisa didapatkan dari aplikasi kamera ini yaitu adanya fitur yang bisa menggantikan fungsi dari windows explorer pada saat Anda sedang menggunakannya.

5. Apowersoft Free Screen Recorder

Hasil dari foto maupun video yang direkam menggunakan aplikasi kamera laptop Acer ini memiliki format WMV. Para pengguna juga bisa melakukan pengaturan perihal resolusinya terlebih dahulu sebelum melakukan proses perekaman.

Format yang bisa mendukung gambar maupun foto yang menggunakan aplikasi ini, yaitu seperti BMP, JPG, PNG, GIF, dan TIFF.

Beberapa aplikasi kamera untuk laptop ini bersumber dari aksitekno.com sebagai blog yang mengupas tentang tips cara penggunaan dan perkembangan teknologi terkini di jaman era digital seperti sekarang ini.

Cara Mengaktifkan Kamera Pada Laptop

Untuk mengaktifkan kamera pada laptop ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu seperti berikut:

1. Melakukan update driver device manager

Untuk setiap hardware pasti akan ditemukan device manager pada komputer atau laptop. Apabila terdapat tanda seru yang berwarna kuning maka hal ini menandakan bahwa kamera laptop sedang mengalami kendala.

Untuk mengaktifkan kamera pada laptop yang sedang mengalami kendala maka bisa mengikuti langkah berikut:

  • Silahkan klik kanan pada device kamera yang ada di device manager.
  • Kemudian Anda dapat memilih update driver.
  • Apabila kamera tidak terdapat pada device manager maka Anda harus memastikan bahwa kamera pada laptop berada pada hardware tidak sedang rusak atau dicopot.

2. Buka software kamera

Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu dengan membuka software kamera maupun konfigurasi ulang. Langkah ini menjadi cara yang paling terbaik untuk bisa dilakukan.

Apabila Anda sudah melakukan konfigurasi sesuai petunjuk yang ada, maka Anda bisa menemukan kamera laptop kembali berjalan sehingga bisa digunakan seperti pada biasanya.

Cara Mudah Mengatasi Kamera Laptop yang Tidak Berfungsi

Meskipun sudah dilengkapi dengan fitur kamera, namun ternyata tidak semua pengguna laptop bisa menggunakan kamera tersebut karena kamera pada laptop tidak berfungsi dengan baik.

Jika hal ini terjadi maka ada beberapa masalah yang terjadi, misalnya seperti kamera laptop tidak dilengkapi dengan gambar, kamera, tidak dan yang lainnya.

Untuk mengatasi hal ini maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu seperti berikut:

1. Melakukan install ulang

Melakukan instal ulang dilakukan pada driver kamera. Kerusakan pada drivernya dapat terjadi akibat penginstalan yang salah atau windows yang dipakai tidak kompatibel.

Sebelum melakukan penginstalan ulang maka Anda harus memastikan bahwa tipe laptop yang digunakan sudah sesuai. Dengan melakukan instal ulang inilah maka kamera laptop bisa digunakan kembali.

2. Service Laptop

Jika penginstalan ulang belum juga berhasil maka yang bisa dilakukan yaitu dengan menyiapkan laptop yang Anda miliki.

Kamera laptop yang tidak bisa digunakan juga bisa dikarenakan adanya kerusakan pada komponen sehingga kerusakan tersebut tidak hanya pada bagian softwarenya saja. Salah satu solusi yang harus dilakukan yaitu dengan membawanya ke tempat service.

Berkat adanya aplikasi kamera laptop, maka membuat diri Anda merasa terbantu ketika ingin selfie karena tidak harus menggunakan smartphone.

Untuk setiap laptop tentu memiliki kualitas kamera yang tidak sama. Namun yang pasti aplikasi kamera memiliki peran yang sangat berguna.

Leave a Reply